Widget HTML Atas

Ribuan Pembalap Ikuti Pesona Alam Karangnunggal Adventure di Desa Cikupa

Sejumlah peserta yang berlaga dalam Pesona Alam Karangnunggal Adventure 2020 yang digelar oleh K-Track di Desa Cikupa, Tasikmalaya Jawa Barat, Sabtu (12/8/2020). (Iman/PanduDesa).

Ribuan pembalap mengikuti ajang Pesona Alam Karangnunggal Adventure2020 yang digelar dalam rangkaian peringatan menyusuri pesona alam di Karangnunggaldi Lapang Cikaret Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya,Sabtu, 12 September 2020.

Ketua Panitia, diwakili oleh penasehat kegiatan Pesona Alam Karangnunggal Adventure, H Oyeng Maryana mengemukakan jumlah peserta ternyata melebihi ekspektasi sampai lebih dari ribuan orang pembalap dari berbagai daerah di Indonesia, ada dari Bandung, Majalengka, Garut, Tasikmalaya dan wilayah lainnya termasuk dari Jawa Barat.

"Mereka tertarik dengan track dan medan di wilayah Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya, yang dikenal dengan Jumping yang terbentuk alami bukan buatan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri pembalap dari berbagai daerah, Ia mengaku tertantang dengan track yang disuguhkan panitia dengan tanjakan ekstrem.

Selain itu, H. Oyeng menambahkan bahwa kegiatan ini digelar yang pertama kalinya di Karangnunggal, sekaligus untuk meningkatkan tali Ukhuwah Islamiyah atau tali silaturahmi dan ajang mengenalkan potensi wisat yang ada di karangnunggal.

"Pada kegiatan kali ini sekaligus untuk menjalin tali silaturahmi, memperkenalkan promosi wisata, serta juga dapat meningkatkan ekonomi di desa," katanya.

Ia mengatakan, total ada ribuan pembalap yang hadir, kalau mereka katakan mereka belanja Rp 200 ribu  saja , bisa dibayangkan perputaran uang disini berapa, sehingga bisa mendongkrak ekonomi di masa pandemi.

Meski begitu, kegiatan ini tetap mematuhi ketat protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan, sesuai aturan dan izin dari gugus tugas covid19.

Selain itu, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak Pemerintah Desa, Kecamatan, Koramil, Kepolisian dan seluruh unsur yang terlibat, sehingga terlaksananya kegiatan ini.  Hadir juga Wagub Jawa Barat, H UU Ruzhanul Ulum, H Iwan Saputera dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu, dan kegiatan ini terlepas dari unsur politik.

Kegiatan ini mengambil start dan finis di Lapang Cikaret Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Penyelenggara menyiapkan track dengan jarak tempuh 50 hingga kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekitar 3-4 jam yang siap ditaklukkan oleh para pembalap.

Dari segi keamanan, panitia juga sudah seoptimal mungkin dan tidak mau kecolongan. Terdapat tiga pos evakuasi lengkap dengan tim medis di sepanjang jalur.

Saat digaris finis, penyelenggara sudah menyiapkan berbagai hadiah menarik yang bisa dibawa pulang oleh para pembalap. Di antaranya satu unit mobil, lima unit sepeda motor dan beragam hadiah lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikupa, Yudha Heryadhi mengapresiasi kegiatan Pesona Alam Karangnunggal Adventure yang dilaksanakan di Desanya, semoga kegiatan ini menjadi agenda tahunan.

Kendati demikian, di Era New Normal dirinya tetap menekankan akan pentingnya menerapkan protocol kesehatan yang ketat, memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Kegiatan Pesona Alam Karangnunggal Adventure, bisa menjadipromosi wisata yang ada di karangnunggal khususnya di desa cikupa, semogamenjadi kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan, namun protokol kesehatanharus diterapkan,” pungkasnya.

Penulis : Iman/PanduDesa