Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Twibbon HUT Koperasi Nasional 2023, Semarakkan Link Harkopnas Terpopuler

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada ulasan saat ini kami akan berusaha menyajikan dengan merangkumkan 10 Twibbon Hari Koperasi Nasional 2022 ke 75 Tahun 2023.

Pasalnya, tepat setiap pada tanggal 12 Juli, Hari Koperasi Nasional 2023 dirayakan ulang tahunnya kali ini yang ke-76.

Jika dilihat usiannya memang sudah tidak muda lagi Koperasi sudah berdiri semenjak dari dahulu, nah untuk lebih bermakna pada artikel kali ini, yuk mengenal tentang dan sejarah beridirnya Koperasi di Indonesia.

Untuk memerihaknnya kami sudah menyediakan Twibbon HUT Koperasi 2023 dengan design terpopuler dari laman resminya.

Nantinya Link Twibbon Hari Koperasi 2023 terpopuler akan kami bagikan di akhir artikel, jadi simak sampai selesai di postingan ini.

Apa itu koperasi?

Menurut Undang-unddang (UU) No.25 Tahunn 1992 tentangg Perkoprasian, seperti pada Pasal 1 disebutkan, bahwa koperasi merupakan badan usaha yg berangggotakan orang-seoorang atau badan hukum koperasi dgn melandasskan kegiatannnya berdasarkan prinnsip koperasi, sekaliggus sbg gerakan ekonomi rakyat atass asas kekeluargaaan. 

Tak hanya itu juga,Koperasi juga merupakan badan usaha yg bisa didiriikan oleh perorangan ataupun badan hukum. Tuk itu dalam mendirikan koperasi, setiaap anggota haruus mengumpullkan modal, karena koperasi didiriikan karena adannya asas kekeluargaaan dan memilki tujuan tuk memenuhi kebutuhan setiap anggotanya.

Apakah tujuan berdirinya koperasi?

Adapun Tujuan dengan beridirinya sebuah koperasi ialah mensejahterakan anggotannya sesuai dgn prinsip ekonomi kerakkyatan. Berusaha mewujuddkan dan mengembanggkan perekonomian nasional yg merupakaan usaha bersama berdasarrkan asas kekeluargaan dan demokkrasi ekonomi.

Sesuai dengan Undang-undang No.25 Thn 1992, dalam Pasal 4 UU dijelaskanya, bahwa ada 4 (empat) fungsi dan peran koperasi, diantaranya yaitu:

1. Membangun dann mengembanggkan potensi dan kemammpuan ekonomi anggota pd khususnya dan masyarakatt pd umummnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.

2. Mempunyai peran serta secaraa aktip dlm upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakatt.

3. Memperkokkoh perekonomian rakkyat sbg dasar kekuatan dann ketahanaan perekonomian nasional dgn koperasi sebagai sokogurunnya.

4. Berusaha tuk mewujuddkan dan mengembangkan perekonomian nasional yg merupakaan usaha bersama berrdasar atas asas kekeluargaaan dan demokkrasi ekonomi.

Disamping itu juga, didalam perannya, koperasi seringkali memberi bantuan, seperti kredit atau pinjaman dana kepaada anggota dalam hal finannsial. Pembentukan koperasi diharappkan dapat meningkattkan kesejahteraan sosial masyarakat di Indonesia.

Menurut Undang-undang No.25 thn 1992 atau U.U Nomor 25 thn 1992, koperasi bisa mempunyai bentuk koperasi primer daan sekunder.

Berikut ini perbedaan antara koperaasi primer dan sekunder, kalau Koperasi primer ialah koperasi yg didirrikan oleh dann berangggotakan orang-seorang, sedangkan Koperrasi sekunder yaitu jika koperasi yg didiriikan oleh dan berangggotakan koperasi.

Jenis koperasi

Kemudian dalam Undang-undang (UU) No. 17 thn 2012 mengenai Perkoperasian yg dibatallkan Mahkamah Konstitusi (MK) ada 4(empat) jeniss koperasi, diantaranaya sebagai berikut ada koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi jasa, juga koperasi simpan pinjam.

1. Koperasi konsumen didalam menyelenggarakan kegiatan usaha pelayyanan dibidang penyediaaan barang kebutuhan anggota dan non anggota.

2. Koperasi produsen di dalam menyelengggarakan kegiatan usaha pelayyanan dibidang pengadaaan sarana produksi dan pemasaran produkksi yang dihasillkan anggota kepada anggota dan non anggota.

3. Koperasi jasa di dalam menyelengggarakan kegiatan usaha pelayyanan jasa non simpan pinjam yang diperrlukan oleh anggota dan non anggotanya.

4. Koperasi simpan pinjam di dalam menjalagnkan usaha simpan pinjam sbg satusatunya usaaha yg melayani anggotanya.

Namun sangat disayangkan Undang-undang (UU) No. 17 thn 2012 ini sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi /MK dikarnakan dianggap bertentangan dengan Undang-undanng Dasar (UUD) thn 1945 dan tidakk mempunyai kekuattan hukum mengikat. Oleh sebbabnya, Undang-Undang Perkoperasian yg berlaku di Indonesia itu masih memakai aturan lama, yakni Undang Undang No. 25 thn 1992.

Ada banyak sekali contoh dalam kehidupan kita sehari-hari mengenai koperasi ini, di bawah ini beberapa contoh koperasi simpan pinjam yang perlu kamu ketahui. Beberapa contoh koperasi simpan pinjam atau KSP yang banyak ditemui di tengah masyarakat antara lain Koperasi Simpan Pinjam Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha, Kospin Jasa, Koperasi Pasar (KPS), dan Koperasi Kredit (KKD).

Prinsip Dasar Koperasi

Kemudian terdapat di Pasal 5-nya juga disebutkan, bahwa prinsip pelaksanaaan koperasi, adalah sebagai berikut:

1. Keanggotaaan bersipat sukaarela dan terrbuka.

2. Pengelolaaannya dilaksanakan secara demokratis

3. Pembagiaan Sisa Hasil Usaha (SHU) dilaksanakan secara adil sebanding dengan besarrnya jasa usaha masing-masing angggota

4. Pemberiaan balas-jasa yang terrbatas terhadap modal dan yang ke5 nya adalah Kemandirian

Kemduaian juga didalam mengemmbangkan koperasi, juga wajib menerapkaan prinsip-prinsip sebagai berikut: Pendidikan perkoperasian, dan juga Kerjasama antar koperasi.

Keuntungan Anggota Koperasi

Koperasi didirikan mempunya tujuan yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Maka dari itu, menjadi angggota sebuah koperasi dpt memberiikan banyak keuntungan, diantaranya untuk menambah penghhasilan.

1. Angggota koperasi memilik hak dalam mendapatkan sisa hasil usaha (SHU). Akan teetapi Besar atau kecilnya SHU yg diterima anggota koperasi berrdasarkan atas modal yg ditanam dan keuntungan yg diraih koperasi tersebut.

2. sehingga anggota koperasi dapat menghemat pengeluaran dengan membeli barang di koperasi dgn harga lebih murah, karena dirinya terdaftar sebagai anggota.

3. Meminjam dana/ uang di koperasi juga lebih untung dikkarenakan bunga yg dibebannkan lebih rendah, alhasil cicilan kredit lebih kecil.

4. dalam menjadi anggota koperasi juga dapat memperoleh pelatihan usaha serta memperluas relasi usaha sehingga, kualitas dirinya sebagai seorang individu akan menjadi lebih baik.

Oleh Karenanya siapapun bisa bergabung menjadi anggota koperasi, sehingga pengelolaan mengedepankan asas demokrasi. Terhadap menetapkan keputusan segala hal mengenaii koperasi, dilaksanakan dengan cara musyawarah atau voting suara terrbanyak dari para anggotanya.

Sejarah Hari Koperasi Nasional

Jika dilirik kepada sejarah berdirinya koperasi, peringatan pertama kali Hari Koperasi Nasional ditetapkan pada tahun 1947 sesudah kemerdekaan Indonesia. Kala itu, Mohammad Hatta ditetappkan sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Dikutip dari kumparan.com, pada tanggal 11-14 Juli tahun 1947, Kongres Koperasi Pertama dilaksanakan di Indonesia. Kongrres tsb menghasillkan penetapan Hari Koperasi jatuh di tanggal 12 Juli. Dalam Kongres itupula meresmikan juga Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI).

Hal tersebut itulah yang menjadi latarbelakang melihat koperasi Hindia Belanda semakin berkembang di tahun 1929, berkat Partai Nasional Indonesia. Semangat koperasi itupula mulai tersebar lewat partai tersebut.

Namun sayanggnya, proses perkembangan tersebut tidak berlanjut. Kemudian Pada taun 1933, pemerintah mengeluarrkan undang-undang untuk mematikan usaha koperasi, seperrti yg dijelaskan diatas. Lalu Setelah itu, pada tanggal 15-17 Juli taun 1953, Kongres Koperasi kembali diadakaan. Namun tetap Hari Koperasi Nasional dilaksanakan pada setiap tanggal 12 JUNI.

Kemudian pada kongres kedua ini juga, Mohammad Hatta ditetapkan lagi sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Penetapan tersebut itu dilaksanakan dikarenakann wakil Presiden RI pertama itu sudah mempunyai jasa terhadap koperasi dan perekonomian yang ada di Indonesia.

10 Twibbon HUT Koperasi Nasional 2022, Semarakkan Link Harkopnas Terpopuler

Nah, setelah mengetahui dan mengenal sejarah beridirinya Koperasi, kita sebagai generasi muda yuk, kita semarakan hari koperasi nasional ini dengan berbagai macam cara, salahsatunya dengan memasang foto kita di medsos bertuliskan ucapan hari koperasi nasional, seperti 10 Twibbon atau Bingkai Foto Hari Koperasi Nasional ke 76 Tahun 2023.

10 Link Twibbon Hari Koperasi 2022

Jika anda saat ini belum mengetahui dan caranya membuat dan memasang 10 Twibbon Harkopnas 2023 ke 76, silahkan disimak terlebih dahulu penjeleasannya di bawah ini;

Cara membuat dan memasang Twibbonize Harkopnas 2023

1) Silahkan pilih  Link Twibbon HUT Koperasi 2023, yang sudah kami rangkumkan.

2) Kemudian, setelah diKlik salah satu link kesukaan anda langkah selanjutnya, pilih photo terkeren anda, bisa sendiri, atau bersama atau berkelompok

3) Lalu, Upload foto tadi, kemudian atur supaya pas, dengan cara mencubit photo di hp anda.

4) Setelah disesuaikan langkah terakhir donwload dan siap bagikan di Medsos anda.

10 Link Twibbon Hari Koperasi Nasional 2023 ke-76

Nah langsung saja berikut ini 10 Twibbon Harkopnas Tahun 2023

Twibbon Hari Koperasi Nasional 2023, Design 1

https://tinyurl.com/ybpemk3m

https://tinyurl.com/yrk8ybw5

Twibbon HUT Koperasi 2022, Design 2


Link Twibbon Hari Koperasi 2022, Design 3


Hari Koperasi Nasional 2022, Design 4


Twibbon Harkopnas 2022, Design 5


Twibbonize Harkopnas 2022, Design 6


Link Twibbon Hari Koperasi, Design 7


Link Twibbon HUT Koperasi 2022, Design 8


Twibbon Hari Koperasi Nasional, Design 9


Twibbon Hari Koperasi Nasional bali 2022, Design 10



Demikian pembahasan saat ini mengenai 10 Twibbon atau Bingkai Foto Hari Koperasi Nasional ke 75 Tahun 2022, semoga bermanfaat dan dengan adanya koperasi perekonomian di negara kita bisa meninggkat, amin! Salam suksess untuk anda semua!

Pencarian yang sejenis:

Twibbon Hari Koperasi 2023, twibbon hari koperasi aesthetic, twibbon hari koperasi adalah, twibbon hari koperasi baru 2023, twibbon hari koperasi cdr, twibbon hari koperasi doc, twibbon hari koperasi diperingati, twibbon hari koperasi gratis, twibbon hari koperasi hari ini, twibbon hari koperasi indonesia 2022, twibbon hari koperasi jawa barat 2022, twibbon hari koperasi jawa barat, twibbon hari koperasi kemenag 2022, twibbon hari koperasi keluarga, Twibbon hari koperasi online, twibbon hari koperasi online 2022, twibbon hari koperasi tahun 2022, twibbon hari koperasi versi 2022

Twibbon hari koperasi yang bagus, twibbon hari koperasi yang baik, twibbon hari koperasi yang benar, twibbon hari koperasi xl terbaru, twibbon hari koperasi xl 2022, twibbon hari koperasi warna merah, twibbon hari koperasi warna biru, twibbon hari koperasi versi 2022, twibbon hari koperasi vector, twibbon hari koperasi untuk sekolah, twibbon hari koperasi untuk mahasiswa, twibbon hari koperasi terbaru, twibbon hari koperasi republik indonesia, twibbon hari koperasi pkh 2022, twibbon hari koperasi keagamaan, twibbon hari koperasi malaysia, twibbon hari koperasi organisasi, twibbon hari koperasi png