Widget HTML Atas

Polisi Gelar Operasi Simpatik, Yuk Simak Jenis dan Perbedaannya!

TASIKMALAYA, MEDIABRITA - Kepolisian Resor Polres Tasikmalaya Jawa Barat menggelar Operasi Simpatik mulai 29 November hingga 1 Desember 2021, di Depan Samsat Karangnunggal.

Polisi Gelar Operasi Simpatik, Yuk Simak Jenis dan Perbedaannya!
Polisi Gelar Operasi Simpatik; jurnalpolri

Kegiatan tersebut bakal dilaksanakan rajia kepada pengguna jalan raya, termasuk kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat.

Operasi Simpatik ini dilaksanakan gabungan bersama P3DW Kabupaten Tasikmalaya bersama Polres Tasikmalaya, Jasa Raharja, TNI/Polisi Militer, dan Dinas Perhubungan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dari Pajak kendaraan, selain itu juga untuk menekan penyebaran virus Covid-19 melalui imbauan disiplin protokol Kesehatan dengan cara membagikan Masker kepada para pengendara maupun warga sekitar.

Nah, tahukah anda bahwa nama operasi ada banyak jenis dan fungsinya yang berbeda pula? Yuk Simak Perbedaan Operasi yang sering dilaksanakan oleh Kepolisian.

Jenis Operasi Kepolisian

Selain Operasi Simpatik, kepolisian juga mempunyai beberapa operasi lain yang sering anda dengar diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Operasi Simpatik

2. Operasi Zebra 

3. Operasi patuh

4. Operasi Ketupat dan Operasi Lilin.

Seperti dilansir dari kompas.com menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin menjelaskan bahwa Perbedaan ketiganya adalah dalam tingkatan maupun persentase tindakan hukum dan waktu pelaksanaannya. 

Operasi Simpatik

Perlu diketahui bersama bahwa Operasi Simpatik pada awal mulanya dilaksanakan ketika menjelang Hari Ulang Tahun Korps Bhayangkara atau Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Biasanya dalam Operasi ini dilaksanakan dengan berbagai cara yang simpatik, hal tersebut berguna untuk menggugah kesadaran bagi pengendara sendiri.

Sehingga, operasi simpatik ini digunakan berguna untuk meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas, sementara itu untuk tindakan hukum yang dilakukan kepada pelanggar juga tidaklaj sebesar operasi-operasi lain.

Menurut Benyamin, menambahkan sejatinya pada Operasi Simpatik itu hampir tidak ada tindakan hukum, jadinya hanya mengingatkan. Dalam penindakan hanya sekitar 20 persen kemudian sisanya himbauan atau pemberitahuan, dan biasanya operasi simpatik itu cenderung dalam rangka persiapan HUT Polri.

Operasi Zebra

Sementara itu kalau Operasi Zebra merupakan operasi cipta kondisi yang bertujuan untuk menjaga situasi keamanan dan kondusifitas. Selain itu, Operasi itu mengambil nama dari jalur atau perlintasan jalan penyebrangan yaitu Zebra Cross.

Benyamin menambahkan, bahwa untuk Operasi Zebra ini biasanya dilaksanakan ketika menjelang hari natal maupun menjelang tahun baru. Lalu untuk tindakan atau sanksi pada operasi zebra inipun cukup tinggi.

Menurut Benyamin menambahkan bahwa Operasi Zebra merupakan operasi dalam rangka persiapan untuk menjelang hari natal, akan tetapi sekarang ini berubah tetap dilaksanakan meski di luar hari itupun. Dan dalam penindakannya 60 persen sementara untuk prefentifnya sebesar 40 persen.

Operasi Patuh

Dalam Operasi Patuh mempunyai banyak sebutan hal tersebut tergantung kepada daerah masing-masing. Misalnya untuk Di DKI Jakarta disebut dengan Operasi Patuh Jaya, di Kalimantan Selatan disebut Operasi Patuh Intan, Kalimantan Tengah Operasi Patuh Telabang dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui juga bahwa dalam Operasi Patuh tersebut, kepolisian tidak segan untuk memberlakukan tilang. Sementara untuk Target operasi itu pun cukup luas, misalnya mulai pelanggar surat kendaraan, pelanggar rambu lalu lintas atau kelayakan kondisi kendaraan, sampai sampai dengan razia rotator dan sirine.

Dalam menjalankan Operasi Patuh dilaksanakan di tempat tempat yang mempunyai potensi terjadi pelanggaran, seperti titik titik simpul kemacetan.

Dalam Operasi Patuh inipun diberlakukan penindakan paling tinggi yaitu 80 persen. Namun untuk sekarang tindakan nya hanya sekitar 60 persen dan prefentif nya sekitar 40 persen tambah Benyamin.

Operasi Ketupat dan Lilin

Nah untuk dalam Operasi Ketupat dan Operasi Lilin merupakan untuk operasi kemanusiaan. Biasanya Operasi Ketupat dilaksanakan khusus dalam penanganan arus mudik dan balik pada hari raya lebaran, sementara untuk Operasi Lilin dilaksanakan untuk pengaman natal dan tahun baru.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan dalam operasi simpatik, Operasi Zebra, Operasi Patuh dan Operasi Ketupat dan lilin. Semoga bermanfaat dan senantiasa dapat mematuhi berlalu lintas.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.