Widget HTML Atas

Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53

Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53

Halo sahabat pembaca mediabrita pada postingan kali ini kami akan menyediakan Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53.

Seperti diketahui secara bersama bahwa tidak terasa usia dari BPJS Kesehatan sudah 53 Tahun.

Nah, alangkah baiknya sebelum kita membuat Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53, anda mengetahui dahulu sejarah dari beridirinya BPJS Kesehatan.

Tepat padatanggal 15 Juli 2021, BPJS Kesehatan akan memperingati ulang tahunnya yang ke-53. Pada rentang waktu usia terssebut dihitung sejak Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) beroperasi pada tahun 1968, lalu melakaukan evolusi menjadi Perum Husada Bhakti tahun 1984, kemudian berubah lagi menjadi PT Askes (Persero) tahun 1992, hingga sekarang berubah nama lago/ transpormasi menjadi BPJS Kesehatan pada tahun 2014.

Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53
Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53


Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53

Sejarah Perjalanan Jaminan Sosial di Indonesia

Yuk sejenak kita mengenal dahulu Sejarah Perjalanan berdirinya Jaminan Sosial di Indonesia

Seperti dikutip dari laman resmi website BPJS kesehatan https://webbpjs.azurewebsites.net/bpjs/pages/detail/2013/4, bahwa Jaminan pemeliharaan kesehatan di Indonesia sebenarnya telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. 

Dan kemudian sesudah kemerdekaan, tepatnya di tahun 1949, setelah pengakuan kedaulatan oleh Pemerintah Belanda, sebagai upaya untuk menjamin kebutuhnan pelayanan kesehatan bagi mastyyarakat, khususnya pegawai negeri sipil beserta keluarga, tetap dilanjuttkan. 

Prof. G.A. Siwabessy, sebgaai Menteri Kesehatan yaang menjabat pada waktu itu, ia mengajukan sebuah gagasan agar perlu segera menyelengggarakan program asuransi kesehatan semesta disingkat universal health insurance yang kala itu mulaii diterapkan di banyyak negara maju dan tengah berkembang pesat.

Pada waaktu itu kepesertaannnya sendri baru mencakup pegawai negeri sipil PNS beserta anggota keluargannya saja. Akan tetapi Siwabessy, ia yakin suatu kelak nanti, klimaks dari pembangunan derajat kesehatan masyyarakat Indonesia bakalan tercapai melalui suatu sistem yang dapat menjamin kesehatan seluruh warga bangsa ini.

Nah, Pada tahun 1968, pemerintah menerbittkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 1 Tahun 1968 dng membentuk Badan Penyelenggara Dana Pemeliharaan Kesehatan (BPDPK) yang isinya mengatur pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negara dan penerima pensiun beserta keluargannya.

Kemudian selang berapa waktu kemudian, Pemerintahpun mengeluarkan Peraturan Pemerintah PP Nomor 22 dan 23 Tahun 1984. BPDPK pun berubah status dari sebuah badan di lingkungan Departemen Kesehatan menjadi BUMN, yaitu PERUM HUSADA BHAKTI (PHB), yg melayaani jaminan kesehataan baagi PNS, pensiunan PNS, veteran, perintis kemerdekaan, dan anggota keluargannya.

Kemudiaan di tahun 1992, PHB berubah stattus lagii menjadi PT. Askes(Persero) dgn adanya Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 6 Tahun 1992. PT Askes (Persero) mulaii menjangkauu karryawan BUMN melaluui program Askes Komersial. 

Lanjut di Januari 2005, PT Askes (Persero) diperrcaya pemerintahh utk melakukan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin pada waktu itu PJKMM yang kemudian dikenal menjadi program ASKESKIN dgn sasaran peserta masyarakat miskin dan tidak mampu sebanyak kurang lebih 60 juta jiwa yang iurannnya dibayarkan oleh Pemerintah Pusat.

PT Askes (Persero) juga mencipptakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU), yang ditujukkan bagi masyyarakat yang blm terkoper oleh Jamkesmas, Askes Sosial, maupun asuransi swasta. Sampai wakti itu, ada lebih dari 200 kabupaten atau kota atau 6,4 juta jiwa yaang telah menjadi pesertaa PJKMU. PJKMU ialah Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yg pengelolaannnya diserahhkan kepada PT Askes (Persero). 

Langkahh menuju cakupan kesehatan semesta-punn semakin nyata dgn resmi beroperasinya BPJS Kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014, sebagai transformasi dari PT Askes (Persero). Hal tersebut bermula pada tahun 2004 ketika pemerintah mengeluarkann UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan kemudian pada tahun 2011 pemerintah menetapkan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta menunjuk PT Askes (Persero) sebagai penyelengggara program jaminan sosial dibidang kesehatan, alhasil PT Askes (Persero) itupun berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Nah, melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselengggarakan oleh BPJS Kesehatan, negara dan pemerintah hadir ditengahh kitaa untuuk memastiikan seluruh penduduk Indonesia terrlindungi oleh jaminan kesehattan yang komprehensif, adil, dan merata. Itulah sejarah singkat berdirinya BPJS Kesehatan di negara indonesia.

Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53

Lalu bagaimana kita caranya mendukung dan ikut meramaikan HUT BPJS Kesehatan, sebenarnya bisa dengan apa saja, ya salahasatunya dengan membuat dan memasang Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53 foto kita lalu kemudian tinggal dibagikan melalui medsos kita, baik itu FB, IG, WA, Tiktok dan lainnya.

Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53

Nah, disini kami sudah menyediakan Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53 yang dapat anda pakai, yuk langsung saja diambil;

https://twb.nz/hutbpjskes53

https://www.twibbonize.com/bpjsrunnerselevasi

https://www.twibbonize.com/bpjsrunnerselevasi

https://www.twibbonize.com/bpjsrunnersrecordbreaker

Adapun cara memasangnya cukup tinggal klik link tersebut kemudian pilih foto terbaik anda, kemudian selanjutnya, tinggal donwnload dan terkakhir bagikan di medsos.

Sekian pembahasan mengenai Twibbon atau Bingkai Foto HUT BPJS Kesehatan ke-53, semoga dengan hadirnya BPJS Kesehatan di Negara Kita semakin memudahkan dalam melayani warga masyarakat. Amin! Terakhir dari penulis “Selamat HUT BPJS Kesehatan ke-53”.