Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBARU] Inilah Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Oleh Operator Tentang SIKS-NG

Mediabritarakyat - Aplikasi SIKS-NG merupakan sistem pengelolaan data yang dikembangkan oleh pusdatin Kementerian Sosial. Dibangun mulai pertengahan 2017, SIKS-NG mulai diperkenalkan kepada Pemerintah Daerah melalui dinas sosial dengan dilakukannya bimbingan teknis (bimtek) secara nasional di Jakarta pada bulan Oktober 2017. Aplikasi ini dirilis dengan 2 platform yaitu SIKS-NG offline versi. 1.0 dan SIKS-NG online beserta dengan logonya. SIKS-NG offline dapat digunakan dan didistribusikan dari level kabupaten sampai ke level desa sedangkan SIKS-NG online yang hanya bisa diakses oleh petugas dinas sosial kabupaten/kota.

siks-ng/pusdatin.kemensos.go.id

Sementara, SIKS-NG telah mengalami beberapa kali pengembangan untuk lebih menyempurnakan fungsi dan fitur yang ada serta memperbaiki kekurangan atau bugs yang ada berdasarkan masukan dari pengguna. Saat ini versi SIKS-NG offline yang digunakan adalah versi 2.4.1. Tahun 2019 mulai diperkenalkan SIKS-NG dengan platform android atau biasa disingkat SIKS-droid, sistem ini lebih memudahkan petugas pendata untuk melakukan verifikasi dan validasi data ketika melakukan kunjungan rumah tangga menggunakan smartphone atau tablet tanpa harus mencetak prelist menggunakan kertas. 

Meski begitu, melalui  SIKS-droid, terdapat fitur untuk mendokumentasikan foto kondisi rumah seperti kondisi atap, lantai, dinding, identitas kepala rumah tangga, serta koordinat rumah tangga yang dikunjungi. Di tahun yang sama, SIKS-NG mendapatkan setifikat ISO 27001:2013 untuk kategori manajemen keamanan informasi.

Arti ISO 27001:2013 

Arti ISO 27001:2013 adalah standar internasional yang diakui secara global untuk mengelola risiko terhadap keamanan informasi. Standar ini mengadopsi pendekatan proses untuk menetapkan, menerapkan, operasi, pemantauan, pengkajian, memelihara, dan meningkatkan keamanan informasi di Pusdatin Kesos Kementerian Sosial.

Kementerian Sosial mendapat penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi untuk program SIKS-NG terkait dengan usaha pengentasan kemiskinan.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanykan terkait SIKS-NG Online

Bagaimana cara akses aplikasi SIKS Online?

Halaman untuk Mengakses SIKS-NG Online adalah https://siks.kemsos.go.id, masukkan user dan password yang sudah diberikan

Bagaimana cara akses aplikasi SIKS Online?

Halaman untuk Mengakses SIKS-NG Online adalah https://siks.kemsos.go.id, masukkan user dan password yang sudah diberikan

Bagaimana jika lupa password SIKS-NG?

Silahkan sampaikan di grup, selanjutnya password akan dikirimkan pesan pribadi

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanykan terkait SIKS-NG Offline

Apa yang menyebabkan gagal dalam mengimport data?

Beberapa hal yang menyebabkan gagal dalam mengimport data antaralain:

  • Proses import di server gagal, bisa dicoba dengan import ulang
  • Proses eksport di aplikasi offline gagal/hang/terhenti di tengah jalan sehingga file yang terbentuk tidak sempurna, dan silahkan melakukan eksport ulang.
  • Proses eksport dilakukan di netbook/laptop/pc dengan spesifikasi rendah dan secara paralel mengerjakan task yang banyak (putar film, word dsb) sehingga dapat mengakibatkan proses eksport gagal. Solusinya eksport ulang pada komputer dengan spek lebih tinggi.

Apa itu Inisiasi awal Kecamatan/Desa ?

Aplikasi SIKS-NG versi offline menyediakan fitur untuk membatasi akses operator ditingkat Kecamatan/Desa. Jadi Daerah bisa membagi (duplikasi) file aplikasi tersebut ke masing-masing operator di tingkat Kecamatan atau Desa sehingga mempermudah proses updating dan verivali data diwilayahnya masing-masing. Masing-masing operator bisa dibatasi fungsi lingkup data cakupannya hanya di Kecamatan/desa yg di inisiasi saja dan terkontrol oleh Dinsos Kabupaten/Kota karena ada fitur untuk mengeksport data hasil update tersebut ke database Kemensos Pusat via aplikasi SIKS-NG versi online.

Apa maksud BDT bukan KKS & PKH pada menu cetak pdf di SIKS-NG Offline?

Keluarga/KPM terdaftar di data BDT tetapi tidak masuk kedalam program bantuan KKS dan PKH. Artinya keluarga tersebut hanya ada dalam basis data tetapi tidak sebagai penerima program bansos pemerintah.

Apa perbedaan SIKS-NG Offline 2.4.1 dengan versi lainnya?

Perbedaannya adalah SIKS-NG Offline 2.5.1 memiliki fungsi "sync data" yang berguna untuk menyesuaikan hasil finalisasi online dengan database offline.

Apa yang menyebabkan gagal dalam mengimport data?

Beberapa hal yang menyebabkan gagal dalam mengimport data antaralain:

  • Proses import di server gagal, bisa dicoba dengan import ulang
  • Proses eksport di aplikasi offline gagal/hang/terhenti di tengah jalan sehingga file yang terbentuk tidak sempurna, dan silahkan melakukan eksport ulang.
  • Proses eksport dilakukan di netbook/laptop/pc dengan spesifikasi rendah dan secara paralel mengerjakan task yang banyak (putar film, word dsb) sehingga dapat mengakibatkan proses eksport gagal. Solusinya eksport ulang pada komputer dengan spek lebih tinggi.

Apakah aplikasi SIKS-NG Offline bisa di pindahkan pada komputer yang berbeda, misalnya Kab/Kota sudah atau sedang melakukan proses verivali di komputer A, dan akan dipindahkan ke komputer B dengan tidak merubah hasil verivali?

Bisa dipindahkan , dengan catatan ketika memindahkan tidak ada file dari aplikasi SIKS-NG Offline yang tertinggal

Apakah data BDT yang terdapat di aplikasi SIKS-NG Offline berisikan data penduduk miskin saja atau data penduduk kab/kota keseluruhan?

Data BDT adalah data penduduk 40% termiskin dari penduduk seluruh indonesia.

Apakah data perbaikan dan usulan yang telah diverivali di Aplikasi SIKS-NG Offline terdapat pada hasil file export?

Ya, hasil verivali perbaikan dan usulan akan masuk dalam file export data.

Apakah jika status keberadaan ditemukan nonaktif (tidak ditemukan, ditemukan mampu dan ditemukan ganda) tetap menginput/update data KYC (nama pengurus, nik pengurus, tgl lahir pengurus, nama gadis ibu kandung dan alamat?) jawab Tidak perlu

Bagaimana cara membatalkan data usulan di Aplikasi SIKS-NG Offline yang sudah diimport ke SIKS-NG Online?

Untuk membatalkan data usulan belum tersedia di Aplikasi SIKS-NG Offline, tetapi di SIKS-NG Online dibiarkan saja pada kolom belum diperiksa pada menu pemeriksaan usulan KKS.

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi SIKS-NG Offline?

Anda bisa mendownload master file aplikasi offline dengan mengakses alamat https://siks.kemsos.go.id/offline/download pada browser anda. Selanjutnya untuk master file database anda bisa menghubungi petugas Pusdatin Kesos untuk dapat diberikan file databasenya.

Bagaimana mengelompokkan file export per kecamatan atau desa, karena file berupa kode?

File hasil Export bisa dirubah namanya dengan disesuaikan nama kecamatan atau desa, yang tidak boleh dirubah adalah type file exportnya. Type file export memiliki extension berupa (.siks)

Jika nama gadis ibu kandung sudah meninggal, apakah diinput ditambahkan dengan almarhum/almarhumah? 

Jawab Tidak perlu, cukup nama lengkap saja.

Jika nama pengurusnya sudah meninggal, harus bagaimana?

Jika pengurusnya meninggal bisa digantikan dengan anak perempuan yang dewasa, jika tidak ada anak perempuan yang dewasa digantikan dengan anak lelaki dewasa, jika tidak ada juga keduanya maka harus merujuk kepada kepala keluarganya.

Jika pada saat verivali data KKS Non PKH dalam 1 keluarga sudah meninggal seluruhnya, bagaimana cara mengisi status keberadaan rumah tangga di SIKS-NG Offline?

Status keberadaan rumah tangga dipilih No 3 tidak ditemukan, kemudian silahkan lakukan update data KPM-nya pada menu BDT di Aplikasi SIKS-NG Offline

Mengapa aplikasi SIKS-NG Offline terkadang lambat dan hang/not responding ?

Hal ini sangat berpengaruh pada spek pc/laptop yang digunakan. Jika spek nya kurang mendukung, atau banyak aplikasi lain yg terinstal serta jumlah datanya dalam pc/laptop banyak, bisa mempengaruhi kecepatan kerja komputer.

Tolong jelaskan pilihan pada kolom status keberadaan rumah tangga!

Status Keberadaan Rumah Tangga:

  • Ditemukan, tidak ada update : kpm ditemukan, tetapi tdk ada perubahan yg dilakukan diaplikasi.
  • Ditemukan, ada update : kpm ditemukan, dan ada perubahan atau penambahan pengisian data pada aplikasi.
  • Tidak ditemukan : kpm tdk ditemukan.
  • Ditemukan mampu : kpm sdh dlm kondisi mampu/tidak miskin.
  • Ditemukan ganda : ID BDT berbeda, tetapi data KPM-nya sama.

Untuk surat pengesahannya, apakah bisa ditandatangani selain Bupati/Walikota?

Untuk surat pengesahan hasil verivali boleh ditandatangani Kepala Dinas Sosial, tetapi disarankan untuk ditandatangani oleh Bupati/Walikota.

Apa fungsi dari sinkronisasi data pada aplikasi SIKS-NG Offline?

Sinkronisasi data berfungsi untuk menyamakan data dari SIKS-NG Online dengan SIKS-NG Offline. Data finalisasi KKS tiap bulan dari SIKS-NG Online akan dikirimkan ke SIKS-NG Offline.

Demikian sedikit tentang SIKS-NG yang sering ditanyakan oleh rekan-rekan semua. Semoga bermanfaat. Salam merdesa semuanya!!!