Widget HTML Atas

Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru

Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru

Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru
Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA, pada postingan kali ini kami akan memberikan Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru 2022.

Jika pada saat ini diantara para sahabat sedang membutuhkan Contoh Proposal Desa Cerdas tepat sekali membaca di MEDIABRITA, karena kami akan memberikan Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru khusus untuk sahabat setia pembaca.

Tentunya Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas ini dalam format Ms word yang akan memudahkan para sahabat dalam edit sesuai dengan desa sahabat.

Nah sebelum itu agar lebih memahami dahulu seperti apa isi dari Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru, mending simak dahulu dibawah ini:

Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru

Berikut ini adalah contoh dari proposal desa cerdas yang telah berhasil kami berikan, semoga bermanfaat.

Adapun dalam Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru, khusunya berkaitan dengan Misi prioritas Pembangunan Desa sebagaimana dalam SDGs desa dintaranya:

Bidang Ekonomi

Bersama-sama dengan lembaga Desa yang ada (BPD dan LPM) program prioritas yang ingin dicapai ialah “One Village One Product”.

Hal itu pasalnya juga menginginkan desa mempunyai suatu produk unggulan dari sumber daya alam yang muda di dapat didesa, cara penentuan produk unggulan tersebut bisa di dapat dari dua cara yaitu dengan melihat potensi masyarakat sekitar atau cukup mengembangkan usaha yang sudah ada di desa yang memiliki daya jual baik sehingga dapat bersaing dengan produk lain.

Sebetulnya program ini sudah di jalankan pada pemerintahan sebelumnya, kami ingin menguppayakan program bantuan untuk usaha mikro kecil menengah (UKM) bagi semua kegiatan yang berkaitan denga bidang ekonomi bukan hanya ekonomi kami akan membantu di segala bidang selagi memiliki daya jual yang baik untuk di pasarkan.

Bidang Pertanian

Program di bidang pertanian berhubungan juga kepada salah satu visi kami yaitu di kesejjahteraan masyarakat, didalam bidang pertanian kami akan menjalin hubungan dan selalu berkoordinasi dengan kelompok Tani dan Dinas Pertanian sertta petugas pertanian yang ada di wilayah kecamatan jugga Dinas yang llain seperti dinas Pengaiaran dalam rangka peningkatan hasil pertanian.

Selain itu saya akann melakukan pelatihan yang berkelanjuttan dibidang pertanian sehinggga dappat menambah wawasan petanii mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan pertanian, dalam hal ini saya akan berkoordinasi dengan dinas terkait. 

Kemudian saya juga ingin membbangun saluran irigasi, drainase dan lain lain yang dapat memudahhkan sarana perairan bagi petani di desa ......... sebagai wujud perrhatian saya kepada para petani.

Bidang Lingkungan dan Kesehatan

Bersama-sama Perangkat Desa dan Lembaga Desa sertta masyarakat sayya ingin mencipttakan desa menjadi desa yang rrama lingkungan dan sehat bagi seluru elemen masyrakat, didallam bidang lingkungan dan kesehatan saya mengusung sebuah program Rumah Tangga Layak Huni (RTLH)

Program ini meruppakan sebuah program dari pemerintah daerah, alasan saya mendukkung karena menurut saya program ini cocok untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehinggga dapat mengurangi angka kemiskinan.

Kemudian dari aspek interen pemerintah desa kami akaan melakukan gerakan gotong royong selama seminggu sekali atau kondisional dimulai dari gotong royong di makam yang ada di desa serta kami akan melakukkan gotomg royong kesetiap dusun, dalam hal ini kami akan mengajak toko masyarakat serta mengajak masyarakat sekitaar untuk ikut serta dalaam acara tersebut sehingga timbul rasa tanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Dalam program kami salah satunya adalah pengadaan jamban sehat untuk masyarakat yang memang membutuhkan jamban, program ini memang menjadi proggram prioritas dari pemerintah kabupaten dan kami endukung sepenuhhnya program tersebut karena kami meniilai program tersebut memang tepat untuk desa.

Kemudian didalam pelayanan di desa saya akan mewajibkan tidak ada penolakan suatu permiintaan dari masyarakat selama hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku serta tidak keluar dari aturan agama.

Selain itu saya akan membbuka pelayanan satu pintu untuk segala jenis pelayanan seperti contoh pellayanan yang berhubungan dengan intansi intansi tertentu hal ini saya lakukan untuk mencegah sebuuah terjadinya pungutan liar.

Bidang perpajakan

Dalam hal bidang perpajakkan selama saya menjabat saya akan membebaskan bebas pajak bagi pekaranggan masyaraakat.

Mengutip dari RPJM DESA Tahun 2021-2027

Desa memegang peranan pentiing dalam pembangunan nasional. Bukan hanyalah dikarenakan sebagian besar rakyat Indonesia bertemppat tinggal di desa, tetappi desa memberikan sumbangan besar dalam menciptakan stabilitas nasional. Pembbangunan desa merupakan bagian dari rangkaian pembangunan nasional. Berbaagai bentuk dan prograam untuk mendorong percepatan pembangunan kawasan perdesaaan telah dilakukan oleh pemerintah, namun hasilnya masih belum signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejaahteraan masyarakat. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), mayorritas penduduk miskin di Indonesia mendiami kawasan perdesaan. Rendahhnya kesejahteraan masyarakat di kawasan perdesaan disebabkan antarra lain oleh penyebaran sumberdaya ekonoomi yang tidak merata antara desa dan kota.

Desa-desa di Indonesia memiliki ciri khas unik tersenndiri serta permasalahhan yang berbeda. Persoalan ekonomi massih menjadi kendala bagi tercapainya Smart Village. Menurut Kementeerian Desa, Pembangunan Daeerah Tertinggal dan Transmigrasi, meskipuun pembangunan ekonnomi khususnya sektor produksi telah diintervensi melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun secara kelembaggaan, reformasi perdesaan masih mengalami kendala diberbagai lintas sector yang ada di Desa.

Dalam konsep Desa cerdas, konssep menjadi lebih baik diukkur dengan melihat kinerja pengealolaan sumber daya yang ada sehingga menjadi lebih efisien, berkelanjjutan dan melibatkan beragam elemen masyarrakat. Konsep Smart Village dibuttuhkan agar Desa tersebbut mampu mengetahuui permasalahan yang ada (sensing), memahami kondisii permasalahan tersebut (understanding), dan dapat mengatur (controlling) berbaggai sumber daya yang aada untuk digunakan secara efektif dan efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganyya.

Dengan diberlakuukannya Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tenttang Desa maka menjaddi peluang yang sangat besar bagi setiap Desa yang ada di Indonesia untuk bisa mengembanngkan setiap potensi yang dimilikinya secara mandiiri sesuai kebutuhhan masing-masing daalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Potensi Desa adalah daya, kekuatan, kesanggupan dan kemampuan yangg dimilikki oleh suatu Desa yang mempunyyai kemungkinan untuk dapat dikembangkan dallam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa tersebut.

Kami merasa bahwwa program Desa Cerdas merupakkan program yang tepat dan sejalan dengan visi misi darri Kepala Desa terpilih, sehingga kami ingin mengikkuti Desa Cerdas (Smart Village) sehingga harapan kammi tentang desa immpian kami tercapai.

Konsep Smart Village

Di Indonesia hingga saatt ini belumm ada acuan yang pasti bagaimana sebuah desa itu dapat dikatakan sebbagai smart village, sehinggga untuk mewujudkan smart village ini yang terdekat atau yang sesuai adalllah mengacu pada konsep smart city, yaitu teori Cohen menyebutkann bahwa kota cerdas diidentifikasikan pada 6 (enam) dimensi. Menurutt Cohen dimensi pertama yang ada pada smart village yaitttu dimensi smart government mengacu pada prinsip good governance. Kunci utama pemerintahan yang cerdas bertujjuan untuk mengurangi kesenjangan di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan adallah tidak hanya memeratakan pembangunan fisik di setiap daerah, tetapi juga peningkattan profesionalisme kinerja aparatur yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat dengan didukungg oleh kecanggihan teknologi. Sedangkan dimensi yang lainnnya adalahh smart economy (ekonomi cerdas), smart society (kehidupan sosial cerdas), smart mobility (mobilitas cerdas), smart environment (lingkungan cerdas), dann quality of live (hidup berkualitas).

Jika melihat prinsip good governance makka prinsip-prinsip berikkut dappat diterapkan dalamm mewujudkan smart governance pada smart village adallah sebaggai berikut:

Transparansi atau keterbukaan daalam penyelenggaraan pemerintahan dapat diwujudkan melallui berbagai cara yaitu denggan penyampaian informasi secara langsung kepadda masyarakat dalam berbagai pertemuan masyarakat desa, pemasangan berbaagai informasi di papan pengumuman, atau mungkin dapat membuat website pemerintah desa untuk menampilkan segala informasi terkait program dan pengggunaan anggaran padda suatu desa.

Partisipasi, pemerintah desa dapatt melibatkan partisipasi atau keikutsertaan masyarakat dalam penyelengggaraan pemerintahan desa. Bentuk partisipasi masyarakat antara lain dalam perencannaan pembangunan desa, partisipasi politik dan partisipasi dalam berbagai kegiatan atau program desa.

Akuntabilitas, wujud akuntabilitas atau pertanggungjawabban pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dapat dilakukkan antara lain dengan menyampaikan laporan keterangan penyelengaraan pemerintahan secara terttulis kepada Badan Permusyawaratan Desa setiap akhir tahun anggaran.

Penegakan Hukum, dalam penyelenggaaraan pemerintahan desa, Pemerintah Desa harus bertinddak berdasarkan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan semua peraturan pelaksanaan tentang desa. Bentuk penegakan hukum yang lain adalah pemberiaan sanksi bagi perangkat desa yang terbukti melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sanksi tersebbut dappat berupa surat peringatan sampai 3 kali dan pemberhentian apabila telah terbukti melanggar.

Daya Tanggap, pemerintah desa harrus peka dan cepat tanggap dallam menanggapi aspirasi masyarrakat serta menghadapi persoalan yang terjadi dimasyarakat. Hal terseebut dapat didukung denggan fasilitas layanan pengaduan masyarakat berupa kotak surat pengaduan, pengaduan secara langsung, telepon dan sms.

Keadilan, prinsip keadilan di desa daapat dilakukan dengan merekrut sdm yang berkompten dibidanngnya tanpa melihat jenis kelamin status sosial atau kedudukannya di masyarakat akan tetapi harus didasarrkan kompetensi yang dimiliki misalnya saja merekrut perangkat desa yang memiliki latar belakang pemerintahan atau hukum.

Efektivitas dan Efisiensi, menerrapkan optimalisasi SOP (Standar Operasional Pelayanan) keppada masyarakat padda kantor pelayanan umum sebaggai bentuk pelayanan publik berupa jasa layanan administrasi yang bersifat umum seperti kependudukan, pernikahan ataupun surat keterangan lainnya.

Orientasi pada kesepakatan, dallam menyelesaikan berbagai permassalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat, pemerintah desa harus mengutamakan musyawarah, mufakat dengan dilandasi semangat kekeluargaan. Sebbagai contoh permasalahan yang diselesaikan secara musyawarah di desa antarra lain pembagian waris, batas tanah, perselisihan warga, perselisihan rumah tangga dan kenakalan remaja.

Visi Strategis, dalamm pemerintahan desa kepala desa harus memillliki persepktif yang luas dan jangka panjang tentang penyelenggaraan pemerintahan pada desa terseebut setiap kepala desa harrrus memahami potensi appa yang ada di desa terseebut yang dapat difokuskan unttuk dikembangkan sehinggga dapat meemicu perekonomian atau meningkatkan kesejahhteraan masyarakat yang ada di desa.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru, yang telah berhasil kami berikan. Akan tetapi jika sahabat pada saat ini sedang membutuhkan Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru sahabat bisa men download nya dibawah akhir artikel ini. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih salam merdesa!

Link Download Contoh Proposal Desa Cerdas Terbaru AMBIL DISINI

Lampiran Proposal Desa cerdas 

AMBIL DISINI 1

AMBIL DISINI 3

AMBIL DISINI 4