Widget HTML Atas

Terupdate: Besok Tanggal 1 April Bakal Tidak Ada Lagi Token Listrik Gratis Diganti Oleh Diskon

Mediabritarakyat - Perusahaan Listrik Negara atau PLN bulan depan tetap bakal memberikan stimulus atau subsidi listrik untuk pemakaian prabayar maupun pascabayar. 

Dalam hal pemberian stimulus bantuan ini selayaknya bakal diperpanjang pada bulan April 2021 sampai dengan Juni 2021. 

Akan tetapi dengan demikian hal tersebut perlunya, adakala dalam perbedaan suatu kebijakan untuk memberikan bantuan stimulus tersebut, yakni token dan tagihan tidak lagi gratis. 

Bantuan Stimulus keringanan adalah berupa diskon tarif tenaga listrik, dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abodemen

Hal ini juga dalam pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum bakal diperpanjang pada periode triwulan II tahun 2021, mulai April sampai dengan Juni 2021. 

Meski begitupun, ternyata dimulai tanggal 1 April 2021, bantuan stimulus yang diberikan adalah sebesar 50 persen dari stimulus yang diterima sebelumnya. 

Sedangkan peruntukannya adalah golongan rumah tangga, industri, ataupun bisnis kecil 450 VA, yang akan memberikan sebesar diskon 50 persen, tidak lagi penuh mencapai sebesar 100 persen. 

Nah, adapun selain stimulus tetap menerima subsidi, dengan empat ketentuan baru didalam stimulus tarif listrik PLN, yaitu: 

Diskon tarif tenaga listrik sebanyak 50 % persen untuk: Golongan rumah tangga daya 450 VA (R1/TR 450 VA) Golongan bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA) Golongan industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA).

Diskon tarif tenaga listrik sebesar 25 % persen untuk golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA). 

Pembebasan dalam hal penerapan ketentuan rekening minimum sebesar limapuluh (50) persen untuk golongan sosial, bisnis, dan industri daya 1.300 VA ke atas, serta golongan layanan khusus.

Selain itu, Pembebasan biaya beban atau abonemen sebesar 50 persen untuk golongan sosial daya 220 VA, 450 VA dan 900 VA, golongan bisnis dan industri daya 900 VA. Pemerintah melalui Surat Direktur Jenderal Ketenagalistrikan telah menginstruksikan kepada PT PLN (Persero) untuk melaksanakan pemberian stimulus sektor. 

Meski begitu, ketenagalistrikan pada awal April sampai dengan bulan Juni 2021, adalah sebagai berikut:

Dalam hal memanjangkan terlaksana diskon tarif tenaga listrik PT PLN (Persero) bagi Pelanggan Rumah Tangga, Bisnis, dan Industri dilakukan dengan ketentuan: 

Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA (R1/TR 450 VA), bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA), dan industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA) untuk Reguler (Pasca Bayar) rekening listrik diberikan diskon sebesar 50 persen (biaya pemakaian dan biaya beban) sementara Prabayar diberikan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 50 persen. 

Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA) yang Reguler (Pasca Bayar) rekening listrik diberikan diskon sebesar 25 persen (biaya pemakaian dan biaya beban), sementara Prabayar diberikan diskon tarif listrik untuk pembelian token sebesar 25%. 

Masa berlaku sebagaimana butir a dan b untuk Reguler (Pasca Bayar) adalah rekening bulan April s.d. Juni 2021, sedangkan Prabayar untuk pembelian token listrik bulan April s.d. Juni 2021.

Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan PT PLN (Persero) yang pemakaian energi listrik di bawah ketentuan rekening minimum (40 jam nyala), diberlakukan bagi Pelanggan Golongan Sosial daya 1.300 VA ke atas (S-2/1.300 VA s.d. S-3/> 200 kVA); 

Pelanggan Golongan Bisnis daya 1.300 VA ke atas (B-1/1.300 VA s.d. B-3/> 200 kVA); dan Pelanggan Golongan Industri daya 1.300 VA ke atas (I-1/1.300 VA s.d. I-4/30.000 kVA ke atas). Pelanggan membayar sesuai penggunaan energi listriknya; 

Pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan Golongan Layanan Khusus disesuaikan dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL); 

Pembebasan biaya beban atau abonemen sebesar 50 persen, diberlakukan bagi Pelanggan Golongan Sosial daya 220 VA, 450 VA dan 900 VA (S-1/220 VA s.d. S-2/900 VA); Pelanggan Golongan Bisnis daya 900 VA (B-1/900 VA); dan Pelanggan Golongan Industri daya 900 VA (I-1/900 VA); 

Ketentuan sebagaimana dimaksud pada butir 2 s.d butir 4 untuk rekening April sampai dengan Juni Tahun 2021. 

Berikut ini Cara Dapat Diskon Listrik pada website PLN di stimulus.pln.co.id Untuk pelanggan listrik prabayar, diskon tagihan listrik saat ini hanya bisa diperoleh melalui situs resmi PLN, tidak bisa lagi melalui Whatsapp. Kemudian Ikuti langkah berikut ini: 

Pertama, memBukaLah web PLN di www.pln.co.id atau langsung akses https://stimulus.pln.co.id; 

Kedua, Pilih memilih opsi Stimulus Covid-19 (Diskon); 

Keempat, Masukkan data yang diminta, mulai dari identitas (ID) pelanggan atau nomor meter, kode captcha, nama, tarif, dan daya listrik yang digunakan;

Kelima, Diskon token listrik akan muncul di kolom keterangan; 

Keenam, Isikan nomor token ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan yang terdaftar. Adapun untuk pelanggan pascabayar, diskon listrik tidak dengan memasukkan token lagi, tetapi dipotong dari jumlah tagihan kelak.

Sementara itu, untuk Pelanggan dapat menyampaikan permintaan sambungan sementara dengan datang ke kantor PLN setempat atau lewat online. 

Berikut ini secara rinci syarat dan prosedur permohonan penyambungan listrik sementara ke PLN secara online dan offline. 

Pertama, Cara permohonan sambungan sementara listik secara online dan cek biayanya Cara online ini lebih memudahkan pelanggan yang memerlukan tambahan daya listrik sementara. 

Tata cara layanan online untuk penyambungan sementara sebagai berikut: 

Pertama, Kunjungi situsi www.pln.co.id atau langsung menuju tautan ini atau tautan ini. Klik bagian Penyambungan Sementara di bagian muka yang tertulis 'Manfaatkan Layanan Online Kami' Isi formulir permohonan sambungan sementara, mulai dari ID pelanggan, nama, alamat, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai, tanggal selesai, hingga masukkan kode chapta. 

Nah itu, Setelah mengisi semua informasi dan memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan email konfirmasi yang di dalamnya berisi kode konfirmasi. 

Kemudian, Masukkan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online. Jika kode konfirmasi dianggap valid, permohonan dinyatakan diterima Selanjutnya, pelanggan akan menerima email yang berisi Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran. 

Ilustrasi : suarasurabaya.net

Meski demikian, Melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN. Jika pembayaran berhasil diproses, pelanggan nantinya akan harus menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL). 

Sementara itu kemudian Selanjutnya, petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima Perintah Kerja (PK) dan Berita Acara (BA). Petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan. 

Pelanggan juga dapat melakukan simulasi perhitungan biaya terlebih dahulu terkait sambungan sementara listrik ini lewat online. Pelanggan cukup mengisi kolom menu 'Simulasi Penyambungan Sementara', dan data perhitungan biaya akan keluar setelah klik kotak 'Hitung biaya'. Simulasi biaya penyambungan listrik sementara itu dapat dilihat dengan klik tautan ini. 

Cara pasang sambungan sementara secara offline Jika pelanggan ingin mengajukan permohonan sambungan secara offline, maka dapat melakukan langkah-langkah berikut: Pelanggan datang ke kantor PLN terdekat dengan menyerahkan persyaratan yang diperlukan seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya. Terkait cara pembayaran, pelanggan dapat membayar melalui ATM terdekat. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa juga menghubungi call center PLN pada nomor 123. 

Demikian sedikit pembahasan terkait diskon atau bantuan mulaindari 25 sampai dengan 50 persen. Sumber : Tirto