Widget HTML Atas

Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru!

Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru!

Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru!
Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru! (Foto:BankSinarmas)

Halo sahabat pembaca mediabrita selamat datang! Pada postingan kali ini kami akan memberikan contoh Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru, yang bisa di download secara gampang.

Sebelum itu perlu diketahui bersama bahwa, BPJS Kesehatan atau Peserta Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) Jaminan Kesehatan ialah merupakan peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak atau kurang mampu yang iurannya pembayarannya dibayarkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. 

Adapaun untuk Syarat BJS Kesehatan PBI diantaranya ialah sebagai berikut Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Kepesertaan PBI JK berlaku terhitung sejak didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Penetapan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Sosial. 

Namun terkecuali untuk bayi yang dilahirkan dari ibu kandung dari keluarga yang terdaftar sebagai PBI JK otomatis menjadikan sebagai peserta, hal tersebut sebagaimana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Indonesia. 

Nah yang paling banyak ditemui kendala yaitu bagaimana ketika untuk kepesertaan BPJS Kesehatan (KIS PBI) sudah tidak aktif? Lalu Apa dapat diaktifkan kembali? 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial (PERMENSOS) nomor 21 Tahun 2019 pasal 8, BPJS Kesehatan (KIS PBI) Jaminan Kesehatan yang telah dihapuskan paling lama 6 bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan, nah untuk itu bisa dilakukan re-aktivasi atau pengaktifan kembali dengan syarat ditemukan layak membutuhkan layanan kesehatan.

Cara Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI)

Cara Re Aktivasi kembali KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dirangkumkan dari akun Instagram resmi BPJS Kesehatan, berikut cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan (KIS PBI) Jaminan Kesehatan: Peserta dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) atau juga datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengetahui status Kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dengan membuat surat permohonan Re aktivasi BPJS Kesehatan PBI.

Selain itu juga, peserta dapat melaporkan diri ke Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu JKN-KIS, Kartu Keluarga, dan KTP-Elektronik dan surat permohonan re aktivasi bpjs kesehatan KIS.

Berapa lamakah re aktivasi BPJS Kesehatan?

Peraturan No 4 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Peserta Perorangan menetapkan, kartu baru aktif setelah 7 hari pendaftaran. Jika kartu baru aktif pada hari kedelapan, biaya perawatan selama 7 hari sebelumnya ditanggung pribadi

Nah sesuia dengan dokumen kependudukan, Dinas Sosial kemudian ditindak lanjuti dengan menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan. 

Nah kemudian sesudah dilakukan re aktivasi Kartu BPJS Kesehatan PBI, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali. 

Nah pelu dicatat untuk peserta KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dinonaktifkan lebih dari 6 bulan lalu, silahkan membawa dokumen kependudukan dan mengajukan permohonan kepada Dinas Sosial setempat untuk diproses agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sesuai ketentuan PP Nomor 76/2015 dan Permensos Nomor 5 Tahun 2019 tentang Pengelolaan DTKS. 

Nah, demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara re aktivasi KIS PBI Jaminan Kesehatan, jika anda saat ini sedang membutuhkan Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru! Silhakn dapat diambil dibawah ini. Sekian semoga bermanfaat dan salam sehat bagi kita semua Amin.

Download Surat Permohonan Re Aktivasi BPJS Kesehatan (KIS PBI) Terbaru! DISINI

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.