Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mengecilkan Pipi Tembem Dengan Cepat Mudah dan Alami

Mediabritarakyat.my.id - Sampai sekarang, urusan penampilan menjadi hal yang sangat diperhatikan. 

Seiringnya perkembangan gaya hidup urban, serta pola pikir masyarakat kita yang kian hari kian terbuka, tentang “merawat wajah adalah urusan perempuan” menjadi semakin relevan.

Karenanya, banyak sekali klinik kecantikan di kota-kota besar yang secara khusus menawarkan treatment perawatan wajah yang ingin memperindah penampilannya. Selain itu, gambaran akan bentuk tubuh “ideal” yang sering kita lihat di berbagai media menimbulkan persepsi tersendiri di masyarakat.

Ilustrasi/istockphoto

Kendati demikian banyak yang menganggap bawah yang disebut “ideal” adalah mereka yang memiliki badan berotot, pipi tirus, hidung mancung, kulit putih, bibir tipis, dan sebagainya.

Kendati demikian, untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ia inginkan, sebagian masyarakat lantas melakukan cara-cara ekstrim seperti sedot lemak dan operasi plastik.

Karena cara tersebut memang terbilang yang cepat untuk mengubah bagian tubuh yang kita inginkan, namun tahukah kamu bahwa seberapa besar risiko yang bisa terjadi dalam melakukan hal tersebut?

Hal itu, mulai dari kecacatan sampai dengan kematian, lho! Oleh sebab itu, ada baiknya dalam melakukan perawatan tubuh, baik wajah atau apapun, lakukanlah secara alami.

Meski demikian, membutuhkan waktu yang agak lama, namun karena itu cara alami masih terbukti ampuh kok, termasuk digunakan sebagai cara mengecilkan pipi. Memang masalah pipi tembem memang kerap menjadi momok bagi banyak orang, tidak hanya wanita, pria pun turut merasakan hal yang sama.

Banyak referensi tentang kesehatan dan perawatan tubuh khusus pria sangat sedikit, maka dari itu, hari ini saya akan memberikan 

cara mengecilkan pipi tembem dengan cepat dan alami.

Terutama bagi kamu yang cukup terganggu dengan pipi tembemmu, nampaknya kamu harus menyimak baik-baik cara mengecilkan pipi yang akan saya berikan ini.

Tips kecilkan pipi tembem

Kamu Penasaran? Yuk simak langsung saja tipsnya!

1. Minum air putih yang banyak

Pernah dengan ungkapan, bahwa air putih merupakan obat dari segala penyakit? Pasti pernah ya?

Ternyata, khasiat minum air putih banyak bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengecilkan pipi kamu yang tembem. Karena, dengan mengkonsumsi banyak air putih yang banyak, metabolisme tubuh manusia akan meningkat hingga 24 persen.

Dengan begitu, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan, termasuk di bagian pipi yang tembem. Selain itu, meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, manfaat menjaga keseimbangan asupan cairan dalam tubuh adalah mencegah pembengkakan di wajah, serta membuat wajah lebih segar dan berseri.

2. Kurangi mengkonsumsi makanan manis dan asin secara berlebihan

Selepas meningkatkan konsumsi air putih, cara mengecilkan pipi selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan asin. Eits dengan begitu, kamu masih boleh kok makan makanan yang manis dan asin, namun atur pola makan kamu ya, jangan sampai asupan makanan manis dan asin yang masuk ke tubuh kamu jumlahnya berlebihan.

Kendati demikian, makanan manis dan asin memang terkenal banyak mengandung kalori dan lemak yang dapat pipi kamu menjadi semakin tembem. Mangkanya, ada baik juga menghindarinya!

3. Konsumsi makanan kaya serat

Loh, kamu enggak boleh mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis dan asin.

Sebagai alternatif cemilan atau makanan, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Apa saja makanan yang kaya serat itu? Contohnya seperti, kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah.

Ternyata, kandungan serat yang terdapat pada makanan diatas memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya dalam menurunkan berat badan dan kolesterol yang tinggi.

Kemudian, makanan kaya serat dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, membersihkan saluran pencernaan, melindungi tubuh dari penyakit usus besar, menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah, mengendalikan gula darah, serta memperlambat penyerapan glukosa.

Seperti itu, cara mengecilkan pipi yang satu ini bukan hanya bermanfaat bagi mengempiskan pipi tembem saja, namun juga berbagai macam penyakit lainnya ya.

4. Meninggalkan konsumsi alkohol dan junk food

Salahsatu alternatif dan metode lainnya mengkonsumsi makanan sehat sebagai cara mengecilkan pipi tembem kamu

Seharusnya dari ini sudah tidak ada alasan lagi untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Mulailah pola hidup yang lebih sehat, tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga sangat penting!

Dari total asupan kalori dari alkohol di kalangan peminum mencapai hampir 10 persen. Mengkonsumsi segelas wine membuat Anda mengkonsumsi 178 kalori seperti halnya mengunyah dua batang biskuit coklat.

Selain dari memabukkan, ternyata alkohol juga bisa menyebabkan kamu gendut loh!

5. Sering melakukan senam wajah

Adapun cara untuk mengecilkan pipi berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan senam wajah.

Banyak gerakan yang dapat kamu lakukan dalam melakukan senam wajah, di antaranya:

- Wajah ikan atau smiling fish.

cara menginginkan bentuk wajah seperti itu, yaitu dengan menjepit lemak pipi ke dalam menggunakan gigi atau seperti menyedot pipi ke dalam dan membuat wajah ikan. Sembari melakukan hal tersebut, cobalah untuk tersenyum, tahan posisi ini selama 15 detik dan ulangi hingga 5 kali.

- Mengembungkan mulut, caranya isi mulut dengan udara, lalu tekan udara ke pipi kanan, pipi kiri, atas bibir, dan dagu. Lakukan masing-masing satu menit. Gerakan memutar lidah merupakan cara yang terdengar cukup konyol memang, namun dengan memutar lidah dalam keadaan mulut tertutup, efektif mengurangi lemak yang tersimpan pada pipi Anda. Lakukan hal ini selama 15 menit. Putar lidah ke kanan lalu ke kiri.

Baca Juga: 5 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bruntusan

- Gerakan meniup balon juga terbukti efektif sebagai cara mengecilkan pipi. Dengan gerakan meniup balon otot pipimu akan ikut tergerak dan membuatnya menjadi lebih kencang. Caranya, cukup tiup balon, lalu lepaskan udara di balon tersebut, dan tiup lagi. Ulangi hal ini hingga 10 kali, lakukan dalam seminggu dan kamu merasakan hasilnya.

- Mengunyah permen karet juga termasuk ke dalam gerakan senam wajah. Gerakan mengunyah yang kita lakukan pada saat memakan permen karet terbukti sebagai cara mengecilkan pipi yang ampuh. Kunyah permen karet selama kurang lebih 20 menit untuk menghancurkan lemak pipi di wajah. Namun, pilih permen karet sugar free yang rendah kalori ya.

Dalam Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal American Society for Aesthetic Plastic Surgery mengungkapkan, senam wajah yang dilakukan dua kali sehari selama delapan minggu dapat membantu meningkatkan ketebalan otot dan peremajaan di wajah.

Dengan kata lain, ini akan berdampak pada pipi yang tampak lebih tirus dan awet muda. Patut dicoba!

6. Menggunakan handuk hangat

Emangnya dengan menggunakan handuk hangat kita bisa mengecilkan bagian pipi yang tembem?

Ternyata, bisa! Mengompres wajahmu dengan handuk hangat bisa membantu menghilangkan lemak di pipi.

Penyebabnya dikarenakan uap panas dari handuk akan membuat wajah menjadi berkeringat, yang artinya sedang terjadi pembakaran lemak di wajah kamu. Caranya, kamu hanya perlu merendam handuk dalam wadah berisi air hangat, tunggu beberapa saat hingga tidak terlalu panas, lalu peras handuk tersebut dan kompres bagian pipimu.

Lakukanlah secara cara mengecilkan pipi ini secara rutin, dan pipi kamu tidak akan lagi terlihat chubby.

7. Rajin dan Rutin berolahraga

Memang, cara ini merupakan cara mengecilkan pipi yang harus kamu lakukan setelah melakukan serangkaian cara mengecilkan pipi yang telah saya sebutkan di atas. 

Ternyata, apabila kamu sudah melalukan cara-cara tersebut, namun kamu tidak berolahraga, maka semua sama aja kamu memperlama proses mengecilnya pipi tembem kamu sendiri.

Olahraga itu diperlukan untuk memastikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya.

Lagian, dengan melakukan latihan olah fisik secara rutin, kamu tidak hanya dapat membakar lemak yang ada di pipi, namun juga lemak-lemak yang ada di bagian tubuh lainnya. Jadi, jangan malas olahraga ya!

Benar memang, melakukan serangkaian perawatan demi menjaga kebugaran tubuh kita. Karena, jika penampilan kita prima, tentu kita akan merasa lebih percaya diri dalam menjalani keseharian, bukan?

Namun karenanya, ada baiknya hal tersebut dilakukan demi kepentingan kesehatan kita semata, bukan karena tuntutan sosial atau stigma-stigma di masyarakat soal bentuk tubuh “ideal.” 


Sekian, cara mengecilkan pipi tembem bagi pria dengan cepat dan alami yang saya rekomendasikan untuk kamu.

Semoga itulah dapat bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.