Widget HTML Atas

✓Inilah Besaran Gaji Polisi di Indonesia Terbaru 2021, Gaji Pokok Hingga Tunjangan

MEDIABRITA - Gaji Polisi di Indonesia Terbaru 2021. Sebelum kita mengetahui berapa kisaran Gaji Polisi di Indonesia Terbaru 2021, ada baiknya kiita terlebih dahulu mengenal apa itu polisi dan jabatan apa saja di kepolisian.

Dilansi dari Wikipedia, Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh wilayah negara. Sedangkan, Kepolisian adalah salah satu lembaga yang penting dalam menjalankan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian ada di seluruh negara berdaulat.

Jajaran Pangkat Kepolisian

Dilansir dari indozome.id, berikut adalah Jajaran Pangkat Kepolisian

Urutan pangkat polisi mulai dari terendah yaitu jenjang Tamtama, Bintara, Bintara Tinggi, Perwira Pertama, Perwira Menengah dan Perwira Tinggi.

Mengenal Pangkat Tamtama

Pengertian Tamtama adalah merupakan pangkat polisi paling rendah. Biasanya pangkat ini disandang oleh lulusan sekolah kepolisian atau mereka yang baru masuk di jajaran kepolisian. Berikut ini 6 jabatan yang tergolong sebagai Tamtama, diantaranya adalah sebagai berikut :

Pertama, adalah Bhayangkara Dua (BHARADA)

Bhayangkara Dua merupakan Tamtama tingkat satu Polri, yang menggunakan lambang kepangkatan satu buah garis miring berwarna merah.

Kedua, adalah Bhayangkara Satu (BHARADATU)

Bhayangkara Satu juga merupakan Tamtama tingkat satu Polri, namun menggunakan lambang kepangkatan dua buah garis miring berwarna merah.

Ketiga, adalah Bhayangkara Kepala (BHARAKA)

Bhayangkara Kepala adalah Tamtama tingkat satu Polri dan menggunakan lambang kepangkatan tiga buah garis miring berwarna merah.

Keempat, adalah Ajun Brigadir Polisi Dua (ABRIPDA)

Ajun Brigadir Polisi Dua masih tergolong Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

Kelima, adalah Ajun Brigadir Polisi Satu (ABRIPTU)

Ajun Brigadir Polisi Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri dengan tanda kepangkatan dua buah segitiga berwarna merah.

Keenam, adalah Ajun Brigadir Polisi (ABRIP)

Ajun Brigadir Polisi juga merupakan Tamtama tingkat satu Polri. ABRIP menggunakan tanda kepangkatan berupa tiga buah segitiga berwarna merah.

✓Inilah Besaran Gaji Polisi di Indonesia Terbaru 2021, Gaji Pokok Hingga Tunjangan
Ilustrasi : cikimm.com


Mengenal Pangkat BINTARA

Kemudian Pangkat polisi selanjutnya setelah Tamtama adalah Bintara. Bintara terdiri atas empat jabatan diantaranya sebagai berikut :

Pertama, adalah Brigadir Polisi Dua (BRIPDA)

Brigadir Polisi Dua adalah pangkat terendah pada jenjang Bintara. Pangkat ini setara dengan Sersan Dua, dengan tanda kepangkatan berupa satu buah segitiga berwarna perak.

Kedua, adalah Brigadir Polisi Satu (BRIPTU)

Brigadir Polisi Satu setara dengan Sersan Satu, dan termasuk dalam jenjang Bintara. Tanda kepangkatan ini memakai dua segitiga bersusun berwarna perak.

Ketiga, adalah Brigadir Polisi (BRIGPOL)

Brigadir Polisi masih tergolong dalam jenjang Bintara namun lebih tinggi daripada BRIPDA dan BRIPTU. BRIGPOl menggunakan tanda kepangkatan tiga buah segitiga bersusun warna perak.

Keempat, adalah Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA)

Pengertian dari Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tinggi di jenjang Bintara yang setara dengan Sersan Mayor kalau di TNI. Tanda kepangkatan BRIPKA yakni empat segitiga bersusun warna perak.

Mengenal Pangkat BINTARA TINGGI

Kemudian, Satu tingkat di atas Bintara, terdapat jenjang Bintara Tinggi yang hanya diisi oleh dua pangkat yakni AIPDA dan AIPTU.

Pertama, adalah Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA)

Ajun Inspektur Polisi Dua setara dengan Pelda atau Pembantu Letnan Dua di TNI. Pangkat ini menggunakan tanda satu buah segitiga bersambung warna perak.

Kedua, adalah Ajun Inspektur Polisi Satu (AIPTU)

Ajun Inspektur Polisi Satu merupakan pangkat tertinggi di jenjang Bintara. Nyatanya Pangkat ini setara dengan Pembantu Letnan Satu di TNI dan memiliki tanda kepangkatan dua buah segitiga bersambung menyerupai huruf M warna perak.

Mengenal Pangkat PERWIRA PERTAMA (PAMA)

Nah kalau pangkat yang satu ini yaitu Perwira Pertama merupakan jenjang pangkat polisi di atas Bintara Tinggi dan merupakan jenjang pangkat polisi tertinggi ketiga. Perwira Pertama mencakup tiga pangkat yaitu IPDA, IPTU dan AKP.

Pertama, adalah Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Inspektur Polisi Dua merupakan perwira pertama tingkat satu Polri. Gelar IPDA akan langsung disematkan bagi lulusan Akademi Kepolisian dan memakai tanda kepangkatan satu balok berwarna emas.

Kedua, adalah Inspektur Polisi Satu (IPTU)

Inspektur Polisi Satu adalah perwira pertama tingkat dua Polri, setelah IPDA. IPTU akan menggunakan tanda kepangkatan dua balok emas.

Ketiga, adalah Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Ajun Komisaris Polisi merupakan perwira pertama tingkat tiga Polri dan tertinggi di jenjang PAMA. AKP memiliki tanda kepangkatannya berupa tiga balok berwarna emas.

Mengenal Pangkat PERWIRA MENENGAH (PAMEN)

Untuk Pangkat Polisi seterusnya sesudah PAMA adalah PAMEN atau Perwira Menengah. 

Ternyata Pangkat ini merupakan pangkat tertinggi kedua di jajaran Polri. Terdapat tiga tingkatan yang ada di Perwira Menengah yakni KOMPOL, AKBP, dan Kombes Pol.

Pertama, adalah Komisaris Polisi (KOMPOL)

Komisaris Polisi adalah perwira menengah tingkat satu Polri. Komisaris Polisi menggunakan tanda kepangkatan satu bunga sudut lima atau melati. Jabatan Kompol akan memimpin kepolisian resor kota atau Polresta.

Kedua, adalah Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP memiliki tanda kepangkatan berupa dua bunga sudut lima atau dua melati. Jabatan AKBP akan menjadi pimpinan di kepolisian resor atau Polres.

Mengenal Pangkat Komisaris Besar Polisi (KOMBESPOL)

Pangkat polisi selanjutnya adalah Komisaris Besar Polisi atau dikenal sebagai Kombes Pol adalah tingkat tertinggi perwira menengah Polri. Kombes Pol memakai tanda kepangkatan tiga bunga sudut lima atau tiga melati. 

Pada umumnya Kombes Pol akan menjadi Wakapolda atau Kapolrestabes. 

Mengenal Pangkat PERWIRA TINGGI (PATI)

Pangkat selanjutnya adalah Perwira Tinggi merupakan jenjang paling tinggi pada Kepolisian Republik Indonesia. Jenjang ini memiliki empat tingkatan yakni Brigjen Polisi, Irjen Polisi, Komjen Polisi dan Jenderal Polisi.

Pertama, adalah Brigadir Jenderal Polisi (BRIGJENPOL)

Brigadir Jenderal Polisi adalah pangkat tertinggi keempat di jajaran Polri. Pangkat Brigjen Pol akan mengunakan tanda berupa bintang satu warna emas dan akan memimpin Polda tipe B atau biro setingkat Mabes Polri.

Kedua, adalah Inspektur Jenderal Polisi (IRJENPOL)

Inspektur Jenderal Polisi merupakan pangkat tertinggi ketiga di kepolisian. Irjenpol akan memakai tanda kepangkatan bintang dua berwarna emas. 

Jabatan ini pada umumnya akan disandang oleh Kepala Kepolisian Daerah (KAPOLDA) di wilayah Polda tipe A.

Ketiga, adalah Komisaris Jenderal Polisi (KOMJENPOL)

Pangkat tinggi selanjutnya adlah Komisaris Jenderal Polisi merupakan pangkat tinggi kedua di jajaran Polri. KOMJENPOL akan menggunakan tanda kepangkatan bintang tiga berwarna emas. Pangkat ini akan menduduki Wakapolri, Kabareskrim, Kepala BNN, Irwasum dan Kabaharkam, Kepala NBNPT, Kelemdikpol, dan Kabaintelkam.

Keempat, adalah Jenderal Polisi (JENDERALPOL)

Jenderal Polisi merupakan pangkat tertinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Tanda kepangkatan jabatan Jenderal Polisi akan memakai bintang empat berwarna emas. 

Pangkat ini akan disanding oleh TriBata 1 (TB 1) atau Kapolri selaku pimpinan tertinggi di kepolisian.

Itulah secara singkat terkait jajaran pangkat polisi yang berlaku di Indonesia. Selain itu juga bahwa kenaikan pangkat Kompol hingga Jenderal disesuaikan dengan pendidikan, prestasi, jabatan, dan hasil assessment.

Nah kemudian selanjutnya terkait berupa gaji yang diterima Polisi Indonesia pada tahun sekarang ini.

Beberapa orang banyak yang bercita cita ingin menjadi seorang polisi, bahkan ada yang rela merogoh duit capai ratusan juta agar bisa menjadi polisi, dan hal ini ternyata polisi menjadi yang sangat diminati oleh masyarakat.

Meski begitu, jadi anggota polisi, PNS, dan TNI memang lah ber daya tarik sendiri. Tak hanya itu selain dari gaji tetap juga ada tunjangan per-bulan yang diterima, serta adanya jaminan pensiun di hari tua.

Ternyata seperti dilansir dari sepulsa.com, Gaji Polisi di tahun 2021 mempunyai kenaikan dari sebelumnya pasalnya ada kebijakan baru dari peraturan pemerintah.

Selain itu juga, tidak akan sama gaji antara Polisi yang satu dengan yang lain terkait status perkawinan, masa kerja, anak, dan golongan serta juga pangkatnya.

Namun demikian, ecara umum komponen gaji dan tunjangan Polisi tidak berbeda dengan PNS serta gaji TNI. Gajinya Polisi per bulan terdiri dari 2 komponen besar yaitu Gaji Pokok serta Tunjangan yang ada pada Gaji dan Tunjangan Kinerja.

Simak berikut informasi tentang seberapa besar gaji polisi di Tahun 2021 ini. Cekidot yuk!

Besaran Gaji Pokok Polisi dan Tunjangan Per bulan Terbaru 2021

Setiap awal bulan Polisi menerima gaji yang terdiri atas gaji pokok plus tunjangan yang komposisinya diantaranya sebagai Berikut :

  • Gaji Pokok Polisi.
  • Tunjangan Keluarga Polisi (Tunjangan Istri/Suami sebesar 10% dari gaji pokok dan Tunjangan Anak yang besarannya 2% dari gaji pokok, maksimal 2 anak).
  • Tunjangan Jabatan Struktural (Bagi yang menduduki Jabatan Struktural) yang besarannya ditentukan oleh Peraturan Presiden.
  • Tunjangan Jabatan Fungsional (Bagi yang menduduki Jabatan Fungsional) yang besarannya ditentukan oleh Peraturan Presiden.
  • Tunjangan Umum sebesar 75.000 per bulan (bagi yang tidak menduduki Jabatan Struktural dan Fungsional).
  • Tunjangan Polwan sebesar 50.000 per bulan.
  • Tunjangan Beras (18 kg per bulan untuk anggota Polisi, dan 10kg per bulan untuk istri dan tiap anak) .
  • Uang Lauk Pauk Polri (Tunjangan Lauk Pauk besarannya 60.000 per bulan).
  • Tunjangan Khusus Papua bagi yang bekerja di Papua.
  • Tunjangan Daerah Perbatasan bagi yang ditempatkan di daerah perbatasan.
  • Tunjangan Khusus Pajak.
  • Tunjangan pensiun dari mulai 1 juta, hingga 4 juta perbulannya.

Dari uraian serta rincian sesuai tersebut diatas, pendapatan polisi per bulan akan dipotong:

  • Pajak (PPh 21)
  • IWP besarnya 10% dari Gaji Pokok + Tunjangan Keluarga.
  • Penjelasan lebih lanjut dari komponen gaji di atas adalah sebagai berikut:
  • Gaji Pokok Polisi per Bulan

Gaji Pokok Polisi pada tahun 2021 telah diatur dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Ke-12 atas PP Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Gaji Pokok Polisi

Berikut adalah besaran kira kira gaji polisi sebagai berikut :

  • Gaji polisi Golongan I (Tamtama) : 1.6 juta – 2.9 juta
  • Gaji polisi Golongan II (Bintara) : 2.1 juta – 4 juta
  • Gaji polisi Golongan III (Perwira Pertama) : 2.7 juta – 4.7 juta
  • Gaji polisi Golongan IV (Perwira Menengah) : 3 juta – 5.2 juta
  • Gaji polisi Golongan IV (Perwira Tinggi) : 3.2 juta – 6 juta

Tunjangan Istri atau Suami Polisi dan Tunjangan Anak

Untuk Besarannya 2% dari gaji pokok Polisi di atas, hanya untuk 1 istri. Untuk tunjangan anak besarnya 2% per anak dari gaji pokok Polisi di atas, maksimal 2 anak.

Tunjangan Struktural atau Fungsional/Umum

Tunjangan ini besarannya ditentukan untuk dengan peraturan Presiden. Untuk Tunjangan Umum, besarannya 75 ribu per anggota Polisi per bulan.

Tunjangan Beras Polisi

Apabila Polisi memiliki punya istri dan 2 orang anak, mangka dari itu bakalan mendapatkan tunjangan beras 18 kg + (3×10 kg) = 48 kg, dikalikan dengan tarif uang tunjangan beras terbaru per kg sebesar Rp. 7.242 sehingga total yang diterima 48 x Rp. 7.242 = Rp. 347.616.

Uang Lauk Pauk Polri

Nah Anggaplah per bulan ada 30 hari, maka tunjangan lauk pauk yang diterima polisi per bulan sebesar 55.000 x 30 = 1.650.000.

Ternyata Gaji tersebut di atas belum termasuk penghasilan dari sumber lain seperti uang perjalanan dinas, mengawal demonstrasi, dan juga sebagainya.

Demikianlah, besaran gaji polisi yang dapat diinformasikan dari berbagai sumber. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan mohon maaf jika tulisan ini ada yang tidak sesuai Terimakasih.