Widget HTML Atas

Contoh SK RT/RW Terbaru 2021

MEDIABRITA - Didalam sebuah pemerintahan seperti tingkat bawah yaitu Pemerintah Desa ada yang namanya Ketua RT dan Ketua RW ataupun sebutan lainnya.

Maka dari itu, seorang kepala desa atau sebutan lainnya perlu menerbitkan SK Atau Surat Keputusan untuk RT atau RW.

Namun sebelum itu, anda harus memahami terlebih dahulu pengertian dari Surat Keputusan atau SK dalam hal ini SK RT dan RW.

SK atau Surat Keputusan adalah surat keputusan yang diterbitkan oleh seorang Kepala Desa, hal ini sebagai bentuk upaya dalam pelaksanaan dari Peraturan Desa maupun Peraturan Kepala Desa.

Apabila anda saat ini sedang mencari contoh SK kepala desa untuk Ketua RT dan RW anda sangat tepat di MEDIABRITA, karena kami sudah menyiapkan contoh SK nya. Untuk contoh SK dapat anda download di akhir artikel dibawah ini, dengan tulisan AMBIL DISINI CONTOH SK RT RW.

Ilustrasi

SK RT atau RW adalah Surat Keputusan yang diterbitkan oleh seorang Kepala Desa atau sebutan Lainnya Lurah untuk mengangkat atau mengukuhkan atau memberhentikan dan mengganti pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). 

SK Kepala Desa RT dan RW ini isinya mengenai tentang Pengangkatan atau Pemberhentian atau Pergantian Pengurus RT dan RW adalah bersifat legal standing untuk Ketua RT dan RW dengan anggotanya untuk melakukan tugas dan fungsi pada Pemerintah desa.

Tak hanya itu, dalam format SK Kades tentang Pengangkatan dan Pemberhentian RT dan RW ini seharusnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Sedangkan regulasi yang diambil sesuai soal format SK atau produk hukum (product law) di sebuah pemerintahan desa merujuk kepada Permendagri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Di Desa. 

Dalam membuat SK Pengangkatan RT atau RW di Pemerintah Desa ini dijadikan sebagai dasar bagi para Ketua yang diangkat/ditunjuk sebagai pengurus RT/RW oleh Kepala Desa.

Mereka diharapkan dapat bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, juga menjadi salah satu bukti pengeluaran atau penerimaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), berfokus pada kegiatan operasional RT dan RW sebelumnya sudah ditetapkan dalam APBDes.

Pada prinsipnya makna dari Keputusan Kepala Desa atau Surat Keputusan Kepala Desa seharusnya dapat mengacu pada Pasal 1 butir 9 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan di Desa. 

Seperti dalam Permendagri nomor 111 tahun 2014 tersebut dijelaskan bahwa Keputusan Kepala Desa adalah penetapan yang bersifat konkrit, individual, dan final.

Berdasarkan Permendagri Pasal 31 Permendagri 111 Tahun 2014 tersebut, disebutkan bahwa:

Kepala Desa dapat menetapkan Keputusan Kepala Desa untuk pelaksanaan Peraturan di desa, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan dalam rangka pelaksanaan kewenangan desa yang bersifat penetapan.

Disamping itu agar bisa lebih mengoptimalkan kinerja Kepala Dusun di masing Dusun, khususnya di wilayah Rukun Tetangga (RT) maupun rukun warga (RW), maka Kepala Desa perlu mengangkat Pengurus RT dan RW melalui sebuah Keputusan Kepala Desa atau Surat Keputusan Kepala Desa (SK).

Jika pada saat ini Anda sedang mencari contoh Surat Keputusan Kepala Desa tentang Pengangkatan Pengurus RT RW di desa/kelurahan, Format SK dibawah ini mungkin bisa menjadi jawaban dari apa yang Anda cari. 

Nah, pada saat ini untuk Format Terbaru SK Pengangkatan Pengurus RT dan RW terbaru dalam bentuk format doc (word).

Demikian contoh SK Kades RT dan RW ini kami bagikan, semoga bermanfaat salam merdesa.

AMBIL DISINI CONTOH SK KADES RT dan RW

AMBIL DISINI CONTOH SK KADES  RT dan RW 2021