Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DIAMBIL SAJALAH, Contoh RAB Rencana Anggaran Biaya Desa Aman Covid-19 dan Acuan Desa Format Ms Word/Exel

Mediabrita - Sejak terjadi pandemi covid-19 memasuki Indonesia, Kemendes PDTT terus gencar menginformasikan covid-19serta upaya -upaya pencegahan kepada desa-desa.

Salah satunya termasuk prioritas penggunaan dana desa saat pandemi covid-19. 

Dalam Penggunaan dana desa untuk desa aman covid-19 misalnya untuk penyemprotan desinfektan, pembuatan posko penjagaan dan isolasi bagi warga desa yang baru saja kembali ke desanya atau yang terkena covid-19.

Ilustrasi juraganberdesa

Meski begitu, Penanganan di tingkat Desa tentunya hal ini sesuai dengan kewenangan berskala lokal adalah melakukan upaya tindakan pencegahan atau  preventif terkait dengan sosialisasi, pendataan, dan tindakan pencegahan lainnya. 

Lalu dalam Amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Pasal 5 ayat (2) yaitu: Prioritas Penggunaan Dana Desa diarahkan untuk program dan/atau kegiatan percepatan pencapaian SDGs Desa melalui:

  • pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Desa;
  • program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa; dan
  • adaptasi kebiasaan baru Desa.

Kemudiam disusul dalam Pasal 5 ayat (2) huruf c menjadi rujukan program Desa COVID-19 sekaligus mengedukasi masyarakat agar dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru desa untuk mewujudkan SDGs Desa yaitu:

  • SDGs Desa 3 : Desa Sehat dan Sejahtera
  • SDGs Desa 18 : Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif

Meski demikian, supaya tindakan yang dilakukan serius, terencana, terukur, dan terintegrasi, dalam pelaksanaannya.

Maka darinitu Desa harus membentuk Relawan Desa Aman COVID-19 yang merupakan transformasi dari Relawan Desa Lawan COVID-19 melalui Surat Keputusan Kepala Desa. 

Pasalnya, Hal ini sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa bagian lampiran (BAB II, Prioritas Penggunaan Dana Desa, huruf D tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, poin 1 huruf a dan b) yang terdiri dari berbagai elemen yang ada (Lihat Dokumen PDF).

Berikut kami sajikan contoh Kerangka Acuan Kerja dalam rangka mewujudkan Desa Aman COVID-19 dalam rangka melaksanakan program Adaptasi Kebiasaan Baru Desa

AMBIL DISINI CONTOH Kerangka Contoh acuan desa, MS WORD

Ambil DISINI CONTOH RAB DESA AMAN COVID, MS Exel