Widget HTML Atas

2 Hari lagi, panitia sebut sebanyak 5 orang sudah resmi daftar bakal calon kepala desa cikupa tasikmalaya

Mediabritarakyat -- Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Tasikmalaya resmi bakal digelar pada bulan April mendatang.

Hanya 2 hari lagi semenjak dibuka pendaftaran, setidaknya sudah ada 5 orang bakal calon telah resmi mendaftarkan diri pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya yang akan digelar 8 April 2021. 

Pemasangan spanduk pendaftaran pilkades

Dari 5 bakal calon yang sudah mendaftar, ada yang datang sendiri, didampingi istrinya juga oleh tim suksesnya.

Ketua Panitia Pilkades, Erik Priyatno mengatakan, hingga hari ini Rabu tanggal 3 Februari 2021 tercatat sudah ada 5 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon kades desa Cikupa.

Selain seleksi administrasi, mereka yang sudah mendaftar jika lebih dari 5 balon, Nantinya juga akan mengikuti seleksi kompetensi untuk menentukan 5 orang yang berhak maju, karena sesuai peraturan, Pilkades hanya boleh diikuti maksimal 5 orang calon kepala desa.

"Ini sesuai aturan, jika nanti kelebihan dari 5 kuota balon, maka lewat seleksi nanti," ujarnya, saat ditemui di Kantor Panitia, Rabu (3/2/2021).

Selain itu, dirinya menjelaskan, 5 orang bakal calon yang sudah mengembalikan berkas kepada panitia dan telah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala desa, telah lengkap berkasnya.

Sementara itu, jumlah hak pilih di Desa Cikupa berdasarkan data Pilbup 2020 yakni 4.962 orang.

Kendati demikian, panitia berharap Pilkades kali ini, dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman serta semua bakal calon yang sudah mendaftar agar mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

"Saya sudah sampaikan kepada seluruh bakal calon dan para pendukungnya, agar tetap menjaga situasi kondusif, baik, aman dan damai. Karena pada prinsipnya panitia itu netral, tidak ada kepentingan apapun," tegas Erik.

Desa Cikupa sendiri merupakan desa yang bakal mengikuti Pilkades Serentak pada tahun 2021 ini, bersama 2 desa lainnya di wilayah Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat yakni Desa Cidadap dan Kujang.

Penulis: Iman/ PanduDesa