Widget HTML Atas

[TERBARU] Contoh Absensi Otomatis Perangkat Desa Terbaru 2021, Format Ms Exel

MEDIABRITA - Contoh Absensi Otomatis Perangkat Desa Terbaru 2021.

Absensi bisa juga disebut sebagai proses penandaan atau pencatatan waktu hadir seseorang dalam sebuah dokumen yang dibuat sebagaimana mestinya guna sebagai acuan dalam menentukan sebuah keputusan dalam lingkup penilaian.

Absensi atau kartu jam hadir ialah dokumen yang mencatat jam hadir setiap karyawan di perusahaan. Catatan jam hadir karyawan tersebut dapat berupa daftar hadir biasa, dapat juga pula berbentuk kartu hadir yang diisi dengan mesin pencatat waktu. 

Absensi Otomatis Perangkat Desa Terbaru 2021
Ilustrasi pixabay

Pekerjaan mencatat waktu pada dasarnya dapat dipisahkan menjadi 2(dua) bagian yakni pencatatan waktu hadir (attendance time keeping) dan juga pencatatan waktu kerja (shop time keeping).

Pencatatan absensi pegawai atau pekerja dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni :

  • Absensi Catatan Tangan
  • Absensi catatan tangan biasanya terdaoat diperusahaan-perusahaan kecil. Setiap karyawan tiba maupun pulang kantor.
  • Kelebihan absensi catatan tangan
  • ialah murah dan juga mudah.
  • Kekurangan absensi catatan tangan
  • pegawai atau pekerja dapat menulis waktu hadir maupun pulang sesuai dengan kehendaknya.
  • pegawai atau pekerja dapat mencatatkan waktu hadir maupun pulang temannya yang belum datang atau juga pulang lebih awal.

Bagian penggajian akan dapat mengalami kesulitan pada saat merekap jam hadir pegawai atau pekerja pada akhir bulan.

Tujuan Adanya Absensi

Absensi merupakan unsur kedisiplinan, maka tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkuliahan. Tujuan absensi itu sendiri ialah sebagai berikut :

  • Untuk melihat kehadiran mahasiswa
  • Untuk meningkatkan kedisiplinan mahasiswa
  • Untuk mengetahui apakah mahasiswa masih mempunyai semangat belajar
  • Meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan
  • Sebagai bahan laporan

Absensi ataupun daftar hadir Perangkat Desa adalah suatu daftaran kehadiran dengan ditulis dalam buku daftaran hadir seperti untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Jika dilihat dari bahasa Absen adalah istilah (baca juga : populer) yang sering kita dengar yang berarti merujuk pada "daftar hadir" atau "absensi".

Format ini menggunakan formula excel data dapat disajikan dan diolah sesuai keperluan, dalam format ini bisa secara otomatis jumlah hadir setiap perangkat desa, dalam sebulan. Disamping itu juga dalam setiap kehadiran baik masuk atau ijin, tugas luar ataupun Alfa memiliki warna yang berbeda-beda.

Anda hanya cukup memberikan kode saja, seperti masuk (M), ijin (I), Alfa (A), Tugas Luar (L).

Namun perlu diingat untuk format ini masih memiliki banyak kelemahan artinya jangan dirubah yang ada tulisan disamping seperti, M,S,L,I,dan A. Biarkan saja ada, karena jika anda menghapus nya format akan menjadi eror.

Contoh Absensi perangkat desa ini bisa didonlod jikalau anda membutuhkan nya. Tentunya ada di Akhir Artikel. Format ini MEDIABRITA sengaja dibuat untuk memudahkan daftar hadir perangkat selain absensi yang manual dengan tandatangan.

Artinya jika anda sebagai pengurus daftar hadir dalam hal ini Kaur TU, anda bakalan mempunyai 2 absensi yang satu manual dan kedua absensi di Ms Exel yang otomatis ini.

Hal ini bertujuan Untuk meningkatkan kedisiplinan waktu bagi Perangkat Desa. Pemerintah Desa saat ini untuk penggunaan absensi elektronik dengan Absen Sidik Jari dan Scan Wajah masing-masing Perangkat Desa belum dilakukan . Karena terkendala biaya dan lain halnya. Tidak semuanya namun ada juga desa yang sudah menggunakan absensi elektronik.

Semenjak terbit Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Semua perangkat desa haru mempunyai tekad dan tingkat disiplin yang tinggi, pasalnya, sekarang Perangkat sudah memiliki Siltap atau penghasilan tetap tiap bulannya, terkadang masih banyak yang dirapel 2,3 bulan baru dibayar.

Namun disamping itu, ya banyak bersyukurlah. Demikianlah sedikit pembahasan contoh absensi untuk perangkat desa semoga bermanfaat dan salam merdesa.

AMBIL DISINI CONTOH ABSENSI PERANGKAT DESA TERBARU