Widget HTML Atas

CONTOH dan Cara Membuat Peraturan Desa atau PERDES dalam Mengelola Sebuah Desa Wisata, Format Ms Word.

Mediabritarakyat - Perdes Atau Peraturan Desa tentang Pengelolaan Wisata Desa.

Perdes Atau Peraturan Desa tentang Pengelolaan Wisata Desa. Ini biasanya diterbitkan oleh Kepala Desa.

Ini bertujuan dalam rangka untuk menumbuh kembangkan perekonomian, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa yang berazaskan pada nilai-nilai demokrasi ekonomi, pengayoman, pemberdayaan dan keterbukaan, dapat dibentuk Unit Wisata Desa Yang Bernaung dibawah “BUMDES”.

Ilustrasi juraganberdesa

Meski demikian, Potensi sumberdaya dan modal pariwisata tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal melalui penyelenggaraan pariwisata alternatif. 

Namun, perlu diketahui bersama bahwa Salah satu dalam pendekatan perkembangan wisata yang alternatif adalah dengan membangun desa wisata.

Hal tersebut bertujuan untuk membangun pedesaan yang berkelanjutan dalam bidang pariwisata. 

Akan tetapi, Ramuan utama desa wisata diwujudkan dalam gaya hidup dan kualitas hidup masyarakatnya. 

Selain itu, Keaslian juga dipengaruhi keadaan ekonomi, fisik dan sosial daerah pedesaan tersebut, misalnya ruang, warisan budaya, kegiatan pertanian, bentangan alam, jasa, pariwisata sejarah dan budaya, serta pengalaman yang unik dan eksotis khas daerah. 

Nah Dengan demikian,dalam pemodelan desa wisata harus terus dan secara kreatif mengembangkan identitas atau ciri khas daerah.

Pada dasarnya, Desa wisata biasanya berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. 

Seperti Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. 

Sementara itu, faktor pendukung lainnya seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. 

meski begitu, Di luar faktor-faktor tersebut, sumberdaya alam dan lingkungan alam yang masih asli serta terjaga merupakan salah satu faktor penting dari sebuah kawasan desa wisata. 

Selain itu adanya, fasilitas yang seharusnya ada di suatu kawasan desa wisata antara lain: sarana transportasi, telekomunikasi, kesehatan, dan akomodasi. 

Nah, Khusus untuk sarana akomodasi, desa wisata dapat menyediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata (home stay) sehingga para pengunjung dapat merasakan suasana pedesaan yang masih asli.

Sementara , Melalui pembangunan pariwisata pedesaan atau desa wisata,makaupaya untuk meningkatkan percepatan pembangunan desa, memperluas, memeratakan kesempatan berusaha dan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat desa, mendorong pembangunan daerah, memperkenalkan dan mendayagunakan daya tarik wisata, destinasi desa wisata, serta memupuk rasa cinta tanah air dan mempererat persahabatan antarbangsa.

Dengan begitu akan semakin menyadarkan masyarakat desa membangun kemandirian dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Sehingga dengan hal tesebut diatas perlu adanya pembuatan SK pengelolaan desa wisata.

Demikian sedikit pembahasan tentang contoh PERDES pengelolaan desa wisata.

AMBIL DISINI COMTOH PERDES PENGELOLAAN DESA WISATA, FORMAT MS WORD