Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIMAK : Buku Register Sekdes, Kasipem, Kasi Kesra yang harus ada di Desa

Mediabritarakyat - Setiap pelaksanaan kegiatan yang ada di Instansi Pemerintahan, harus ada yang namanya buku administrasi.

Hal ini penting untuk mencata setiap kegiatan yang sudah dilaksanakan atau dilakukan. 

Ilustrasi

Jenis administrasi di Desa

Setiap pemdes diharuskan ada buku administrasi yang harus diisi oleh Pemdes setiap pelaksanaan pemerintahan desa sesuai tupoksi masing-masing.

Arti administrasi pemerintahan desa

Administrasi Pemerintahan Desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Pemerintahan Desa pada Buku Register Desa.

Dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa merupakan kewenangan Kepala Desa. Namun, juga didukung oleh Aparatur Pelaksana Perangkat desa.

Manfaat administrasi pemerintahan desa.

Didalam pencatatan administrasi ada beberapa hal yang penting dicatat seperti ; Penyelenggaraan pemerintahan desa, Pelaksanaan pembangunan desa, Pembinaan kemasyarakatan, dan Pemberdayaan masyarakat 

Sedangkan manfaat dalam Penyelenggaraan dengan tertib pengisian buku register administrasi pemerintahan desa sebagai berikut : Tertib pencatatan data dan informasi dalam buku-buku register desa

Pengembangan buku register desa yang diperlukan serta menyelenggarakan pelaporan sesuai ketentuan perundang-undangan

Penyelenggaraan dan pengembangan Administrasi Pemerintahan desa melalui tertib pencatatan data dan pengembangan buku register desa disesuaikan dengan kebutuhan, tingkat perkembangan pemerintahan Desa, dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi didalam pencatatan data dan informasi berbagai kegiatan

Setiap Perangkat Desa mempunyai tugas, kewajiban dan bertanggungjawag terhadap administrasi desa masing-masing.

Namun untuk lebih khusus Mengenai tugas pokok dan fungsi mereka harus mempunyai buku register masing-masing juga, yaitu :

Jenis Administrasi di Desa

Biasanya setiap Pemerintah desa diharuskan mempunyai beberapa register yang harus diisi setiap tupoksi masing-masing, diantaranya:

  1. Administrasi Umum
  2. Administrasi Penduduk
  3. Administrasi Keuangan
  4. Administrasi Pembangunan
  5. Administrasi Lainnya

Arti administrasi umum di desa 

Administrasi Umum

Administrasi Umum adalah pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum.

Sehuingga semua kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan-kegiatan Pemerintahan Desa dimuat dalam Administrasi Umum

Buku administrasi umum tersebut adalah :

  1. Buku Peraturan Di Desa
  2. Buku Keputusan Kepala Desa
  3. Buku Inventaris dan Kekayaan Desa
  4. Buku Aparat Pemerintah Desa
  5. Buku Tanah Kas Desa
  6. Buku Tanah di Desa
  7. Buku Agenda
  8. Buku Ekspedisi
  9. Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa

Administrasi Penduduk

Administrasi Penduduk adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan pada Buku Administrasi Penduduk.

Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan di desa baik mengenai penduduk sementara, penambahan dan pengurangan penduduk maupun perkembangan penduduk dimuat dalam administrasi penduduk

Buku administrasi penduduk tersebut adalah :

  1. Buku Induk Penduduk
  2. Buku Mutasi Penduduk Desa
  3. Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk
  4. Buku Penduduk Sementara
  5. Buku Kartu Tanda Penduduk dan Buku Kartu Keluarga

Administrasi keuangan

Administrasi Keuangan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan desa pada Buku Administrasi Keuangan.

Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan desa dimuat dalam Administrasi Keuangan Desa.

Buku administrasi keuangan tersebut adalah :

  1. Buku APB Desa
  2. Buku Rencana Anggaran Biaya
  3. Buku Kas Pembantu Kegiatan
  4. Buku Kas Umum
  5. Buku Kas Pembantu
  6. Buku Bank Desa

Administrasi Pembangunan

Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada Buku Administrasi Pembangunan.

  1. Kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dimuat dalam Administrasi Pembangunan.
  2. Buku administrasi pembangunan tersebut adalah :
  3. Buku Rencana Kerja Pembangunan Desa
  4. Buku Kegiatan Pembangunan
  5. Buku Inventarisasi Hasil-hasil Pembangunan
  6. Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat

Administrasi Lainnya

Selain kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat dimuat dalam Buku Administrasi Lainnya sesuai dengan kebutuhan

Contoh buku administrasi lainnya adalah :

  • Kegiatan Badan Permusyawaratan Desa dalam buku administrasi Badan Permusyawaratan Desa
  • Kegiatan musyawarah Desa dalam buku musyawarah Desa
  • Kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat dalam buku Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat
  • Dan buku lainnya

Selain itu, Sumber Pembiayaan Administrasi Pemerintahan Desa Sumber pembiayaan penyelenggaraan administrasi pemerintahan desa dibebankan pada:

  • Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
  • Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi
  • Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota
  • Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
  • Sumber lain yang sah dan tidak mengikat

Pemerintah desa yang telah selesai melakukan pencatatan buku administrasi pemerintahan desa melaporkan kepada Bupati/Walikota sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk contoh file buku administrasi pemerintahan desa tersebut diatas, admin akan membagikan file tersebut dalam versi excel, dan sobat tinggal mengedit dibagian sheet data ( sheet pertama ) sehingga data tersebut sudah ngelink ke sheet berikutnya, dan sobat tinggal mengeditnya sesuai dengan daerah sobat masing-masing.

Sekretaris desa

Administrasi Sekretaris Desa

Sekretaris Desa mempunyai tugas, fungsi, dan hak sebagai Perangkat Desa sebagaimana dalam Struktur Organisasi Pemerintahan Desa dan juga sebagai PPKD, Sekretaris Desa dalam menunjang tugas-tugasnya sebagai perangkat desa, perlu adanya dokumen administrasi desa

Adapun Dokumen administrasi seorang Sekretaris Desa setidaknya mempunyai ada 8 (delapan) buku administrasi desa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

Buku Administrasi Sekretaris Desa;

  • Buku Aparat Pemerintah Desa
  • Buku Peraturan di Desa
  • Buku Keputusan Kepala Desa
  • Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa
  • Buku Tanah Kas Desa
  • Buku Tanah di Desa
  • Buku Cuti Aparat Pemerintah Desa
  • Buku Perubahan Hak Milik (Jual-beli, Waris, Hibah, Tukar Guling, Sewa)
Contoh buku register sekdes disini

Administrasi Kepala Seksi Pemerintahan Desa

Kepala Seksi ( Kasi ) Pemerintahan Desa dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai Struktur Organisasi Pemerintahan Desa, setidaknya mempunyai 12 (dua belas) buku administrasi desa yang menjadi tanggungjawabnya, dan mungkin didaerah lain ada yang mempunyai kurang ataupun lebih dari 12 buku administrasi desa, bagaimana dengan didaerah sobat ?

Berikut ini 12 Buku Administrasi Kasi Pemerintahan Desa tersebut, antara lain :

  • Buku Induk Penduduk
  • Buku Mutasi Penduduk Desa
  • Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk
  • Buku Penduduk Sementara
  • Buku Kartu Tanda Penduduk dan Buku Kartu Keluarga
  • Buku Kartu Keluarga Sementara
  • Buku Data Nikah ( Surat N ) 
  • Buku Data Catatan Kejadian
  • Buku Data Ijin Keramaian
  • Buku Profil Desa
  • Buku Profil RT, RW, dan Dusun
  • Buku Data Kegiatan Lainnya ( Siskamling, Gotong Royong dll )
Contoh Buku Register Kasipem disini

Administrasi Kasi Kesejahteraan Desa

Kepala Seksi ( Kasi ) Kesejahteraan Desa dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai Struktur Organisasi Pemerintahan Desa, setidaknya mempunyai ada 9 (Sembilan) buku administrasi desa yang menjadi tanggungjawabnya

Dan mungkin didaerah lain ada yang mempunyai lebih dari 9 buku administrasi desa, berikut ini 9 buku administrasi desa tersebut, antaralain :

  1. Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat ( berisikan data kader yang ada di desa, seperti kader ibu hamil, kader jumantik dll )
  2. Buku Rencana Pembangunan ( berisikan data rencana pembangunan yang ada di desa )
  3. Buku Kegiatan Pembangunan ( berisikan semua data kegiatan pembangunan baik yang dananya berseumber dari APBDesa maupun dari sumber dana lainnya )
  4. Buku Inventarisasi Hasil-hasil Pembangunan ( berisikan data inventaris hasil pembangunan )
  5. Buku Kegiatan Pelatihan Pemdes / BPD / LKD ( berisikan data kegiatan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di desa, silahkan edit sesuai keadaan yang ada di desa sobat )
  6. Buku Kegiatan LKD ( berisikan data kegiatan LKD / Lembaga Kemasyarakatan Desa seperti LPMD, PKK, RT dll)
  7. Buku Data Usaha Ekonomi Masyarakat ( berisikan data usaha ekonomi masyarakat seperti usaha simpan pinjam, koperasi, kerajinan dll)
  8. Buku Data Pertanian ( berisikan data pertanian masyarakat seperti kelompok tani, tanaman dll)
  9. Buku Data Peternakan dll ( berisikan data peternakan seperti peternak sapi, peternak ayam dll atau bisa sobat edit sesuai kondisi )
Contoh buku register kasi kesra disini

Sumber : lintastv

Baca juga yang lain disini : aplikasi penghasil uang, aplikasi penghasil uang 2021, aplikasi penghasil dana, aplikasi penghasil gopay, penghasil uang membayar, penghasil uang terbukti membayar, penghasil uang tercepat membayar, aplikasi yang menghasilkan uang dengan cepat, aplikasi invite teman membayar, aplikasi penghasil uang dana terbaru, aplikasi rajakomen penghasil uang, Daftar Pinjaman Online Terpercaya, Pinjaman Online Terbaru.