Widget HTML Atas

[TERBARU] Inilah Panduan Contoh Pembuatan RKPDes Tahun Anggaran 2021, Format PDF

Mediabritarakyat - Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang direncanakan dalam 1 (satu) tahun anggaran berjalan.

Halo sahabat perangkat desa apa kabarnya?  Semoga sehat selalu ya? Oia suda panda ngopi belum? Dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (Permendesa, PDTT) Nomor 19 Tahun 2020 pada Pasal 7 menyebutkan bahwa Perencanaan Pembangunan Desa terdiri dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) yang sifatnya pembangunan 6 (enam) tahunan dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) yang direncanakan dalam 1 (satu) tahun anggaran berjalan.

Gambar ilustrasi

Meski demikian, tahapan dalam pelaksanaan pembangunan Desa tentunya melibatkan partisipatif masyarakat, peran aktif perangkat Desa, lembaga-lembaga Desa, non kelembagaan desa, serta lembaga di tingkat kecamatan dan kabupaten/supra.

Pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan Desa merupakan kewajiban kita semua supaya sejalan apa yang telah diharapkan dalam perencanaan pembangunan Desa.

Nyatanya Perencanaan pembangunan Desa menjadi sesuatu yang sangat penting, hal ini pasalnya sebagai acuan Pemerintah Desa yang ingin dicapai, maka dari itu implementasi pembangunan dan pembedayaan di tingkat Desa dapat menjadi tepat sasaran dan terukur.

Sehingga demikian, pemerintah desa memerlukan yang namanya Penyusunan Rencana Kerja Kepala Desa (RKP) Desa Tahun 2021.

Namun bagi anda perangkat desa yang masi bingung tentang RKPDes Tahun 2021, karena banyaknya program yang arus dimasukan, tenang disini kami akan membagikan conto Panduan RKPDes 2021.

Panduan Conto RKPDes 2021 ini disusun sebagai salah satu bentuk referensi anda dalam membuat RKPDes 2021, Tapi jangan semua diambil karena tiap desa beda kebutuhan dan rencana kerjanya.

Demikian sedikit pembahasan tentang Panduan Contoh RKPDes TA 2021, semoga bermanfaat dan salam merdesa..!

AMBIL DISINI PANDUAN CONTOH RKPDES TAHUN ANGGARAN 2021,FORMAT MS WORD