Widget HTML Atas

Bukit Panyangrayan di Tasikmalaya, Destinasi Wisata Suguhkan Keindahan Alam

Bukit Panyangrayan di Tasikmalaya/ foto pangandarannews.com

Mediabritarakyat.my.id - Obyek Wisata Bukit Panyangrayan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sukaraja, Tasikmalaya, Jawa Barat Indonesia. Obyek ini adalah tempat wisata mulai dibuka 2 tahun silam dan sempat terbakar, kemudian sekarang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur.

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari. Saat kita memasuki wilayah Bukit Panyangrayan, kita langsung disuguhkan pemandangan indah dengan hamparan hijau karena di obyek wisata ini wisatawan dapat memetik buah pepaya jenis California yang ditanam warga.

Bukit Panyangrayan, memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda sedang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat tidak mengunjungi lokasi wisata ini.

Menurut Ketua Pengelola Wisata Bukit Panyangrayan, Dadang Saputra (55), di lahan ini sekarang ditanami Pepaya California yang digarap 12 petani warga setempat karena di lahan ini memang sangat cocok ditanami pepaya. Dikutip pangandarannews.com

Dikarenkana lahan milik Perhutani, maka, lanjut Dadang hasil pertanian tersebut harus disetor ke Perhutani sebesar 25 %. Dengan adanya penanaman Pepaya california di lokasi wisata Bukit Panyangrayan dapat membantu perekonomian warga setempat, sehingga memberikan nilai tambah menjadi lokasi wisata.

“Disini pengunjung bebas memetik pepaya, namun setelahnya harus bayar dengan harga Rp5 ribu untuk 1 buah pepaya, ” ungkapnya.

Meski demikian, pepaya yang ditanam warga selain dijual dengan cara dipetik sendiri kepada pngunjung hasil panen pepayanya pun diolah menjadi manisan oleh warga sekitar sebelumnya mengikuti pelatihan yang disediakan pihak pengelola wisata.

Lebih lanjut, Dadang menambahkan pembenahan fasilitas Wisata Panyangrayan terus ditingkatkan pelayanan serta penataan di sekitar objek wisata seperti tempat camping, perlebaran infrastruktur jalan biayanya didapat dari hasil parkir.

Sementara itu fasilitas pendukung yang telah dibangun, sebuah Mushola, kamar WC, lahan parkir , tempat untuk berswafoto, gazebo dan area food court.

"Alhamdulillah, pembukaan obyek wisata bukit Panyangrayan sendiri mendapat dukungan penuh dari pihak Kecamatan dan desa termasuk dari pihak keamanan polsek dan koramil Sukaraja, ”ucapnya.

Dini (30) Salah seorang penjual pepaya, mengatakan, hampir semua warung di lokasi obyek wisata menjual pepaya yang menjadi menjadi ciri khas wisata, dengan harga Rp2.500 per kilogram nya.

“Disini pengunjung juga bebas membeli, mau yang sudah ada di warung ataupun memilih sendiri langsung dari pohonnya, “ujar Dini.  Sumber/pangandarannews.com