Widget HTML Atas

Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang

Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, pada postingan kali ini kami akan membagikan contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Tanaman Porang Terbaru.

Namun sebelum itu perlu diketahui bahwa apakah itu tanaman porang serta manfaatnya. 

Dikutip dari pertanian.magelangkota.go.id, PORANG atau bahasa latinya Amorphophallus mueleri blume ialah merupakan komoditas pertanian yang baru mulai dilirik dan untuk dikembangkan secarra luas. Produk komoditas tanaman Porang tersebut memiliki sejumlah manfaat/kegunaan, yaitu sebagai bahan baku kosmetik, lem, dan jelly.

Nah, untuk itu jika diantara para sahabat MEDIABRITA pada saat ini ingin mengembangkan tanaman porang tersebut dan mencari ingin men Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang, silahkan di akhir artikel ini, dalam format Microsoft Word tentunya supaya mudah diedit lagi.
Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang
Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang

Berikut ini adalah contoh redaksi dari Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang Terbaru, semoga bisa memberikan sedikit referensi bagi anda.

Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang

Kepada diisi dan perihal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang

Assalamu’alaikum Wr Wb

Salam sejahtera kami ucapkan,semoga Bapak ada dalam lindungan Alloh SWT dalam menjalankan segala aktifitas ,amin.

Dalam rangka pengembangan usaha budi daya tanaman Porang, saya bermaksud mengajukan Pemohonan Bantuan berupa dana untuk sarana/lahan penanaman Bibit Porang.

Sebagai pertimbangan pengajuan permohonan ini adalah bahwa di daerah kami ada sekitar 10 Hektar lahan/tanah darat yang potensial untuk dikembangkan sebagai sentra penanaman Porang. Kegiatan yang akan kami laksanakan dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk pengembangan tanaman Porang dan juga sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani pada khususnya.

Besar harapan kami permohonan ini dapat Bapak kabulkan,atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terima kasih. Kemudian ditandatangni dan distempel baik oleh lembaga atau instansi pemerintah.

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Porang ialah merupakan tanaman yang kurang dimanfaattkan, yg merupakan sumber glukomanan. Glukomanan ialah karbohidrat yg banyak digunakan dlm industri obat,makanan minuman,kosmetika,bahan perekat/lem dan lain-lain. Selain itu umbi Porang juga memiliki mineral tinggi yang penting bagi metabolism yaitu kalium,magnesium dan fosfor.

Porang merupakkan tanaman yng potensial utk dikembangkan sbg komoditi ekspor krn beberapa negara membutuhhkan tanaman ini sbg bahan makanan maupun bahan industri, Indonesia mengekspor porang dlm bentuk gaplek atau tepung ke Jepang, Australia, Srilangka, Malayasia, Korea, Selandia Baru, Pakistan, Inggris dan Italia. Perminttaan porang dlm bentuk segar maupun chip kering terrus meningkat.

Porang merupakkan salahsatu jenis tumbuhan umbi-umbian berrupa semak (herba) yg dpt dijumpai tumbuh di daerah tropis dan sub tropis.Budidaya Porang meruoakan upaya diversifikasi bahan pangan serta penyediaan bahan baku industri yang dapat meningkatkan nilai komoditi ekspor di Indonesia.Komposisi umbi porang bersifat renfah kalori,sehingga dapat berguna sebagai makanan diet yang menyehatkan.

Porang dpt tumbuh baik pd tanah kering dan berhumus dengan pH 6-7,umbi batanggnya berada di dalam tanah dan umbi inilah yang dipungut hasilnya.

Usaha peningkatan potensi produksi tanaman porang dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi lahan.evaluasi lahan merupakan proses penilaian potensi suatu lahan untuk penggunaan tertentu yang berguna untuk membantu perencanaan dan pengolahan lahan melalui interprestasi sifat fisika kimia tanah,potensi penggunaan lahan sekarang dan sebelumnya.Evaluasi lahan secara fisik dapat menjawab tingkat kesesuaian lahannya dan secara ekonomik kan menjawab kelayakan usaha taninya.Secara spesifik kesesuaian lahan untuk suatu komoditas dinilai berdasarkan sifat-sifat fisik lingkungan seperti tingkat kesuburan tanah, iklim, topografi (kelas lereng),hodrologi dan drainase.

Sesuai dengan usaha Pemerintah dalam memasyarakatkan GEMAR MAKAN IKAN terutama didaerah perkotaan, untuk memenuhi gizi mereka, kiranya akan mudah terwujud dengan pengembangan budi daya ikan.

Sehingga dengan adanya dukungan dari semua pihak terutama instansi Pemerintah terkait memungkinkan generasi muda petani dapat terdedayakan dan bisa bersaing dalam tingkat pemasaran lokal dan nasional.

Tujuan

Meningkatkan produksi dan perluasan area untuk membantu Pemerintah mewujudkan Program peningkatkan produksi tanaman holtikultura secara Nasional.

Meningkatkan pendapatan anggota kelompok melalui pengembangan dan efisiensi usaha kelompok menuju sekala ekonomis.

Meningkattkan kualitas produk pertanian,khususnya tanaman Porang dgn cara melakukkan kegiatan budi daya tanaman porang yg lebih maju,komperhensif,terintegrasi dan bersifat masal serta manajemen pengelolaan budi daya yang baik.

Meningkattkan sumber daya manusia SDM,keterampilan dan manajemen usaha tani,kemampuan kewirausahaan,pengembangan usaha tani holtikulltura dan pemantapan kelompok tani.

Rumusan masalah

Umbi porang mempunyai potensi yang sangat besar dalam bidang produksi,namun hal ini belum dikelollla secara benar dan maksimal,padahal umbi porang adalah bahan baku dalam pembuatan tepung glukomanan yang mempunyai nilai ekonomi yg sangat tinggi dan kegunaan yg luas dlm bidang pangan.

Tepung glukomanan tsb apabila diproduksi secara besar-besaran dpt meningkattkan ekspor non migas,devisa negara, kesejahteraan masyarakat, dan menciptakan lapangan kerja. Zat glukomanan ini dapat digunakan untuk bahan perekat,bahan seluloid,kosmetik,bahan makanan,industri tekstil dan kertas.

Manfaat Sosial Ekonomi

Secara ekonomi akan meningkatkan hasil produksi secara berkesinambungan, menumbuhkan silaturahmi sekaligus meningkatkan kegiatan para anggota kelompok dan generasi muda.

Diharapkan secara kelompok dapat turut berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan pasar lokal maupun luar.

Turut serta mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.

Potensi

Potensi sumber daya alam disekitar komunitas masyarakat dalam lingkungan kelompok Taruna Tani Tunas Jaya Pasirdatar Kelurahan Gununggede bisa dikatakan cukup menunjang, diantaranya dengan ketersediaan area lahan untuk penanaman porang.

BAB II KERAGAMAN KELOMPOK

Target Wilayah

Program pembangnan usaha tani budidaya tanaman porang akan dilaksanakan oleh kami di Desa Ciku...pa Kecamatan ... Kabupaten ...,secara geografis kelurahan ... terletak disebelah selatan Kabupaten ... dengan ketinggian antara 350-... mdpl.

Target Penerimaan Manfaat Program

Penerima manfaat langsung dari program tanaman porang adalah kelompok.Kelompok ini terbentuk atas keinginan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan Budidaya Porang.

BAB III RENCANA KEGIATAN

Pelaksanaan Program

Program langsung dilakksanakan oleh kelompok tani dgn penyuluhan pertanian dan penyuluhan swadaya sbg pendamping sealigus konsultan dgn melakukan budidaya tanaman Porang dgn target luas hamparan seluas 10 hektar.

Rencana Pengembangan Unit Usaha Penunjang

tuk menunjang usaha kelompok menuju skala ekonomis, maka bakal dilakukan beberapa unit usaha penunjangg.

Pengolahan hasil Pertanian

Unit Usaha hasil pertanian yang ditunjukan untuk memutus rantai niaga hasi pertanian.

Teknologi Yang Akan Diterapkan

Teknologi yang diterapkan diantaranya :

Teknologi usaha input pertanian yg unggul utk memperoleh hasil berkualitas tinggi.

Pengunaan teknologi pengelolaan pasca panen utk meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan pertambahan nilai dr hasil itu sendiri melalui GAP maupun SOP yg telah ditetapkan.

PENUTUP

Usaha budidaya Tanaman Porang utk peningkatan nilai tambah melalui pengelolaan Tanamaan Porang dlm rangka mendukung Program Ketahanan Pangan yg akan dikembangkan di Kota Tasikmalaya yaitu Kelompok Taruna Tani Tunas Jaya Pasirdatar Kelurahan Gununggede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya akan memberikan keuntungan yang cukup memadai bagi Kelompok Tani dan para Petani juga memberikan dampak positif terutama dalam hal peningkatan pendapatan.

Tak luput kami pun mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya kepada semua pihak,baik yg membuat kebijakan yang memberikan dukungan moril.

Kemudian terakhir nya diberikkan rencana anggaran biaya (RAB) untuk contohnya sudah kami berikan dalam format yang akan anda download dibawah artikel ini.

Demikianlah pembahasan pada saat ini mengenai Download Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang Terbaru, semoga dappat bermanfaat dan akhir kata-kata salam sukses dan merdesa!

AMBIL DISINI Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana Pengembangan Tanaman Porang, MS WORD