Widget HTML Atas

Sejarah Jembatan Suramadu Terpanjang Di Indonesia, 20 Agustus 2003

Sejarah Jembatan Suramadu Terpanjang Di Indonesia, 20 Agustus 2003

Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu/Kompas

Halo sahabahat pembaca MEDIABRITA selamat datang, pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Sejarah Jembatan Suramadu Terpanjang Di Indonesia.

As we all know, Jembatan Suramadu ialah merupakan jembatan nasional terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Jika dilihat dari akronim atau susunaan katanya untuk menamai jembatan Suramadu didasarkan pada titik penghubungnya ialah dari Surabaya (Sura) dan Bangkalan yang ada di Pulau Madura (Madu).

Jembatan Suramadu Terpanjang Di Indonesia, 20 Agustus
Jembatan Suramadu/Indonesia


Sejarah Jembatan Suramadu

Jembatan suramadu dibangun pada 20 Agustus 20003 dan diresmikan pada 11 Juni 2009 oleh pemerintah Indonesia bertujuan sbg sarana dalam mempermudah akses pembangunan di Madura. Paaslnya, Madura termasuk wilayah yaang perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya masih sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan wilayah lain di Provinsi Jawa Timur.

Maka daridari itu, akses penyaluran logistik maasih susah dilaakukan karena terpisah oleh Selat Madura. Atak hanya itu juga, pembangunan jembatan ini juga bertujuan untuk menekaan angka urbanisasi masyaarakat di Surabaya yangg penduduknyaa semakin padat.

Perlu diketahui bersama, bahwa Jembaatan yaang melintasi Selat Madura ini memaanglah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Akan tetapi idea pembaangunan jembatan ini sudah dicetuskan sejak masa Presiden Soekarno tahun 1960-an. Kala itu idea dicetuskan oleh Prof. Dr. Sedyatmo, yaitu salah saatu tokoh insinyur sipil. Dan Beliau jugalah yang terciptanya konstruksi cakar ayam, Para Sahabat. Idea awal tsbt ialah pembangunan Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa.

Beliau Prof. Sedyatmo sebagai pencetus Idea tersebut seriusi dengan merancang desain uji cobanya. Belasan tahun kemudian idea tersebut kemudian disampaikan kepada Presiden Soeharto dan memperoleh persetujuan. Tak sebatas mengenai konsep pembangunan besar yaang digarap oleh Indonesia secara tunggal. Ada pula Badan Perencanaan Pembangunan Nasional yang lalu menggaet delegasi Jepang tuk melakuukan kerjasama pembangunan dan idea mengenai jembatan nasional tersebut disambut baik oleh delegasi dari Jepang.

Akan tetapi, sang pencetus idea pembangunan tersebut mangkat ketika dalam pembangunan belum terlaksana di tahun 1984. Selang dua tahun kemudian, Presiden Soeharto menunjuk BJ Habibie yaang kala itu menjabat sbg Menteri Riset dan Teknologi tuk meneruskan idea pembangunan jembatan tersebut. Riset dilaksanakan di berbagai aspek, mulai dari sisi ekonomi sampai dengan dampak langsungnya terhadap masyarakat.

Namun sayang, pembangunan tersebut tidak mulus terlaksana, dikarenakan krisis moneter tahun 1997-1998 sehingga membuat pembangunan tersendat padahal tim proyek pembangunan sedari awal sudah terbentuk. 

Kemudian, pada awal tahun 2000-an, pemerintah Provinsi Jawa Timur bersikeras agar pembangunan jembatan tersebut dapat berjalan kembali. Menyurati ke pemerintah pusat, sehingga pada akhirnya jembatan tersebur dibangun pada 20 Agustus 2003 terbit keputusan presiden yaang menyatakaan bahwa pembangunan jembatan daapat dilanjutkan kembali. Awal pembaangunan kembali jembatan Suramadu diresmikan oleh Presiden Megawati dalam acara Start Up Ceremony Main Span Project of Suramadu Bridge.

Jembatan Suramadu yaang membujur di sepanjang Selat Madura itu mempunyai panjang 5.348 meter atau sekitar 5,3 Km sehingga dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, tak hanya itu jembatan tersebut berhasil mencatat rekor di Museum Rekor Indonesia (MURI). Nah, tak hanya ukuran jembatannya yang panjang, akan tetapi sejarahnya juga sangaat panjang, Para Sahabat.

Arsitek Jembatan Suramadu

Arsitek jembatan Suramadu adalah Prof. Sedyatmo. Awal terpikirkan idea membaangun jembatan sepanjang itu memanglah bermaksud agar laju transportasi antarpulau menjadi lancar. Terbukti, sebelum adaanya Jembatan Suramadu, dalaam menyeberaangi Selat Madura haarus memaakai kapal Feri dan membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Akan tetapi, semenjak adanya Jembatan Suramadu, perjalaanan dari Surabaya ke Madura menjadikan lebih efektif pasalnya hanya dengan membutuhkan waktu sekitar selamat 10 menit dengan menggunakan transportasi darat.

Ternyata pembangunan Jembatan Suramadu ini memanglah sangat berguna sekali bagi masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di sekitara jembatan. Terlebih, sejarah pembangunan jembatan yaang cukup panjang sehingga design arsitek diranjang sebagus mungkin untuk kelancaran akses yang dapat berumur panjang. 

Diprediksikan konstruksi Jembatan Suramadu ini bakal bertahan hinggal 100 tahun lamanya. Hal itu dikaranakan memaang dirancang dengaan sistem khusus dan sudaah disesuaikan dengan kondisi lokasi jembatan, bahkaan informasi terkait kepadatan lalu lintas, curah hujan, hingga tiupan angin di lokasi jugaa sudaah sampai dihitung sedemikian rupa ketika perancangan kontruksi jembatan. Wow Amazing!

Di awal-awal peresmian, Jembatan Suramadu memang dikhususkan tuk laju kendaraan minimal roda 4 pasalnyaa jalan di jembatan terseebut berkonsep jalan tol sehinggaa tidak bisa dilalui kendaraan bermotor roda dua. 

Akan tetapi, pemerintah juga kemudian dilakukan revisi peraturan tersebut sehingga kendaraan bermotor roda dua akhirnya bisa juga melintasinya dengan tarif tol yang berbeda pula, yaitu hanya sebesar tiga ribuan. Sedangkan tarif kendaraan 4 cukup variatif tergantung jenis dan golongan, yaitu mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 90.000. Namun, dinilai terlalu mahal, sehingga aturan penetapan tarif diubah kembali dan mendapat keringanan hingga 50% di tahun 2016 serta pembebasan tarif untuk kendaraan 2 atau MOTOR.

Fungsi Jembatan Suramadu

Sementara itu fungsi dari jembatan Suramaduyaitu untuk menghubungkan 2 pulau dengan keefektivitasan waktu tempuh yang jauh lebih singkat, dengan begitu Jembatan Suramadu menjadi jembatan penyeberaangan yaang aktivitas lalu lintasnya cukup padat. 

Tetapi, hal tersebut sudahlaah diprediksi sejak awal oleh perancaang bangunan sehinggaa jembatan terseebut dibaangun dengan membaagi 3 bagian, yaitu jalan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama. Ke 3 bagian tersebut dapat memperkuat kondisi jembatan dan membuat arus lalu lintas menjadi terkendali.

Meski demikian pada awalnya pembangunan Jembatan Suramadu demi memudahkan arus lalu lintas menuju Madura agar pengantaran logistik menjadi tidak terhambat, namun seiringnya waktu jembatan tersebut kemudian memiliki fungsi lainnya yaitu menjadi tempat wisata tempat untuk berswafoto.

Sejak diresmikan duabelas tahun yang lalu, Jembatan Suramadu secara otomatis menjadi ikon wisata untuk 2 wilayah yang dihubungkannya, yaitu Surabaya dan Madura. Nah, semenjak itu pula baanyak masyarakat yaang mampir kesana hanya untuk berswafoto lalu diunggah ke media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Tiktok Penghasil Uang, Snackvideo penghasil uang dan media social penghasil uang lainnya.

Tidak disangka, jembatan penyeberangan tersebut dapat menjadi lokasi wisata yang murah meriah bagi warga. Perlu diingat, jangan sampai berswafoto di wilayah jembatan dengan turun dari kendaraan, Sahabat bisa bahaya, sebab bakalan dianggap melanggar aturan lalu lintas. So, cari sudut foto yang estetis saja yang dapat merekam sebagian atau keseluruhan jembatan dari jarak jauh. Dan satu hal yang mesti diutamakan yaitu, hati-hati banyak kendaraan yang melintas, Ok sahabat!

Nah, dikarenakan banyaknya masyarakat yang tertarik untuk mengabadikan moment di Jembatan Suramadu tersbut, maka dari itu pada Mei 2017, dilaksanakan festival dalam kali pertamanya di sekitar wilayah Jembatan Suramadu. Acara diisi dengan beragam festival, mulai dari acara olahraga seperti lari maraton, seni, budaya, hingga kuliner alhasil menarik banyak minat masyarakat dari sekitar jembatan hingga luar kota. 

Pergelaran festival di wilayah Jembatan Suramadu tersebut diharapkan oleh pemerintah mampu menjadi penggerak ekonomi Madura di sektor pariwisata sehingga demikian, Surabaya dan Madura bakal semakin dikenal oleh masyarakat lokal bahkan international atau luar negeri. Semoga saja!

Nah, untuk itu yuk bersama-sama mari semua dapat ikut menjaga sarana yang disediakan oleh pemerintah demi kemudahan berlalu lintas. 

Nah demikialah pembahasan kali ini mengenai Sejarah Jembatan Suramadu Terpanjang Di Indonesia, 20 Agustus 2003 yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat dan kita selayaknya berbangga memiliki jembatan terpanjang di indonesia ini. Bravo Indonesia! Sumber: daihatsu

Pencarian yang sering dicari

Suramadu Jembatan Terpanjang se-Indonesia

Sejarah Jembatan Suramadu

peringatan Sejarah Jembatan Suramadu

cara memperingati Jembatan Suramadu

Sejarah Jembatan Suramadu Terpanjang

kapan Jembatan Suramadu dibangun

Twibbon Jembatan Suramadu