Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan (ERROR) Pemula dan Mudah Dipraktekkan

Cara mengatasi WA tidak bisa mengirim pesan, Permasalahan ini kerap terjadi ketika sedang menggunakan medsos yang satu ini. Anda sudah tepat mencarinya untuk solusi DISINI.

9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan (ERROR) Pemula dan Mudah Dipraktekkan
9 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan (ERROR) Pemula

WA tidak bisa mengirim pesan tapi bisa menerima sudah hal yang lumrah terjadi, ada beberapa hal yang menyebabkan tersebut.

Selin itu pula, GB WhatsApp tidak bisa mengirim pesan ini sebenarnya dapat dibenahi dengan beberapa tips dan trik.

WhatsApp tidak bisa balas chat memang sangat menjengkelkan ketika sedang dihadapi tugas kantor, sekolah atau dengan pujaan hati, cie cie serius nih?

Kenapa wa tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus sering kali menjadi pertanyaan dala hati kita, sudah dicek namun full sinyal.

Kenapa wa tidak bisa mengirim pesan padahal ada kuota, ini juga sudah di cek ternyata masih banyak juga, terkadang jadi bingung sendirian mau nanya malu, mau ke counter hp gak punya duit.

Eits tapi tenang guys, ini ada cara mengatasi WhatsApp Error tidak bisa mengirim pesan yang dapat jadi panduan anda jika hal ini terjadi.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan sebenarnya simpel dan dapat dilakukan pula oleh pemula dan gaptek sama sekali. Asal ikuti dan langkah step by stepnya. Baca terus di blog ini mediabritarakyat.my.id adalah bisa jadi solusinya.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim foto, juga bisa anda dapatkan sering terjadi ketika punya niatan mengirimkan sebuah gambar berformat jpg maupun PNG.

Cara mengatasi wa Error tidak bisa mengirim pesan ini bisa anda lakukan dengan sejumlah permasalahan terkait hal WhatsApp Error lainnya. Cukup mudah dipraktekkan kok, bahkan untuk para newbie atau pemula di dunia sosial media.

Cara Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan Pemula

1. Restart HP

Cara mengatasi WA tidak bisa mengirim pesan yang pertama silahkan di restart android anda, matikan kemudian hidupkan lagi rentan waktu beberapa menit.

2. Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan selanjutnya anda cek dahulu jaringan atau sinyal internet di hp nya. Jika sudah, jaringan full berarti bukan dari situ permasalahan nya. Lanjut ke step lanjutnya.

3. Pastikan Nomor Tidak Terblokir

Cara mengatasi WhatsApp Error tidak bisa mengirim pesan selanjutnya yaitu pastiin dahulu nomor yang dikirim sudah benar benar valid alias tidak diblok oleh penerima nya.

4. Pastikan Nomor Penerima Benar

Cara atasi wa tidak bisa kirim pesan selanjutnya juga harus dipastikan lagi nomor tujuan anda sudah benar dan valid.

5. Update WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp Error tidak bisa kirim foto atau pesan selanjutnya ada kalanya wa mesti di update lagi, jika sudah masuk kadaluarsa, bisa ikuti langkah instal ulang yang ada di play store.

6. Hapus Cache Data WhatsApp

Jika sudah ikuti cara mengatasi wa Error tidak bisa kirim pesan, diatas masih saja terjadi coba anda menghapus history data di WhatsApp anda, caranya seperti ini :

Silahkan, Buka menu Pengaturan

Kemudian Pilih Aplikasi dan notifikasi

Lalu, Pilih lagi Aplikasi.

Cari dan Temukan dan pilih aplikasi WhatsApp.

Nantinya akan Terlihat info aplikasi WhatsApp

Kemudian Silahkan pilih Penyimpanan.

Lalu, Pilih Hapus Data untuk menghapus data WhatsApp.

Klik dan Tap OK untuk konfirmasi.

Terakhir Selesai.

7. Kunci Jaringan ke LTE

Cara atasi wa Error selanjutnya ialah dengan mengunci jaringan ke LTE, Langkah ini mesti hati hati jangan salah pilih, karena akan dimungkinkan Error jika kita browsing di internet. Ikuti langkahnya sebagai berikut:

Pertama Masuk ke halaman Setting

Kedua Kemudian pilih SIM dan Jaringan

Ketiga Pilih kartu yang Anda gunakan untuk mengakses data internet

Keempat Pada bagian tipe jaringan, pilih LTE/4G only

8. Hidupkan Mode Pesawat

Cara mengatasi wa tidak bisa kirim pesan lainnya coba pindahkan ke mode pesawat, namun ingat hidupkan lagi ke mode sebelumnya ya, dan inilah langkahnya:

Silahkan Anda masuk ke Pengaturan

Kemudian Pilih mode pesawat

Lalu Hidupkan beberapa saat

Terkahir Setelah itu Anda hanya perlu mematikanya.

9. Matikan Mode Hemat Daya

Cara mengatasi wa tidak bisa mengirim foto, pesan dan file lainnya adalah dicoba saja dengan mematikan mode penghemat daya hp anda. Tujuannya agar power menjadi full dalam proses WhatsApp. Jika masih ragu silahkan langkah mudahnya seperti berikut:

Satu, Masuk ke Setting

Dua, Pilih Battery/Power Management

Tiga, Silahkan nonaktifkan tanda Battery Saver/Stamina Mode/Hemat Baterai.

Gunakan VPN

Jika cara atasi wa tidak dapat kirim pesan diatas masih belum bekerja dan ada hasilnya, langkah terakhir dan ini bisa dibilang ekstrem yaitu menggunakan VPN, namun ingat jangan dipakai untuk browser, takutnya ada hal yang tidak diinginkan.

Kemudian ada beberapa VPN yang dapat digunakan diantaranya:

ExpressVPN

Surfshark

NordVPN

ProtonVPN

IPVanish

FastestVPN

TorGuard

CyberGhost

Avira Phantom VPN

Penulis menyarankan sekali lagi langkah terakhir ini, dilakukan jika semua tips atasi wa tidak bisa mengirim pesan diatas tidak berhasil, soal resiko silahkan ditanggung anda sendiri. Sekali lagi semoga manfaat langkah ini, anda bahagia kami pun turut serta. WhatsApp Error hilang terkendali bye.