Widget HTML Atas

TERANYAR! CONTOH SK Penghapusan Aset Milik Desa dalam Format Ms Word

MEDIABRITA - Salah satu hal yang terkadang terlupakan pada setiap Desa yakni surat keputusan penghapusan aset desa.

Meski hal ini terlihat sepele, namun justru adanya SK penghapusan Aset Desa akan mempermudah dan memperkuat pemberian tanggungjawab terhadap barang aset desa.

Seperti halnya kendaraan dinas, alat atau milik aset desa.

Nah sebelum itu bagi sahabat desa agar lebih memperkuatnya langkah baiknya kita harus mengerti dahulu apa itu SK Penghapusan aset desa.

SK penghapusan Aset Desa merupakan salah satu Surat Keputusan yang ditetapkan oleh Kepala Desa dalam bidang aset desa.

Disini kami akan sedikit memberikan gambaran saja mengenai contoh SK penghapusan Aset Desa.

Ilustrasi

Hal ini tentunya saja sudah mengacu pada Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa Seperti bentuk format SK Kepala Desa lainnya pula.

bahwa barang milik Pemerintah Desa yang rusak berat dan tidak efisien lagi penggunaannya untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan desa, perlu dihapuskan dari Buku Inventaris Aset Desa Pertahun dan Buku Inventaris Desa Pemerintah Desa 

Sebelum SK Kepala Desa ini dikeluarkan biasanya didahului dengan adanya Berita Acara Penghapusan Aset Inventaris Milik Desa. 

tujuan dan maksud dari SK penghapusan aset desa.

SK ini bertujuan untuk memutuskan dan menetapkan pemusnahan/penghapusan aset desa atau aset inventaris milik desa. 

SK Kades ini dimaksudkan sebagai dasar untuk menghapus aset inventaris milik desa dari Buku Inventaris Aset Desa Pertahun dan Buku Inventaris Desa Pemerintah Desa karena alasan tertentu.

Berikut Konsideran SK penghapusan Aset Desa tersebut telah disebutkan sebagai berikut:

bahwa dalam rangka tertib administrasi pengguna aset desa maka perlu ditunjuk pejabat atau staf perangkat desa yang menggunakan aset desa.

SK ini memutuskan dan menetapkan untuk menunjuk Pejabat atau Staf perangkat desa yang namanya tercantum dalam lampiran keputusan ini untuk menggunakan aset desa.

Pengguna Aset Desa yang telah ditunjuk atau diangkat tersebut bertanggung jawab:

Menjaga, memelihara dan merawat aset desa dengan baik.

Melaporkan kondisi aset desa yang dipergunakan secara berkala kepada Kepala Desa melalui Petugas/Pengurus aset desa.

Lebih lanjut, terlepas dari pelaporan keadaan barang aset desa juga perlu dicatat penggunaan aset desa kapan berakhir, diantaranya:

Berakhir masa tugas

Mutasi

Berhenti/diberhentikan

Nah, hal yang paling penting dari penghapusan Aset Desa ini tentu nya terkait pembiayaan penggunaan aset desa seperti perawatan aset desa baik kendaraan dinas ini nantinya akan dibebankan kepada APBDes atau anggaran pendapatan desa.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Contoh SK Penunjukan Pengguna Aset Desa, semoga bermanfaat dan salam merdesa. Sumber : Format-administrasi-desa

AMBIL DISINI Penghapusan Aset Desa, Format Ms Word