Widget HTML Atas

Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya

Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya

Halo shabat pembaca MEDIABRITA selamat datang pada postingan kali ini kami akan membagikan terkait Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya.

Hal ini karena Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menetapkan setiap tanggal 26 Juli adalah hari jadi atau Hari Ulang Tahunnya. 

Pada Tahun 2021 ini, Kabupaten Tasikmalaya yang masuk Provinsi Jawa Barat tengah memasuki usia yang sudah tidak muda lagi yakni ke-389 tahun. 

Adanya Pembentukkan Kabupaten Tasikmalaya ini semmua takk terlepas dri adanya kerajaan Galungung.

Kerajaan Galunggung sendiri diketahui telah berdiri sejak pada tanggal 13 Bhadrapada 1033 Saka atau tepatnya 21 Agustus 1111, dengan raja penguasa pertama yakni Batari Hyang. 

Hal ini berdasarkan fakta dilapangan dengan ditemukannya Prasasti Geger Hanjuang di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya.

Adanya Prasasti Geger Hanjuang tersebut dianggap sebagai bukti otentik terhadap telah ada semenjak Kerajaan Galunggung. 

Prasasti itu berupa batu hitam yang bertuliskan bahasa Sunda itu ditemukan oleh K.F Holle pada tahun 1877. 

Prasasti Geger Hanjuang tersebut berukuran dengan tinggi 80 centimeter dan memiliki lebar 60 meter itu berisi bahasa Sunda kuno yang berbunyi "tra ba i guna apuy na sta gomati sakakala ru mata k disusu(k) ku batari hyang pun arti-nya pda thn 1033 (Saka) (ibukota) Ruma(n) tidakk diperkuat (pertahanannya) oleh Batari Hyang.

Nah, bermula Sang Batari inilah mengemuka dgn ajaran yang dikenal sebagai Sang Hyang Siksakandang Karesian. 

Ajarannya tersebut masih dijadikkan ajaran resmi pada zaman Prabu Siliwangi (1482-1521 M) yang mempunyai tahta di Pakuan Pajajaran. Kerajaan Galunggung ini pernah bertahan sampai 6 raja berikutnya yang masih keturunan dari Batari Hyang.

Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya
Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya

Sejarah Kabupaten Tasikmalaya pda Perriode selanjut-nya ialah periode di mana pemerintahhan di Sukakerta dgn ibu kota di Dayeuh Tengah (sekarang termasuk dlm Kecamatan Salopa) ygn merupakkan salah satu daerah dibawah dari Kerajaan Pajajaran.

Sementara itu, Penguasa pertama ialah Sri Gading Anteg yg se masa hidupnya sezaman dgn Prabu Siliwangi. Dalem Sukakerta merupakkan sbg penerus tahta diperkkirakan sejaman dengan Prabu Surawisesa 1521-1535 M Raja Pajajaran yng mengggantikan Prabu Siliwangi.

Pembentukkan Kabupaten Tasikmalaya pd perkembangan+nya tidak terlepas dari piagam Sultan Agung Mataram. Pada Piagam itu, terbit akibat dari penahanan Wedana Priangan Pengeran Dipati Rangga Gede oleh Mataram. Kemudian Jabatan itu diberikkan oleh Sultan Agung Mataram kpd Dipati ukur, namun dgn syarat harus merebut wilayah Batavia dari pasukan VOC.

Lebih kanjut, tepat pada Tahun 1628 Sultan Agung memerintahkan Dipati Ukur membantu pasukan mataram utk merebut Batavia, akan tetapi serangan tersebut berakhir dngan kegagalan. Sadar terhadap yg berbuah pada hukuman, Dipati Ukur dan pasukan-nya membangkang thdp Mataram. Kemudian akhirnya, Sultan Agung Mataram meminta kpd beberapa penguasa priangan utk mencari dan menangkap Dipati Ukur.

Lalu Atas prestasinya dalam menangkap Dipati Ukur, Ki Wirawangsa ygm  merupakan penguasa Umbul Sukakerta sbg bagian dri Kerajaan Mataram diangkat mjd Bupati Sukapura dgn gelar Tumenggung Wiradadaha.

Pengukuuhan ki Wirawangsa ini dimakknai sbg awal pembebassan Sukapura dari pengaruh Mataram krn sejak saat itu Bupati Sukapura dibebaskan dari kewajiban upeti.

Nah, Setelah pengangkatan Ki Wirawangsa sebagai Bupati, Ibukota Sukapura yg pada awalnya di Dayeuh Tengah kalo sekarang masuk Kecamatan Salopa berpindah ke Leuwi loa atau Desa Sukapura Kecamatan Sukaraja.

Adanya Perpindahan ibukota tersebut terjadi pada kekuasaan Wiradadaha VIII. Perpindahhan ibu kota dari Sukapura ke Manonjaya tjdi Krn kekuasaan Sukapura cukup luas membentang dari sebagaian wilayah Kabupaten Garut sampai dengan Kabupaten Pangandaran saat ini.

Sesuah beliau Wiradadaha VIII wafat, kemudian beliau digantikan oleh adiknya R.T Danuningrat dgn gelar Wiradadaha XI dan berhasil membangun Kota Manonjaya.

Ibu Kota Manonjaya itupun berlangsung selama 3(tiga) periode kepemimpinan yakni Raden Rangga Wiradimanggala atau Bupati Sukapura X, Raden Wiraadegdaha atau Bupati Sukapura XI, dan R.T Wirahadiningrat atau Bupati Sukapura XII.

Sehinngga pda periode pemerintahan Raden Rangga Wiratanuwangsa atau R.T Prawiraadiningrat atau Bupati Sukapura XII yng memerinntah tahun 1901-1908, perpindahan ibu kota dari Manonjaya ke Tasikmalaya tjdi pd tgl 1 Oktober 1901.

Adanya Perubahan nama dari Kabupaten Sukapura menjadi Tasikmalaya terjadi pada saat pemerintahan di bawah pimpinan R.T Wiratanuningrat yayaitu pada tgl 1 Januari 1913. Lalu Ia diangkat oleh Pemerintah Belanda mjd Bupati Tasikmalaya pertama sesuai perubahan nama. Ia memimpin hingga tahun 1937.

Nah, setelah kita mengetahui terkait sejarah sari Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap .

Kita sebagai generasi penerus yuk dukung dan semarakkan HUT atau hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ini dengan cara simple yaitu dengan memasang twibnon bertemakan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya.

Berikut ini adalah link twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya.

Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya

HARI JADI KABUPATEN TASIKMALAYA link DISINI https://www.twibbonize.com/tasik389

https://www.twibbonize.com/milangkakabtasikmalayaka389tahun

https://www.twibbonize.com/harijadikabtsm

https://www.twibbonize.com/harijaditasikmalaya

https://www.twibbonize.com/milangkakabtasikmalayaka389th

https://www.twibbonize.com/ekbangsetdakabtasik

https://www.twibbonize.com/milangkalakabtasik

Nah, itulah twibbon hari jadi kabupaten Tasikmalaya yang kami sediakan, jika saat ini para sahabat adanyg blm mengetahui cara membuatnya silahkan simak terlebih dahulu.

Pertama, klik link HUT kabupaten Tasikmalaya yang telah disediakan.

Kedua, upload foto terbaik sahabat. Atur dan sesuaikan dgn cara mencubit fot di Handphone atau android.

Ketiga, Download foto hasilnya lalu siap dibagikan ke medsos para sahabat.

Demikian ulasan kali ini mengenai Twibbon Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-389, 26 Juli Lengkap Dengan Sejarahnya, semoga bermanfaat dan salam sehat.