Widget HTML Atas

Inilah 5 Bantuan Bansos Bakal Cair 2022 Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, PEN Hingga Rp 414 Triliun

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, ternyata berbagai jenis bantuan sosial (bansos) masih bakal cair di tahun depan. Bansos tersebut bakal disalurkan mulai dari bulan Januari hingga Desember 2022. 

Dikutip dari economy.okezone.com dengan judul "5 Fakta Menarik Deretan Bansos yang Cair di 2022, berikut ini berbagai bantuan termasuk juga dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang masih terus berlanjut di 2022. Tercatat anggaran PEN 2022 yang sudah disiapkan tidak tanggung-tanggung mencapai Hingga Rp 414 triliun. 

Berikut beberapa jenis bansos tahun 2022 yang telah berhasil dirangkum di Jakarta, pada Kamis (30/12/2021), diantaranya sebagai berikut;

1. Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Hingga Rp 414 Triliun 

Anggaran bansos ini masuk ke dalam klaster perlindungan sosial di program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan anggaran yang disiapkan capai hingga Rp 414 triliun. Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dengan anggaran tersebut bakal digunakan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM. 

2. Disetujui Presiden Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan Presiden Joko WIdodo (Jokowi) sudah menyetujui 4 program baru dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 yang bakalan dibiayai melalui strategi front loading pada awal tahun. 

"Di tahun2022 ini, alokasi program PEN yang bakal kami dorong yaitu Rp 414,1 triliun," ungkap Airlangga dalam acara Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022 di Jakarta, Kamis (30/12/2021). 

Inilah 5 Bantuan Bansos Bakal Cair 2022 Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, PEN Hingga Rp 414 Triliun

3. Rincian Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 

Fokus dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun depan yakni meliputi bidang kesehatan dengan anggaran sebesar Rp 117,9 triliun, kemudain perlindungan masyarakat Rp 154,8 triliun serta dalam penguatan pemulihan ekonomi hingga Rp 141,4 triliun. 

Sementara itu, dalam anggaran bidang kesehatan Rp 117,9 triliun dan perlindungan masyarakat Rp 154,8 triliun masih bakalan disesuaikan sejalan perkembangan dalam penanganan pandemi. 

Tidak hanya itu, dalam anggaaran penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp1 41,4 triliun merupakan tagging atas program eksisting terhaadap Kementerian/Lembaga (K/L), TKDD dan pembiayaaan yang angkaanya masih bersifat sementara dan dalam proses koordinasi.

4. Program Anyar

Adapun dalam Ke 4 program baru dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 dianratanya sebagai berikut mulai dari subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 3% mulai pada bulan Januari s.d Juni 2022 serta perluasan program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) juga dengan adanya percepatan penyalurannya. 

Selain itu pula, bakal terdapat pula insentif pajak pertambahan nilai (PPN) yang merupakan tanggungan pemerintah (DTP) untuk jenis perumahan dan insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) DTP untuk jenis otomotif.   

5. Bansos yang Cair di 2022

- BLT Dana Desa 

BLT Dana Desa sebesar Rp 300 ribu tahun depan rencananya masih bakal disalurkan kepada masyarakat desa. 

- Kartu Prakerja 

Kartu Prakerja adalah merupakan bantuan berupa pelatihan keterammpilan kerja untuk masyarakat Indonesia. 

Pada Tahun 2022 mendatang, ternyata Kartu Prakerja masih membuka kesempatan untuk 2,9 juta peserta. Apabila melihat cakupan di tahun 2021, insentif yang bakalan diperoleh hingga Rp 3,5 juta. 

- Kartu Sembako

Untuk lanjut bantuan, yakni adanya Kartu Sembako Rp 300 ribu. Bantuan ini bakal disalurkn kepada 18,8 juta KPM. 

- Bansos PKH 

Program Keluarga Harapan (PKH) ialah meruapakan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) rencananya bakal disasar kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Tercataat dalam dari realisasi PKH 2021, bantuan tersebut bakal disalurkan setiap 3 bulan sekali dalam kurun waktu satu tahun. 

Bantuan PKH tersebut disalurkan kepada ibu hamil capai Rp 3 juta, anak usia dini hingga Rp 3 juta, anak siswa SD Rp 900 ribu, anak siswa SMP Rp 1,5 juta, anak siswa SMA Rp 2 juta, usia lansia 70 tahun ke atas Rp 2,4 juta, dan untuk kaum disabilitas hingga mencapai dengan Rp 2,4 juta. 

- Dukungan Program Kehilangan Pekerjaan 

Di tengah masa Pandemi Covid19 seperti sekarang ini membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan. Sehingga, Pemerintah berencana membuat program bansos untuk golongan masyarakat ini.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 5 Bantuan Bansos yang masih Bakal Cair pada tahun 2022, semoga bermanfaat dan menjadi informasi bagai masyarakat dan para sahabat yang sedang membutuhkan.