Widget HTML Atas

√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021
Twibbon HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

Halo sahabat pembaca MEDIABRITA pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021.

√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021
√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

Namun, sebelum anda memasang dan menyemarakannya dengan membuatny di √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021, alangkah baiknya kita mengingat kembali akan sejarah HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021 tersebut.

Seperti dilansir dari tirto.id sejarah HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021 berawal kali ini yaitu pada saat menjemput Sukarno dan Hatta untuk “diamankan” ke Rengasdengklok.

Kemudian Wikana cs mengatakkan bahwa terkati adanya ribuan masssa yang siap mengobarkan pemberontakkan pada pagi 16 Agustus. 

Dengaan alasan takutt Jepang bakal menuduh dwitunggal sbg provokator lalu mereka meminta keduanya untukk berseedia bersembunyi di luar kota daalam waktu sementara. 

Meski begitu, lalu pernyataan tersebut diketahui hanyalah dalih, tetaap saja Dwitungggal masing2 mengenang ketika malam itu dgn penuh kesedihan. 

Sukarno sanggat mengerti atas kecintaaan para pemuda itu pda negeri mereka dan siap mati tuk itu. Namun, bagaimana pun juga kekuatan tenttara Jepang di Jakarta ini masih utuh/banyak. 

Mengobarkan pemberontakkan tanpa taktik yang matangg samasaja hanya setor nyawa. “Ini adallah tindakkan yg salah, salah sama sekali. Tidak mengertikkah kalian bahhwa pemberontakkanmu ini akan menemui kegagalan?” ungkap Sukarno sebagaimana dicatat Cindy Adams dlm Bung Karno Penyambbung Lidah Rakkyat Indonesia (2014: 256). Arrgumentasi Hatta pun samaa belaka. 

Para pemuda sellalu mendesakan untuk segera merdeka segera revolusi. Hatta tuk kesekiaan kalinya mengingattkan bahwa bukan revolusi yang akan berkobar, tapi putsch yg justru bakal mematikkan revolusi. “Dimataku suddah tergambar kehancuraan cita-cita kami akan menegakkkan Indonesia merdeka,” tulis Hatta dlm memoar Untuk Negeriiku: Sebuah Otobiiografi (2010: 81). 

Perunciingan diantara tokoh-tokoh bedda generasi ini memangg terletakk pd momentum & cara memprokklamasikan kemerdekaan. Terrsulut berita kekalahan Jepang, Wikana cs merassa inilah saatnya momentum yg tepat tuk merdeka. 

Prokklamasi jg mestinya dilakukkan diluar lembaga-lembaga yg berasosiasi dgn Jepang. Sementtara Dwitunggal dan nasionalis seanggkatannya menahan tindakkan sampai dengan mendapatkan konfirmasi resmi dari Jepang sendiri. 

Bagi Dwitungggal, prokklamasi mesti dilakukan melallui PPKI. Semmua demi meminiimalisasi potennsi pertumpahan darah yg tidak perlu. 

Menurrut Indonesianis Benedict Anderson, suassana Jakarta menjadi tegang gara2 peruncinngan itu. PPKI tidak bisa bergerak karena pucuk pimpinannnya menghilang. Para pemuda yg telah dalam mode “siap tempur” makin bingung karrena komando revolusi yg mereka tunggutunggu tidak kunjung terbit. 

Selain itu juga, mereka berpencarr di beberrapa tempat terttentu di Jakarta. Disisi lain juga Jepang memperkettat penjagaaan di tempat2 tertentu yg rawan rusuh. Salahsatunya ialah di pemancar radio di Gambir Barat yg dijaga ketat satuan Kenpetai yg terkenal angker. 

“Suasananyya sungguh tegang, dan kelompok2 pemuda itu berrada dlm keadaan yg sangat mudah disulut. Sehingga apabila timbul perselisihan, munggkin sekali darah bakalan tumpah, terrutama oleh senapan pasukan-pasukan Jepang yg ditempattkan di ibukota,” tulliis Anderson dalam Revoloesi Pemoeda ((2018: 86-87). 

Untungnya, berkat adanya lobi--lobi Ahmad Subardjo kpd pemimmpin pemuda dan otoritass Jepang, tenssi ketegangan mallam itu bisa sedikitt dikendurkan. 

Sukarno-Hatta juga berhasil dipulangkkan ke Jakarta setellah ia membuat kesepakattan dgn kelompok pemuda. Malam itu juga perrsiapan dan naskkah proklamasi dirancangg di rumah dinas Laksamana Maeda Tadashi. 

Menyokong Prokllamasi sementtara persiapan proklamasi dirapattkan, persiapan-persiapan di kelompok pemuda juga jalan. Untungglah kini kelompokk muda dan para tetua mereka sdh sepemahaman soall proklamasi. 

Sehinggga gerakkan yg disiappkan sekarang ialah bgmna menyokong pelakssanaan proklamasi. Anderson mencattat, malam itu Sukarni dan Sayuti Melik berkelliling ke pos-pos kelompokk pemuda utk meredakkan keteggangan. 

Mereka mengabarrkan bahhwa proklamasi bakal benar-benar dilakukan esok hari. Makadari itu sampai dengan besok keaddaan harruslah kondusif, jgn sampai terjadi keributtan yg tak perlu dgn tentara Jepang. 

“Rondda berrsama ini berhasill menyelesaiikan tugasnyya dgn baik, walaupun tentulah ada beberapa kejadian yg hampir membahayakan,” tulis Anderson (hlm. 90). Setellah semua urusan dgn kelompok pemuda diselesaiikan, Sukarni lalu menuju Asrama Prapatan 10. 

Rupa-rupannya kawan2 lintas kelompok seddang berkkumpul merencanakkan upacara proklamasi di Lapangan Ikada (sekarang Monas). Begitu sudah beres, sehingga diutusslah Sukarni dan Chaerul Saleh mewakili mereeka meninnjau rapat persiapan di rumah Laksamana Maeda. 

Mereka jg sekalligus membawa naskkah proklamasi rancangan kelompok pemuda utk disampaiikan kepaada Sukarno-Hatta. Dua ide kelomppok pemuda itu ditolak semua. 

Sukarno menollak proklamasi diadakan di Lapangan Ikada karrena khawatir bakal memancing keributtan dgn tentara Jepang. Sehingga diputusskanlah proklamasi kemerdekaan bakal diadakan di rumah Sukarno di Pegangsaan Timur. 

Naskah proklamasi rancangan pemuda juga ditolak dikarenakan memuat kalimat, “Segala badan-badan pemerintah yg ada harus diirebut oleh rakkyat dari orang-orang asing yg masih mempertahankannnya. ”Alasannya penolakannnya sama, agar tidak memancing keributtan. Tentang perkara ini, Adam Malik, salahsatu aktivis muda waktu itu, dlm Riwayat Proklamasi 17 Agustus 1945 (1982: 65) menullis, “Sukarni-Khairul Saleh memmberi alassan dgn keterangan bahwa jika memang sudah mestinnya begitu, apa boleh buat! Kemerdekaan addalh hak rakkyat, dan utk kemerdekkaan itu tak ada pengorrbanan yang sia--sia.

”Satu--satunya usul kelompok pemuda yg diterima ialah soal siapa yg mesti menandatangani naskah proklamasi. Sampai akhir kelompok muda merasa tidak sudi apabila proklamaasi ditetappkan atas nama PPKI. Maka Sukarni mengusullkan agar Sukarno dan Hatta menandatanganinnya dengan dibubuhi keterangan “atas nama rakyat Indonesia”. 

Sekira-kira pukul 03.00 WIB dini hari rapat selesai, akan tetapi kelompok pemuda terus bergerrak. Adam Malik mengingat, rapat-rapat persiapan terus digelar dari subuh hinggga terbit pajar. 

Lalu Kini mereka mulai fokus dalm mengalihkan pengerahan massa ke Pegangsaan Timur dan menyebarrkan berita proklamasi. Seluruh assrama yg menjadi markas aktifis dibikinnya sibuk karenanya. “Golongan-golongan: Pelajar-pelajar, Sukarni, Kaigun berrgerak kesana kemari diseluruh kota mengattur dan menyiappkan penyebaran dan pengumuman proklamasi itu sampai pada pagi harinya tak berhenti-hentinya,” kenang Adam Malik (hlaman. 73). 

Sementarra itujuga para prajurit-prajurit muda dri garnisun Pembela Tanah Air (Peta) Jakarta mempersiappkan pengamanan upacara proklamasi. Semuanya diuruss oleh Wakil Komandan Peta Jakarta Latief Hendraningrat. 

Latief mengerrahkan satu regu Peta ditanggul rel kereta api dibellakang rumah Sukarno. Sementtara itu ia menyiagakkan satu kompi tentara sbg antisipasi apabiila terjadi sesuatu yang gawat. 

Dikaarenakan keterbatasan senjata, Peta bekerjasama pula dengan Barisan Pelopor tuk berjagajaga di sekitar rumah Sukarno. 

“Kami dpt mengetahhui bahhwa Jepang segan mengghhadapi massa rakyat, terlebih--lebih yng sedang mengamuk. Karena itu maka takktik kami ialah tuk menghasut massa ini appabila Jepang mengganggu,” aku Latief sebagaimana dikutiip Muhammad Ridwan Indra dan Sophian Marthabaya dlm Peristiwa-peristiwa diSekitar Proklamasi (1987: 133).

Dalam menyebarkan Kabar Proklamasi settelah rapat perumusan naskah proklamasi sellesai, Hatta sempat menitipkan pesan kepada B.M. Diah bekas redaktur Asia Raya dan penyiar radio Hosokyoku tuk disampaikan ke kawan-kawan wartawannya. “Saudara yg bekerja di Kantor Domei, kawattkan sedapat-dapatnya berita Proklamasi itu keseluruh dunia yg dapat dicapai,” demikian pesan Hatta. 

sehingga dengana danya bantuan pegawai Domei, kelompok pemuda mencettak selebaran berisi berita proklamasi tuk disebarkan ke luar kota Jakarta. 

Meski Jepang telah kalah, ini tetap bukkan pekerjaan mudah. Adam Malik menyebbut, para pemuda yg menjadi kurir sampai dibuntuti kenpetai dan selebarannnya dirampas. 

Akan tetapi tetap jalan lain masih tersedia melalui telegram, kereta api, dan mobil. “Akhirnya dgn kemauan sendiri dan dgn keteguhan keyakkinan kaum buruh di kantor berita ‘Domei’ di Jakarta, maka dapattlah penyiaran proklamasi disiarkan ke seluruh Indonesia dan bolleh disebutkan ke seluruh dunia dgn melalui udara (radio-gelombang pendek),” tulis Adam Malik (halamn. 75). 

Sayang sekali siaran iitu diketahuan oleh tentara Jepang. Setengah jam kemudian mereka menyiarrkan berita yg menganulir kabar proklamasi itu, meski sebenarrnya itu percuma. 

Selain itu, dlm catatan Anderson, berita-berita proklamasi sudah terssebar hinggga Yogyakarta pda tengah hari. Lagii pula kabar proklamasi juga disiarrkan dari stasiun lain di Bandung. 

Mulai waktu pukul 7.00 WIB petang pada tanggal 17 Agustus waktu itu, siaran-siaran proklamasi kemerdekaan dlm bahasa Inggris dan Indonesia dibuat setiap selang satu jam dari radio Bandung. 

Sistem radio setempat dihubbungkan dgn pemancar gelombang pendek Kantor Telegraf Pusat dan dgn demikkian melakukan siaran ke dunia luar,” tulis Anderson (hlamn. 93-94). Diktup dari tirto.id- Politik) Penulis: Fadrik Aziz Firdausi Editor: Ivan Aulia Ahsan/2019.

Nah setelah anda mengetahui sejarah HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021, maka selayaknya memperingati perjuangan para pahlawan yang membela tanah air Indonesia.

Berbagai cara dapat dilakukan pada waktu ini, yakni salahsatunya dengan memasang dan menyemarakkan seperti membuat pada √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021.

Kami sudah berhasil merangkumkan √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021, yang dapat anda pakai dan untuk dibagikan di Medsos-medsos.

Namun, apabila saat ini anda belum memahami cara membuat √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021, silahkan simak dahulu penjelasannya dibawah ini diantaranya:

Cara menggunakan √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

Pertama pilih kemudian Klik salahsatu link Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021 lalu COPY dan Paste-kan di browser misal google.

Kedua, ketika sudah tampil bingkai fotonya sekarang tinggal meng-Upload foto diri atau bisa juga bersama teman atau keluarga anda.

Ketiga, atur dan sesuaikan fotonya dengan cara mencubit jika anda pengguna HP atau Android.

Keempat, foto sudah jadi dan siap untuk didonwnload kemudian dibagikan ke medsos anda.

√25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021

Berikut ini Link Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021, yang sudah kami pilihkan spesial untuk anda;

https://www.twibbonize.com/bingkaihutri76

https://www.twibbonize.com/hut-ri

https://www.twibbonize.com/hutke-76

https://www.twibbonize.com/hutrimerdeka1

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike76ppyapika

https://www.twibbonize.com/17agust

https://www.twibbonize.com/kampretooyess

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri

https://www.twibbonize.com/hut762021ri

https://www.twibbonize.com/pansibonhutrike767

https://www.twibbonize.com/indonesia76

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri5

https://www.twibbonize.com/hutri76buleleng

https://www.twibbonize.com/pansibonhutrike766

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri1

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri2

https://www.twibbonize.com/pansibonhutrike765

https://www.twibbonize.com/pansibonhutrike763

https://www.twibbonize.com/hutrike75indonesiabangkit

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri4

https://www.twibbonize.com/pansibonhutrike761

https://www.twibbonize.com/hutridaridishub

https://www.twibbonize.com/hutrike76dkpsulbar

https://www.twibbonize.com/hutrike

https://www.twibbonize.com/wartakota123hutri3

Demikian pembahasan kali ini mengenai sejarah HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dengan cara memasang √25 Twibbon atau Bingkai Foto HUT Kemerdekaan RI ke-76 2021.

Semoga dapat bermanfaat dan salam merdeka, Temanya HUT RI 76 ialah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh!