Widget HTML Atas

Pembinaan RT Siaga Covid19: Peran RT Sangat Penting Jadi Garda Terdepan Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19

Mediabritarakyat.my.id - Satuan tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pembinaan peningkatan kapasitas RT Siaga untuk percepatan penanganan covid 19 di desa Cikupa kecamatan karangnunggal, di aula Desa (5/12/2020).

Pasalnya, Peran RT Siaga sangat penting untuk menjadi garda terdepan dalam mencegah penyebaran virus covid 19, apalagi upaya menjaga kondusifitas wilayah serta menjadi peran penting untuk masyarakat dalam mengembalikan roda perekonomian di tengah pandemi.

Pembinaan RT Siaga di Desa CiKupa

Selain itu, Peran RT Siaga masih sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 di lingkungannya karena pandemi Covid masih berlangsung sampai saat ini.

Kendati demikian, penegasan tugas penting anggota RT Siaga tersebut disampaikan pada kegiatan Pembinaan peningkatan kapasitas RT Siaga yang digelar kedua kalinya.

Upaya pembinaan RT Siaga covid19 ini sangat penting agar meningkatkan kinerja tim Rukun tetangga dalam melakukan sejumlah langkah pencegahan dan penanganan ancaman virus corona di lingkungannya.

Dengan masih berlangsungnya Pandemi Covid 19 sampai saat ini, membuat pengelola RT harus terus siaga dan tanggap terhadap ancaman virus tersebut.

Tak hanya itu RT siaga Covid19 juga harus menjadi penggerak warga, mereka juga harus menjadi motor kesadaran maayarakatnya untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan 3M (Memakai masker, menjaga jarak serta Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir). 

Selain pemaparan siaga covid itu, RT siaga juga harus bisa menghimbau dan meyakinkan keamanan kesehatan warganya untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pengurus RT Siaga juga harus mampu melaksanakan tugas dalam pemberdayaan, kesadaran dan kedisiplinan warganya demi pencegahan covid 19.

Sementara itu, pada acara pembentukan RT siaga Covid19 beberapa waktu lalu, yang dihadiri Bupati Tasikmalaya, H Ade Sugianto S.Ip mengatakan peran ketua RW/RT, linmas dan tokoh masyarakat sangat penting dalam memotori ketaatan dan kedisiplinan masyarakatnya untuk menjalankan protokol kesehatan covid 19.

Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, diharapkan dengan adanya koordinasi RT siaga ini mampu mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona sejak dini di tingkat lingkungan ke RTan. 

Selain itu, masyarakat juga harus terus menjaga kesehatan dengan melaksanakan protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah, agar dapat terhindar dari penyebaran wabah covid-19 seiring bertambahnya korban covid-19 belakangan ini.

Penulis : Iman/PanduDesa

Pembinaan RT Siaga Covid19: Peran RT Sangat Penting Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19