Widget HTML Atas

Terbaru, Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah Dalam Format Ms Word

Mediabritarakyat - Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita mendapatkan yang namanya surat pernyataan, baik berupa kesediaan ataupun jual beli.

Nah bagi anda yang menginginkan contoh surat pernyataan jual beli seperti rumah ataupun berupa tanah pahami dahulu pengertian tersebut.

Pengertian surat pernyataan jual beli tanah

Surat Pernyataan Jual Beli Tanah adalah surat pernyataan tertulis dengan dibuat lalu ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni penjual tanah atau pihak pertama dan pembeli tanah atau Pihak Kedua di atas kertas bermaterai kalau dahulu Rp 6.000 namun kalau sekarang diusahakan harus yang Rp 10.000, dan jangan lupa untuk disaksikan oleh beberapa orang. Didalam Surat pernyataan jual beli terutama pertanahan diusahakan harus memuat batas-batas tanah di sekitar tanah/lahan yang diperjualbelikan, seperti utara selatan timur dan barat harus diisi.

ilustrasi/pixabay

Tak hanya itu sebagaimana biasanya dalam surat pernyataan jual beli tanah ini juga harus berisi ketentuan atau kesepakatan juga persetujuan seperti diantaranaya adalah sebagai berikut :

Pihak ke I (Penjual) beserta sanak saudara serta ahli warisnya tidak dibenarkan apabila akan mengganggu gugat kembali tanah tersebut karena telah Sah Di jual kepada Pihak ke II (Pembeli) dengan disaksikan oleh saksi-saksi sebagaimana tersebut dibawah.

Pihak ke II (Pembeli) bertanggung jawab atas segala biaya pembuatan surat pernyataan jual/beli ini. Saat membeli rumah, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memastikan Surat Perjanjian Jual Beli atau SPJB Rumah sudah diterima oleh Anda. Surat tersebut berfungsi sebagai bukti bahwa kesepakatan antara penjual dan pembeli telah disetujui. Terlebih, SPJB nantinya akan digunakan untuk mengurus sertifikat rumah ke Badan Pertanahan Nasional.

Nah bagian terpenting lainnya juga yakni Sebelum membuat SPJB, ada baiknya untuk mencermati hal-hal pentingnya terlebih dahulu. Inilah penjelasan seputar surat perjanjian jual beli rumah beserta contohnya.

Adapun Hal Penting juga untuk Perlu Dilampirkan dalam Akta Jual Beli Rumah

Identitas masing-masing pihak. Pertama, harap di pastikan identitas atau nama pihak pertama maupun pihak kedua sudah tercantum dalam surat. Dalam point ini menandakan bahwa terdapat proses transaksi jual beli yang sah antara masing-masing pihak. Umumnya, pihak pertama ditujukan sebagai penjual rumah, sedangkan pihak kedua merupakan pembelinya.

Detail rumah, jangan lupa juga cantumkan fakta-fakta terkait rumah yang bersangkutan. Bisa berupa luas tanah, luas bangunan, nomor sertifikat, alamat lengkap rumah, atau foto rumah. Hal tersebut untuk memberi kejelasan terhadap properti yang hendak diperjualbelikan.

Tanda tangan beserta pengesahan materai, Nah pada isian terakhir dari SPJB berisi dan harus tandatangan dari semua pihak, baik pihak pertama, pihak kedua, juga saksi. Selain itu juga, penandatanganan disahkan dengan penempelan materai. diPastikan masing pihak sudah membubuhkan tanda tangan dengan benar.

Isi surat perjanjian disertai pasal, Kemudian juga dapat menuliskan sejumlah kesepakatan seputar transaksi jual beli rumah di bagian isi. Umumnya, SPJB membahas beberapa pasal untuk menjamin keamanan transaksi. Mulai dari harga, cara pembayaran, uang tanda jadi, jaminan atau saksi, penyerahan dan status kepemilikan, pajak, iuran, pungutan, masa berlaku perjanjian, hingga balik nama kepemilikan.

Nah bagi anda yang belum mengetahui seperti apa contoh surat pernyataan jual beli tanah, tenang akan dibagikan contohnya. Namun perlu diingat ini hanya referensi semata karena isi bisa disesuaikan point –point apa yang ingin dihasilkan dan ditampilkan, agar kedua belah pihak setuju.

Yang sering dikunjungi : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.

AMBIL DISINI CONTOH SURAT PERNYATAAN JUAL BELI TANAH, MSWORD