Widget HTML Atas

Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid19

Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid19
Ilustrasi

Mediabritarakyat - Apakah keuangan keluarga anda dimasa pandemi ini bengkak? Jika iya ada yang salah dalam mengelolanya. Nah jika anda ingin mengetahui cara dan menggunakan keuangan dengan benar diantaranya:

Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi Covid19

Rencanakan dalam Anggaran baik berupa Harian, Mingguan, atau Bulanan

Adapun berikut adalah cara mengelola keuangan Keluarga pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat anggaran untuk setiap pengeluarannya. 

Walaupun hal ini kedengarannya sepele, namun demikian ternyata banyak dari kita semua yang tidak menerapkan hal ini.

Nah, tidak ada salahnya untuk ibu ibu keluarga sekalian yang belum melakukannya, maka patutlah coba dari hari ini. 

Hal ini bertujuan supaya dalam perhitungan anggaran tepat, sebaiknya, maka dari itu perlu membuatnya secara detail dan spesifik. 

Bikinkan anggaran pengeluaran yang harus ibu ibu dikeluarkan baik harian, mingguan, dan juga bulanan, contohnya:

  • Tagihan listrik tiap bulan
  • Ongkos transportasi atau bensin dalam seminggu
  • Pengeluaran makan setiap hari

Selain itu juga Ibu ibu dan Anda juga dapat memisahkan sesuai dengan preferensi dan skala prioritas Anda. Kemudian ketika sudah membuat anggaran ini, lalu pastikan untuk disiplin mematuhinya, ini penting bagar Anda terhindar dari pengeluaran yang tetap besar walau sudah menuliskan anggaran.

MenCatat semua Pengeluaran

Kemudian ketika sudah membikin anggaran pengeluaran, cara mengatur keuangan yang kedua yaitu perlunya mencatat pengeluaran. 

Pasal nya Hal tersebut dilaksanakan supaya dapat mengetahui apakah Anda melakukan pemborosan pada bulan ini atau tidak. Cara mencatat pengeluaran yang bisa Anda lakukan, adalah sebagai berikut ;

Mengumpulkan struk belanja kebutuhan sehari-hari. Kemudian, tulis dalam satu buku setiap bulannya bahkan lebih bagus Tiap hari.

Nah bagi pengeluaran tanpa struk, Anda bisa screenshot dan catat di buku yang sama

Diharapkan melalui catatan tulisan anda, bakak mengetahui seberapa jumlah uang yang dibayarkan tiap bulannya. 

Meski demikian, Anda juga mengenal pada bagian manakah? pengeluaran Anda yang membengkak. 

Kalau hal yang Anda inginkan itu belum menjadi prioritas, mungkin Anda bisa memisahkannya pada bulan depan.

Menyisihkan sedikit Uang untuk menabung

Salah satunya dari faktor utama sulitnya keuangan Anda adalah tidak mengetahui pentingnya menabung. 

Kemudian dari satu cara mengatur keuangan ibu, terlebih di masa pandemi adalah menyisihkan untuk menabung. 

Bye the way, bisa saja tidak diduga-duga Anda membutuhkan dana untuk keperluan yang secara mendadak. 

Nah, kalau memiliki uang tabungan, sehingga tidak perlu repot untuk mencarinya apalagi sampai meminjam Kesana kesitu. Selain itu, juga dalam Cara menabung setiap orang juga berbeda-beda, di antaranya adalah:

  • Memisahkan sebagian uang tepat setelah gajian
  • Menabung dari sisa pengeluaran yang tidak terpakainya.
  • Menyisihkan dari uang kembalian setiap sehabis belanja atau bertransaksi

Meski begutu, anda juga harus telah menentukan berapa yang akan Anda tabung, bahkan sebelum membuat anggaran pengeluaran. 

Makapun mensisihkan uang yang ingin Anda tabung, barupun kemudian sisa dari uang itu Anda kelola untuk pengeluaran di bulan itu. Diharapkan Dengan cara ini uang tabungan Anda tidak akan terpakai, selama Anda juga mematuhi anggaran yang dibuat.

MeManfaatkan Diskon dan Promo

Terkaitnya suatu Diskon dan atau promo adalah waktu yang tepat untuk dimanfaatkannya pasal di saat inilah, barang-barang tertentu memiliki potongan harga yang tentunya lebih murah dari biasanya. Sehingga dengan begitu, Anda bisa mengurangi pengeluaran pada bulan itu. Manfaatkan diskon-diskon besar, seperti;

  • Diskon akhir tahun
  • Diskon lebaran
  • Diskon di hari belanja online nasional

Namun demikian juga, harap dipastikan untuk bijak dalam menggunakan diskon, katakanlah Walaupun lebih murah, tentu harus disesuaikan kembali dengan budget Anda juga, bukan?Jangan sampai pengeluaran Anda malah jadi lebih budgeting, bisa berabe nantinya.

Carikan Penghasilan Tambahan atau usaha sampingan

Teruntuk Anda yang merasa penghasilan bulanan belum cukup, Cara mengatur keuangan dari kami yang terakhir ini bisa dilakukan. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan bulanan dengan cara:

  • Dengan Kerja paruh waktu
  • Dengan Membuat usaha
  • Dengan Berdagang di online shop,


Penting sekali untuk menerapkan tips mengatur keuangan setiap bulan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Awalnya mungkin akan terasa sulit dan berat untuk menerapkannya. Namun, apabila dilakukan secara terus-menerus pasti akan jadi terbiasa dan dapat merasakan manfaatnya. Selain itu, kami punya kabar gembira untuk semua pengguna aplikasi TrueMoney! Mulai dari bulan Oktober ini, aplikasi member dan agen TrueMoney akan terintegrasi dalam satu aplikasi saja. Jadi, Anda semakin dimudahkan untuk bertransaksi melalui aplikasi TrueMoney. Ditambah lagi, selama bulan Oktober ini ada promo spesial untuk agen TrueMoney, lho. Jadi, bagi Anda agen TrueMoney bisa mendapatkan komisi tambahan di setiap transaksi tagihan listrik yang dilakukan. Selamat bertransaksi!

Cara Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Bagi anda dan saya yang masih awam pandemi Covid19 memang belum tahu kapan semua ini berakhir. 

Akan tetapi yang sudah benar, kehidupan anda haruslah tetap berjalan seperti biasanya. Kemudian dengan Berusaha semaksimal mungkin sudah menjadi Hak dan kewajiban sebagai tulang punggung bagi keluarga anda.

Maka dari diperlukan sebuah Manajemen keuangan yang diperlukan Supaya semua tetap bisa tercukupi. Beberapa tips berikut ini, bisa kamu coba agar keuangan keluarga tetap bisa terkendali meski di tengah pandemi, diantaranya:

Dengam Cara Evaluasi Sumber Penghasilan

Dengan Cara itu, kita akan mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan mengevaluasi darimana kita mendapat penghasilan, serta berapa jumlahnya. Karena dengan evaluasi tersebut, kamu bisa memetakan antara pemasukan dengan hal-hal yang dibutuhkan. 

Selain itu juga  hingga angka detailnya. Pastikanlah pengeluaran tidak lebih besar dari yang kita dapaT

Memastikan Kebutuhan Pokok Sudah Terpenuhi

Adapaun dalam perihal yang Pertama pada saat ini adalah kebutuhan pokok. Pastikan poin ini sudah tercukupi terlebih dahulu seperti makan, pakaian dan tempat tinggal. Namun, bukan berarti kita harus panic buying ya. Waspada perlu, tapi jangan egois. Karena hal itu juga bisa merugikan diri sendiri.

Dengan cara Hindari Pembelian Barang yang Tak Dibutuhkan

Ketika kebutuhan pokok sudah kecukupan, lantas bukan berarti bisa foya-foya atau membeli seenaknya berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan.Ada Baiknya mengutamakan hal-hal penting terlebih dahulu.

Dengan mengurangi Membeli Makanan dari Luar

Lebih lanjut, selain cara mengatur keuangan rumah tangga di masa Pandemi yang cukup menyusahkan ini adalah dengan berhemat. Artinya anda bisa mulai menghindari atau mengurangi pembelian makanan dari luar. Lantas Sebagai gantinya, anda bisa membeli bahannya dan mengolah sendiri.

Untuk itu dalam menghindari harga yang mahal dan ongkos kirim yang tinggi, dengan membuat makanan sendiri, kita bisa lebih memastikan nutrisinya. 

Kemudian dengan Mengingat kini semua harus lebih menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat.

Dengan Mencari Hiburan yang Terjangkau

Meski begitu apapun di tengah keterbatasan akibat pandemi, sebagai manusia pasti kita juga merasa bosan dan butuh hiburan. 

Lalu tidak apalah sesekali anda mencari hiburan, namun dengan demikian jika hati yang senang juga dapat bantu menjaga imun tubuh. 

Akan tetapi, Agar diusahakan untuk mencari kesenangan yang terjangkau atau lebih hemat, seperti bermain game tradisional di rumah bersama keluarga, membaca buku dan lain sebagainya.

Dengan Mencari Sumber Penghasilan Lainnya

Apabila hal demikian memungkinkan, anda kuga bisa mencari sumber penghasilan lainnya. Seperti dengan memulai bisnis sebagai reseller atau dropship, mencari pekerjaan paruh waktu dan berbagai hal lainnya yang bisa membantu ekonomi keluarga.

Nah kalo Penasaran ingin mengetahui apa usaha online yang bisa dijadikan sampingan namun gampang, simak berikut ini! 

Usaha Dropshipper

Dengan Kerja sampingan di rumah satu ini paling gampang, tidak butuh modal, dan semuanya bisa. Kok bisa iya, Walaupun anda masih minim pengalaman, bahkan tidak tahu  masalah bisnis, tetap bisa jadi dropshipper.

Karena pada Intinya kamu cuma harus memasarkan barang biar laku dan banyak yang beli. Kamu tidak usah punya stok barang langsung atau beli barangnya dulu, gampang sekali bukan?

Lalu enaknya lagi,menjadi dropshipper anda juga bisa menentukan sendiri berapa untungnya sobat. Barang yang kamu pasarkan itu seolah-olah punyamu sendiri jadi, mau patok harga berapa juga sesuka hati. 

Menjadi PenTerjemah

Pada abad ini di Jaman sekarang, jasa penerjemah online mulai banyak dilihat pasalnya peminatnya juga lumayan. Anda bisa membuka jasa penerjemah ini sendiri atau bergabung dengan yang lain.

Dengan begitu lumayan banyak situs penerjemah besar yang secara berkala membuka lowongan penerjemah. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendaftar jadi penerjemah lepas dan menawarkan jasa sendiri. 

Dengan beKerja online dibayar ini modalnya juga minim loh, cuma butuh laptop saja. Asal, sebelumnya kamu sudah punya sertifikat yang membuktikan kamu memang kompeten di bahasa tersebut. 

Dengan Mengisi Survey

Usaha sampingan lainnya juga dengan Mengisi survey, biasanya kerja online dari rumah untuk pelajar atau kamu yang punya banyak waktu luang. 

Cara Kerjanya pun sangat mudah, anda cukup mengisi survey dengan berbagai topik yang disediakan. Lalu Tinggal baca, centang, baca, centang, dan begitu seterusnya, pertanyaan yang disediakan lebih seputar pengalaman sehari-hari. 

Kemudian Setelah itu selesai mengisi survey, baru kamu akan mendapat poin. Dari sini poin kemudian bisa ditukar dengan berbagai gift atau dicairkan langsung. 

Dengan Menjual Foto

Usaha sampingan lainnya adalah mungkin belum pada paham bagi sebagian orang, namun sebagian orang ininisaha online yang cukup menjanjikan. 

Adapun Maksud menjual foto disini bukan dijual langsung ya, atau dijual dalam bentuk cetak. Ini lebih kepada dijual secara digital, sehingga orang yang membeli memiliki hak pakai foto tersebut untuk kepentingannya, seperti menjual foto di situs situs besar ada Shutterstock, pexel dan Lainnya.

Selain yang dijelaskanntadi berikut ada Ide  Usaha Kreatif Menjanjikan dengan Modal yang Minim

Ide-ide Usaha Kreatif Menjanjikan dengan Modal yang Minim Terbaru

Untuk Ide usaha kreatif kalau cuma dipikirkan memang gampang, tidak ribet. Namun demikian hal tersebut Akan tetapi, kalau benar-benar dipikir pasti jadi pusing sendiri karena modalnya yang pasti lumayan.

Membuka Jasa Editing Video

Dengan membuka usaha sampingan yang satu ini, memang belum begitu trend. Namun seiringnya berkembang para konten kreator di peryutuban ide usaha ini cukup menjanjikan.

Nah, jika anda mempunyai skill di bidang ini ternyata ide bisnis kekinian bisa menjadi jalan Anda menembus kesuksesan. Dan saat ini belum terlalu banyak, jasa yang hanya membuka editing video. Jadi, Anda bisa memanfaatkan pasar dan peluang.

Dengan Modalnya juga termasuk minim, anda pasti sudah punya laptop di rumah bukan? Kalau begini tinggal poles kemampuan editing dan posting hasil karyamu untuk menarik calon customer. 

Dengan membuka Dekorasi Case Handphone

Ide usaha sampingan ini ternyata hanya Menyasar kaum milenial atau anak muda, usaha dekorasi case handphone termasuk lumayan, Pasalnya jika anda termasuk anak yang gaul dan tahu trend-trend terbaru seperti misalnya dunia KPOP. 

Membahas KPOP tidak pernah habis, dan salah satu item favorit mereka selain slogan atau pc yaitu case handphone. 

Selainnya Enak lagi, preorder bukan barang baru dan termasuk hal yang lumrah. Artinya, bisa dibilang ini usaha yang jarang rugi karena kamu menyediakan barang saat ada pesanan saja mudah kan?

Dengan Membuka Jasa Pembuatan Konten

Ide usaha yang satu ini adalah untuk Bagi Anda yang masih mahasiswa dan minim modal, sesuatu yang lebih butuh pikiran sepertinya cocok. Seperti ide bisnis unik mahasiswa selanjutnya yang akan dibahas, yaitu jasa pembuatan konten kreator.

Selain itu, dalam Bisnis konten kreator modalnya tidak banyak, tergantung konten apa yang akan ditekuni. Inti dari jasa ini lebih kepada kemampuan sobat untuk memikirkan jenis konten, pasar konten, tujuan konten, dan inti konten. 

Lebih lanjut, ketika membuat konten kamu juga harus tahu apa konten yang dibuat oleh saingan customer, dan seperti apa kontennya. Ini supaya konten yang dibuat bisa bersaing, tidak sama, dan juga menjadi trending. 

Dengan Membuka Bisnis Kerajinan Tangan

Ketika anda pernah mendengar DIY atau do it yourself, ada banyak marketplace eksklusif untuk itu. Inti dari barang-barang yang dijual di situs penjualan yang bertema DIY adalah hasil kerajinan tangan buatan sendiri. 

Misalnya anda bisa membuat syal, atau sepatu, tas, dompet, dan barang kerajinan tangan lain, jangan stop. Manfaatkan hal ini, di situs-situs DIY barang buatan tangan juga lebih dihargai. 

Mah untuk usaha Tidak seperti pada marketplace biasa, disana orang-orang sudah tahu berapa biaya bahan dan biaya pengerjaan. Jadi, kalau memasang harga mahal juga tidak masalah, pembeli paham dan pembeli seperti ini yang kamu butuhkan. Salah satu ide kreatif usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang, dan patut dicoba. 

Membuka Kuliner Kekinian

Membuka Kuliner yang Kekinian merupakan Ide bisnis kreatif makanan seperti kuliner kekinian sekarang sedang hits, dan banyak dicari.

Hal ini Sepertinya trend juga masih bertahan lama, dan belum akan berhenti. Anda tahu sendiri kan, saat pandemi ini semuanya serba media sosial, jadi banyak orang yang berburu obyek menarik. Salah satunya yang selalu ramai ya kuliner kekinian ini, tidak perlu modal besar, anda bisa juga membuat sistem pre order untuk ini. 

Menyiapkan Keuangan Keadaan yang Bersifat Darurat

Cara mengelola keuangan keluarga dimasa pandemi bseperti sekarang ini, ketika sudah mengatur setiap pos keuangan sebaik mungkin, memastikan kebutuhan pokok terpenuhi, bahkan bisa menghasilkan budget tambahan, sebaiknya kita mulai memikirkan untuk menyiapkan emergency fund, agar kedepannya kita setidaknya bisa merasa lebih tenang, dan menghindari kekacauan yang mungkin saja terjadi karena pandemi yang belum diketahui kapan berakhir ini. salah satunya dengan memilih produk asuransi.

Apa Pentingnya Dana Darurat

Dana darurat ternyata Ada kalanya di saat kebutuhan mendesak harus segera dipenuhi sementara anggaran yang dimiliki saat ini terbatas untuk kebutuhan penting lainnya. 

Jikalau apaBila terjadi sesuatu dan Kamu membutuhkan dana segar untuk menutupinya, maka dana darurat adalah jawabannya. Sebagai contoh, terjadi suatu bencana yang tidak diduga sebelumnya.

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Berikut ini merupakan beberapa cara sederhana untuk mempersiapkan dana darurat yang bisa anda pakai di tiru.

Pahami Kondisi Terkini Finansial Anda

Kesatu, perlu diketahui dulu cashflow Anda saat sekarang sehingga nantinya anda juga bisa tahu kira-kira berapa jumlah uang yang dapat disisihkan untuk berbagai keperluan seperti halnya investasi, menabung, serta mempersiapkan dana darurat.

Agar bisa mempermudah proses tersebut, Kamu bisa mencatatnya dalam pembukuan khusus finansial. 

Meskipun demikian akan berguna untuk memantau pengeluaran yang sebenarnya tidak penting dan berpotensi untuk dikurangi, metode ini juga akan memudahkan Kamu dalam menyisihkan uang khusus untuk dana darurat.

Tentukan Jumlah Dana yang Harus ditabung 

Misalnya, di dalam satu bulan, Kamu harus mempersiapkan setidaknya 5-10% dari total pendapatan khusus untuk emergency fund. Kamu dapat melakukan perhitungan prediktif atas hal-hal yang dimungkinkan akan terjadi nantinya. 

Contohnya, ada biaya perbaikan kendaraan mobil atau motor yang mogok sebesar Rp4.000.000. Juga kondisi rumah yang sedang terdampak bencana banjir dengan kerugian Rp5.000.000. Melalui kasus tersebut, artinya Kamu perlu menyiapkan dana sebesar Rp9.000.000. 

Beberapa perhitungan prediktif seperti yang sudah dicontohkan diatas dapat dijadikan sebagai acuan atau target bagi Kamu untuk mempersiapkan kebutuhan dana dadakan itu. Selain itu, Kamu juga bisa menambah contoh kasus lain dalam acuan tersebut, seperti keperluan sekolah anak, ekspansi bisnis, dan biaya berobat.

DiTekan Pengeluaran

Langkah mengurangi pengeluaran untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu mendesak itu penting untuk dilakukan. Kamu bisa mencari alternatif untuk produk atau jasa tertentu yang ditawarkan dengan harga lebih murah dipasaran, namun tentunya harus memiliki fungsi dan manfaat yang serupa.

Sebut saja produk deterjen. Asal bisa membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada pakaian juga memberikan wangi barang sedikit, itu sudah cukup. Kamu tidak perlu membeli deterjen dengan harga tinggi, toh hasilnya tidak jauh berbeda. Salah satu teknik yang bisa diterapkan untuk menekan total pengeluaran bulanan ini adalah dengan membuat sugesti pada diri sendiri untuk bersikap non-konsumtif.

Mulai sekarang Perlahan Namun Pasti 

Didalam cara mengelola keuangan keluarga anda yaitu mulai secara perlahan adalah tips lain dalam mempersiapkan emergency fund yang bisa Kamu jajal. 

Hal ini dinilai cukup penting yang harus diperhatikan ialah jangan terlalu paranoid saat hendak memulainya. Pasalnya, mempersiapkan sebuah dana bukan berarti harus mengalokasikan sebagian besar uang dimiliki secara langsung. 

Namun Perlu diingat, bshwpersiapan dana ini sifatnya jangka panjang dan bukanlah suatu hal yang bisa dikerjakan dengan cepat dan instan. Karenanya, mulailah secara perlahan, dengan catatan pengalokasian tersebut harus dilakukan secara rutin dan memiliki konsistensi dalam prakteknya. 

Itulah beberapa tips dalam mempersiapkan dana darurat yang bisa diterapkan. Kamu akan dituntut untuk bijak dalam mengelola finansial sembari memotivasi diri agar keuangan yang Kamu miliki bisa lebih siap ketika dibutuhkan nantinya. Sumber: truemoney