Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Sita Ribuan Knalpot Bising di Tasikmalaya

Mediabritarakyat.my.id - Kepolisian melakukan penilangan dan penyitaan terhadap knalpot bising yang digunakan pengendara di jalan. 

Pasalnya, Knalpot bising sering menjadi pemicu perselisihan antar orang maupun kelompok motor. 

Ilustrasi//pixabay

Selain itu, suaranya yang nyaring kerap dikeluhkan oleh warga sekitar, karena merasa terganggu. 

Sebab itu, Polsek Ciawi Polresta Tasikmalaya melalukan penertiban knalpot bising dan hasilnya dipajang dengan dibuatkan semacam tugu yang diletakan di depan sebelah kiri halaman Mapolsek.

Hal ini, menindaklanjuti keluhan masyarakat soal knalpot bising, kepolisian pun tak segan untuk melakukan penilangan dan penyitaan terhadap knalpot bising yang digunakan pengendara di jalan.

Sementara itu, Kapolsek Ciawi Kompol, Dies Ratmono mengungkapkan, bahwa hampir setiap hari pihaknya menerima laporan dari masyarakat soal knalpot bising. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, banyak laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan suara dari knalpot bising. 

"masyarakat melapor ke kami terkait knalpot bising,” jelasnya Dies kepada wartawan, Sabtu (28/11) pagi. Dikutip radartasikmalaya.com

Dies menerangkan, apabila ketahuan ada kendaraan yang menggunakan knalpot bising tidak sesuai dengan pabrikan langsung ditilang, kemudian pengendara diminta untuk menggantinya langsung dengan membawa knalpot standar pabrikan. 

“pelanggarnya dibawa ke kantor dan diminta untuk membuka knalpot dengan kunci yang telah kami sediakan. Knalpotnya langsung dihancurkan dengan cara dipalu dan dilakukan oleh si pemiliknya. Lalu digantungkan ke tugu knalpot,” terangnya. 

Ia menjabarkan, pihaknya pernah menyita knalpot yang menurut pengakuan penggunanya seharga Rp4 juta. 

“Kami tidak pandang bulu, berapun harga knalpotnya jika itu knalpot bising ya kami sita, tugu knalpot yang ada di depan kantor polsek ini sudah ada cukup lama” bebernya. 

Lanjutnya, Jumlah knalpot yang disita kurang lebih dari seribu soalnya tidak dihitung jumlah pastinya. Tidak hanya yang nampak diluar saja tapi di dalamnya juga banyak.

"razia knalpot bising ini akan terus dilakukan demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," jelasnya.

Ia juga berharap dengan adanya tugu knalpot bising ini memberikan shok terapi kepada masyarakat terutana pelanggar aturan lalu lintas.  (rezza rizaldi) Sumber: https://www.radartasikmalaya.com/kerap-jadi-pemicu-konflik-polsek-ciawi-tasik-razia-knalpot-bising/Artikel ini telah terbit di radartasikmalaya.com