Widget HTML Atas

Cara Mudah Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia

Cara Mudah Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA selamat datang, pada postingan kali ini Kami akan memberikan cara Cara Mudah Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia.

Seperti dilansir website resmi alodokter.com Anosmia merupakan hilangnya kemampuan terkait indra penciuman. 

Dalam hal mengatasinitu, tentu ada beberapa cara mudah dalam mengembalikan hilangnya indra penciuman sebagai akibat dari anosmia. Cara ini cukup mudah dan praktis, dan dapat dilakukan sendirian ajah di rumah.

Cara Mudah Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia
Cara Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia/pixabay

Anosmia terjadi ketika hilangnya indra penciuman sehingga tidak dapat mencium sesuatu, seperti aroma minyak wangi atau wangi-wangiannya yang menyengat. 

Adapula beberapa penyebab anosmia, sepwrti mulai dari hidung tersumbat karena pilek, polip hidung, bahkan hingga COVID-19.

Tidak hanya itu, para penderita pilek, anosmia umumnya bakalan hilang saat hawa dingin mereda. 

Sementara itu jikalau terhadap penderita COVID-19, anosmia sendiri bakalan bertahan sedikit lebih lama dan hal ini dapat diatasi dengan melakukkan beberapa cara mudah mengembalikan hilangnya indra penciuman, seperti dari mulai dari pelatihan Indra penciuman sampai dengan pemberian obat-obatan.

Cara Mudah Mengembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia

Anosmia sendiri bisa mereda dengan sendirinya dalam waktu hitungan minggu atau bulan bahkan adapula yang bersifat permanen. 

Meski begitu, ada cara mudah mengatasi anosmia yang dapat sahabat lakukan di rumah supaya mengembalikan hilangnya indra penciuman dengan lebih cepat, yakni sebagai berikut:

1. Latihan Indra Penciuman

Latihan Indra penciuman dilakukan dgn mengandalkan ingatan tentang aroma hal ini untuk mengaktifkan kembali saraf-saraf penciuman. Latihan ini juga dengan melibatkan penciuman berulang dari banyak aroma, seperti minyak wangi, buah, lemon, mawar, cengkeh, dan kayu putih.

Semua aroma dihirup secara bergantian dalam hitungan selama 15–20 detik. Ketika menghirupnya, usahakkan agar bisa mengingat seperti apa aroma dari bahan-bahan itu. 

Dengan membayangi bau pada suatu objek diduga Dpt melatih kerja ujung saraf indra penciuman.

Cara mudah mengembalikan hilangnya indra penciuman yang satu ini bisa Sahabat lakukan dengan rentang waktu 2–3 kali sehari setidaknya selama 3 bulan. 

Penelitian menunjukan bahhwa terjadi peningkatan kemampuan indra penciuman kepada penderita COVID-19 yang telah mengalami anosmia sesudah melakukan latihan tersebut..

2. Minum teh jahe

Teh jahe juga disinyalir dapat sahabat gunakan Dalam mengatasi anosmia. Jahe sendiri mempunyai aroma khas dan menyengat yang bisa membantu sahabat dalam melatih indra penciuman.

Tidak hanya itu saja, dengan minum teh jahe Ketika hidung tersumbat juga busa meredakkan peradangan pada saluran pernapasan sekaligus dapat mengurangi pembentukan lendir yang dapat menyumbat saluran hidung.

Tak susah Cara membuat teh jahe sahabat hanya cukup menyeduh satu sendok makan jahe mentah yang sudah diiris dan ditumbuk kedalam (2)dua cangkir air panas selama selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, teh jahe siap untuk diminum.

3. Irigasi hidung

Jika anosmia disebabkan oleh infeksi atau alergi, Sahabat dapat mencoba cara ketiga ini yaitu dengan metode irigasi hidung agar dapat mengembalikan hilangnya indra penciuman.

Metode Irigasi hidung ini dapat dilakukan dengan menggunakan larutan garam yang bisa dibeli secara bebas di apotek atau membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuatnya yaitu cukup mencampur 1/2 (setengah) sendok teh garam dan 1/2 (setengah) sendok teh soda kue ke dalam 1 cangkir air matang.

Kemudian, masukan larutan air garam tersebut ke dalam botol semprot atau botol irigasi. Inilah cara membersihkan bagian dalam hidung menggunakan larutan air garam:

Pertama, miringkan kepala ke salahsatu sisi tubuh.

Kedua, Semprotkan larutan garam ke dalam salah satu lubang hidung secara perlahan ke arah yang berlawanan dengan sisi miring kepala.

Ketiga, biarkanlah larrutan air garam tersebut mengalir keluar dari lubang hidung lain-nya atau mulut.

Keempat, cara ini lakukan berulang untuk lubang hidung yang lain dan dilakukan beberapa kali dalam sehari deki mengembalikan hilangnya indra penciuman.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Jika anosmia benar benar tidak lekas sembuh, Sahabat ini perlu memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter bakal membuatkan resep obat-obatan apa saja untuk mengembalikan hilangnya indra penciuman.

Kesimpulan

Hasil penelitian para peneliti dikutip dari alodokter menunjukkan bahwa dengan melakukan latihan Indra penciuman yang disertai dengan semprotan hidung steroid, berupa budesonide, bisa meningkatkan kemampuan penciuman dibandingkan dengan membersihkan bagian dalam hidung memakai larutan air garam.

Apabila cara mudah mengembalikan hilangnya indra penciuman tersebut di atas masih tidak mampu mengatasi anosmia yang sahabat alami, segera konsultasikan ke dokter agar memperoleh penanganan yang tepat, terlebih apabila sudah menyebabkan malnutrisi dan penurunan berat badan karena tidak nafsu makan, sesak napas, atau depresi, Terakhir diperbarui: 22 Juli 2021 Ditinjau oleh : dr. Sienny Agustin I sumber alodokter.com

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Cara Mudah Kembalikan Hilangnya Indra Penciuman Akibat Anosmia semoga bermanfaat dan sehat untuk para sahabat semua. Amin!