Widget HTML Atas

DIPAHAMI✓ SOP Tentang SDGs di desa terlengkap 2021

Mediabritarakyat - Pada ruang lingkup pembangunan desa, saat ini dibutuhkan arahan pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapangan, yaitu yang detil atau mikro, mencakup aspek metode, substansi, dan tujuan akhir.

Selain itu juga hal ini bertujuan agar tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu. 

Nah, sahabat perangkat desa di seluruh penjuru tanah air, Sustainable Development Goals (SDGs, atau kalau diartikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/TPB).

Meski begitu SDGs desa sebagai mengisi segenap kebutuhan dan SDGs juga menggabungkan seluruh konsep pembangunan yang pernah disusun manusia.

Hal ini, sebagai konferensi tingkat tinggi yang diselenggarakan Perserikatan Bangsabangsa (PBB) selama ini2: pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, pembangunan lingkungan, resiliensi terhadap bencana, kependudukan, dan sebagainya. SDGs memenuhi kebutuhan akan detil pembangunan yang lebih sesuai dengan kondisi riil dilapangan.

Di Indonesia sendiri, SDGs diterjemahkan sampai level desa menjadi SDGs Desa. 

Berdasarkan pengalaman penyusunan data mikro by name by address untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu 8 juta keluarga pemanfaat hanya dalam waktu 2 bulan.

Nah kali kini disadari bahwa mendata dari desa adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro.

Untuk itu kami akan membagikan SOP SDGs Desa sesuai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 5/PR/03.01/III Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data IDM (Indeks Desa Membangun) Berbasis SDGs Desa.

ilustrasi

Selain itu juga perlu adanya Kuisioner SDGs Desa Tahun 2021 sesuai SOP SDGs Desa sesuai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 5/PR/03.01/III Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data IDM (Indeks Desa Membangun) Berbasis SDGs Desa.

AMBIL DISINI SOP untuk pendataan SDGs di desa

AMBIL DISINI Isian SDGs di DESA