Widget HTML Atas

Mengenal Blog Serta Cara Mengelola Yang Baik Bagi Pemula

ilustrasi/google adsense

Berikut ini beberapa tujuan beberapa orang mengenai Blog yang dikelolanya, disalin dari blognya milik bung helmykediri.com, berikut terkait blog.

Tujuan & Fungsi Blog di Masa Depan

Masih dalam dunia Blogger, apa-apa saja manfaat blog yang didapatkan? Apa tujuan blog, keuntungan, menggunakan, dan memiliki blog?

1. Make Money with Your Blog

Para blogger selalu menggunakan istilah, "Make Money with Your Blog" yang berarti bahwa mereka membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari dunia blogger.

Pertanyaannya, apakah blog itu bisa menghasilkan uang? Bisa sekali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan

Jika anda punya produk yang dijual, maka buatlah blog. Lalu kembangkan blog hingga ramai dikunjungi. Dengan trafik pengunjung yang tinggi, saatnya anda memperkenalkan dan mempromosikan produk yang akan dijual tersebut. Blog juga bisa didaftarkan ke Google AdSense untuk mendapatkan dollar ($).

2. Personal Branding, Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari dan menerima calon karyawan/pegawai tidak hanya bermodalkan Curriculum Vitae (CV). Biasanya, HRD akan mengecek jejak rekam digital anda.

Jika rekam jejak digitalnya positif dan berkualitas, maka dipastikan perusahaan akan menimbang ulang untuk menerima anda bekerja di perusahaan mereka.

Nah, melalui jejak rekam digital ini pula; tidak ada salahnya anda membuat blog, situs, atau website dengan artikel-artikel yang bernilai dan berkualitas tinggi.

Nyatanya, blog ini bisa jadi acuan perusahaan untuk menerima anda. Apalagi pun anda juga bisa menambahkan biografi, profil, minat, hobi, dan keahlian anda di dalam blog yang dimiliki.

3. Menjadi Seorang Ahli yang Diundang

Sebelum membuat blog, anda dituntut topik apa yang akan dibahas dan disediakan di dalam blog. Seaindanya, anda ahli di bidang komputer, maka isilah blog tersebut dengan konten komputer.

Jika suatu waktu artikel yang anda miliki ternyata membantu mengatasi banyak masalah orang, maka orang-orang akan beranggapan bahwa anda seorang ahli di bidang komputer. Tidak menutup kemungkinan, anda pun akan diundang untuk acara tertentu.

4. Mengasah Keterampilan dalam Menulis

Dalam dunia Blogger, menjadi seorang penulis yang lebih baik adalah momen (manfaat) yang paling terasa. Jika sebelumnya tidak bisa menulis, sekarang anda bisa menulis. Yang awalnya pun tidak bisa mengetik dengan cepat, kini anda bisa mengetik dengan cepat di keyboard QWERTY. Begitulah adanya.

5. Menjadi Blogger Influence

Manfaat blog berikutnya adalah mendapatkan pengaruh. Jika dirasa anda tidak mampu berkontribusi untuk negara dalam hal apapun, maka jadilah seorang blogger. Seorang blogger tentu menolong orang melalui tulisan-tulisan yang ia tulis. Misalnya, tentang pengalaman. Pengalaman itu pahit, kan? Tapi para blogger membagikannya secara gratis.

Seorang blogger sudah pasti akan mendapatkan fans, kepercayaan, respek, dan pengagum jika ia bersungguh-sungguh menekuni profesinya sebagai blogger.

6. Seorang Konsultan Dadakan

Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian anda akan meningkat di bidang tertentu. Apalagi jika topiknya hanya satu (niche blog), tentang teknologi contohnya. Kalau yang dibahas tentang teknologi, maka lambat laun ia akan menunjukkan kemahirannya di bidang tersebut.

Dengan menjadi seseorang yang ahli di bidang tertentu, anda akan mendapatkan penghargaan, respek, karir yang lebih baik lagi, dan kesempatan untuk menjadi seorang konsultan.

7. Membangun Jaringan di Seluruh Indonesia

Dengan ngeblog, anda akan mendapatkan jaringan ke seluruh Indonesia. Jaringan yang dimaksud yaitu pertemanan atau relasi bisnis.

Contohnya, anda dari Aceh main-main ke Jakarta. Kebetulan punya teman di Jakarta yang sama-sama berprofesi sebagai blogger, maka ada kemungkinan "teman ini" mengajak anda untuk mengunjungi beberapa destinasi terbaik yang ada di Jakarta. Bisa jadi pula, ia menyediakan tempat tinggal untuk anda. Entah di rumahnya, atau di mana saja.

8. Mengasah Kemampuan Coding dan Pemasaran

Jujur, sebelum terjun ke dunia blogging, saya sendiri tidak paham apa itu HTML, CSS, dan JavaScript (Js). Semakin kesini, mau tidak mau saya harus mempelajari HTML, CSS, dan JavaScript (Js). Untuk apa? Agar desain blog yang dimiliki terlihat semakin keren di mata pengunjung.

Percaya atau tidak, karena kejadian tersebut pula, kini saya bisa membuat template blogger. Jika ada yang salah (error) pun, saya langsung paham dan bisa mengatasi masalahnya. Secara tidak langsung pun, anda akan mempelajari cara desain grafis, cara marketing secara online, dan pemasaran di sosial media.

9. Belajar dan Mencoba Kreativitas SEO

SEO adalah suatu cara untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian. Istilah ini dikenal dengan sebutan Search Engine Result Page (SERP).

SEO butuh waktu dan proses yang cukup memakan waktu. Membuat blog, dengan harapan trafik blog juga harus ikut meningkat, mengharuskan anda untuk mempelajari SEO itu seperti apa dan bagaimana cara mengembangkannya.

Pada hakikatnya, ilmu SEO itu sangat luas. Yang perlu dipelajari dan dipahami adalah celahnya. Setiap proses punya celahnya, termasuk SEO dalam dunia blogging.

10. Mengetahui Perkembangan Saat Ini

Dalam membuat konten/artikel, biasanya para blogger Googling dulu untuk mencari data. Atau bisa juga, sekedar "ngintip" tulisan blogger lain tentang tema yang akan diangkat. Percaya atau tidak, dengan begini, pengetahuan anda tentang info terkini dan bidang keahliannya akan terus terbarui.

11. Berjualan secara Online

Sama seperti No. 1 di atas, di mana blog bisa digunakan untuk berjualan online.

12. Membantu / Menolong Orang

Siapa sih yang tidak suka menolong orang? Pada hakikatnya, manusia itu harus saling tolong menolong. Membuat postingan blog dengan topik-topik tertentu, misalnya pemecahan masalah tentang dunia blogger, berarti anda telah membantu orang lain yang sedang kesulitan. Atau contoh lainnya seperti tips makanan, tempat wisata, atau berbagi ilmu yang dianggap menarik.

13. Blog adalah Biodata Online

Nyaris sama dengan No. 2 di atas. Blog adalah "biodata online" atau "profil online". Blog mewakili identitas anda siapa, membuat orang akan mudah mengetahui siapa anda di dunia maya.

Apa itu blog? Blog adalah singkatan dari "Web Log". Pengertian blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Jika disederhanakan, definisi blog adalah website yang berisi artikel, foto, dan video. Blog juga didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis; dengan isi artikel seperti pengalaman, opini, dan observasi.

Namun, ada juga blog yang dimiliki dan dikelola oleh seorang diri. Biasanya, isinya tentang pengalaman atau berbagi informasi yang difokuskan (tertentu).

Hal penting yang dilakukan setelah posting artikel di blogger

Beberapa ini ada beberapa hal penting yang dilakukan setelah posting artikel di blog blogger diantaranya :

1. Lakukan PING pada URL postingan anda

Melakukan PING berarti kita memanggil robot pencarian untuk merayapi URL yang baru saja kita terbitkan agar segera di crawl dan di index ke mesin pencari . Secara umum memang robot pencarian akan selalu mengindex halaman-halaman baru pada artikel blog namun pada tahap ini kita tidak perlu menunggu sampai robot merayapi karena kita bisa memanggil robot dengan bantuang PING

Anda bisa melakukan PING URL postingan baru pada salah satu tools webmaster google yang berada di www.google.com/webmasters/tools/submit-url atau situs untuk melakukan PING URL terbaik seperti pingomatic.com karena lebih fokus kemesin pencarian google

Oh ya sering di forum banyak mitos beredar jangan melakukan PING di webmaster google karena nanti blogmu deindex . PING berarti kita meminta robot untuk merayapi ulang URL postingan kita jika sudah terindex kemudian di PING biasanya akan deindex karena google akan merayapinya lagi ( untuk memastikan adanya perubahan konten) baru besoknya URL nya akan terindex lagi ( hanya berlaku untuk blog baru ) sama saat seperti anda mengedit dan mempublishkan artikel blog bisa dipastikan jika blog baru akan deindex karena secara otomatis google crawl akan merayapinya lagi dari awal

PING sangat berguna saat saya mengikuti kontes SEO dimana URL saya yang sempat menduduki posisi 2 tiba-tiba deindex dan berganti iklan dari revshare hehe kemudian saya sembuhkan dengan PING ke webmaster akhirnya URL yang deindex bisa di index lagi lagian tidak mungkin tools webmaster menimbulkan hal buruk pada blog anda kecuali anda memang tidak tahu fungsinya

Dengan submit artikel ke webmaster akan lebih mudah bagi postingan yang baru saja anda terbitkan akan muncul dimesin pencari google hanya dalam beberapa menit . Hanay terindex ya untuk menduduki PageOne butuh proses tentunya 

2. Submit artikel ke webmaster

Cara submit silahkan anda masuk ke  www.google.com/webmasters/tools pastikan anda sudah mendaftarkan blog anda . Masukkan URL anda pada Fetc as google atau ambil sebagai google nah disana ada pilihan saya jelaskan sederhana saja

- Fetch as google berarti hanya ambil URL sebagai google saja

- Fetch and render selain megambil URL juga akan mengcrawl ulang HTML blog anda , gunakan opsi ini hanya saat ada perubahan HTML misal setelah berganti template atau setelah pemasangan widget atau edit script baru

- Crawl URL Only berarti yang dicrawl hanya alamat situs yang anda kirimkan saja

- Crawl URL and direct link pada halaman postingan yang anda kirimkan jika didalam postingan terdapat banyak internal link menuju halaman blog anda yang lain silahkan gunakan opsi ini untuk merayapi URL postingan dan semua link yang ada dipostingan

3. Share ke Sosial Media

Mendapatkan visitor dari sosial media lebih mudah ketimbang di Google , dengan modal autopost saya bisa mendapatkan 4000-5000 klik dari sosial media , saat membagikan URL postingan disosial media sebaiknya anda pendekkan linknya dengan Goo.gl karena selain merubah lalu lintas pengunjung fungsi lain dari shortlink ini juga melacak berapa jumlah click dan dari mana saja jumlah click berasal hehe.

Visitor organik google juga penting namun anda tidak harus terdiam menunggu visitor hanya dari google, jemput visitor anda dan buat seseorang untuk menjadi pembaca setia diblog anda hal itu lebih utama karena yang namanya UV unique visitor mereka unik memiliki IP dan perangkat yang berbeda jadi visitor dari sosial media aman untuk Google Adsense. Beberapa rekomendasi situs sosial media seperti facebook, twitter, googleplus, linkedin, pinterest dll

4. Share ke sosial bookmark

Sosial bookmark merupakan sebuah tempat yang di buat untuk berbagi bermacam info atau artikel-artikel agar bisa di baca oleh pengunjung social bookmark tersebut . Inilah salah satu trik saya untuk meledakkan traffic apalagi jika anda punya blog dengan niche gaya hidup , tips kesehatan, berita unik misteri dll yang memiliki peluang lebih besar untuk diterima dan menjangkau pembaca umum didunia internet

Hanya pilih situs sosial bookmark yang mempunya reputasi baik dan ramai pengunjung karena hal ini nantinya akan menjadi backlink yang berkualitas bagi blog kita , rekomendasi sosial bookmark dari saya diantaranya LogViva , Tribunews, Kompasiana , Liputan6 , Detik semuanya membutuhkan persetujuan direksi sebelum kiriman post anda diterbitkan. Sementara sosial bookmark luar negeri seperti Digg , Kinged , DoSpalsh , BlogEngage, Buzzier dll

5. BlogWalking

Jika anda ada waktu senggang sempatkanlah blogwalking untuk menambah visitor dan saudara sesama blogger , hal ini juga berguna untuk mendapatkan ide postingan selanjutnya yakni dengan mencontek postingan populer mereka lalu kita rewrite dengan sedikit bumbu-bumbu halus hehe

Blogwalking berarti anda saling mengunjungi situs blog dan meninggalkan jejak diblog mereka berupa komentar . Boleh juga saling melakukan klik iklan sebaikanya anda gunakan pengaman link shorturl untuk merubah lalulintas visitor dan melacak jumlah kliknya

6. Mencari Backlink

Ini bukan hal yang penting karena jika opsi ke 4 sudah diterbitkan otomatis anda akan mendapatkan backlink yang menuju langsung keartikel blog anda. Yah jika anda punya banyak waktu luang tidak masalah silahkan berkomentar pada situs sejenis atau membantu pada forum jika ada punya masalah kemudian anda memberikan penyelesaian dengan melampirkan link blog artikel anda

Cukup berikan 5 saja backlink ke artikel jika terlalu banyak backlink sebenarnya tidak baik karena tidak semua external link yang mengarah keblog kita berdampak baik salah-salah malah menyeret blog kita turun dari serp

7. Evaluasi ulang

Harusnya nomor pertama ini , setelah anda mempublishkan artikel jangan lupa dibaca lagi ( meskipun saya tidak melakukanya hehe ) karena setiap kata yang ada di blog anda nantinya akan menjadi keyword yang diambil oleh google untuk ditampilkan kepada visitor yang mencari informasi di google jadi pastikan gunakan bahasa baku yang baik dan benar agar tidak ada istilah visitor nyasar dari mesin pencari hehe

Berikan beberapa keyword yang relevans ke artikel anda dengan begitu anda bisa mendapatkan visitor tertarget dari google . Untuk riset keyword saya biasa menggunakan ubbersuggest.io atau situs lainya cari sendiri saya tidak bahas soalnya

Nah itulah beberapa tips yang dilakukan setelah anda menulis artikel diblog dan mempubliskanya memang terkesan sederhana namun penting untuk dilakukan . Buat aktivitas ngeblog anda senyaman mungkin jangan sampai anda berhenti ngeblog hanya karena terasa menyita waktu dan malas saja ciptakan ritme ngeblog anda sendiri dan ikatlah ilmu dengan menuliskanya

Tips sukses promosi website dan blog

1. Buat Desain Template Blog yang Menarik

Desain blog yang menarik tentu akan memiliki daya pikat tersendiri bagi pengujung yang melihatnya. Buatlah sebuah desain tata letak blog yang sederhana, tetapi nyaman untuk dilihat pengunjung. Jangan terlalu banyak memasang pernak-pernik blog dan pastikan pengunjung anda tetap merasakan kenyamanan saat membaca.

Sebab, inti dari kedatangan pengunjung dalam blog anda adalah membaca artikel bukan? Jadi, sekali lagi jangan terlalu banyak menampilkan pernak-pernik yang tidak begitu dibutuhkan dalam blog anda. Selain menimbulkan ketidak nyamanan, hal ini juga membuat loading blog anda menjadi lemot dan akan membuat para pembaca malas mengunjunginya lagi

Kurangi jumlah iklan yang menumpuk. Ingat, pengunjung adalah pembaca yang ingin menikmati kualitas tulisan dalam postingan anda, bukan untuk melihat iklan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pastikan navigasi, warna dan elemen-elemen dalam blog tidak error, juga hindari broken link ( link rusak ). Untuk itu pilihlah template blog secara seksama jika Anda menggunakan template yang gratis. Bisa juga membeli template berbayar

2. Atur rutinitas Posting

Aturlah rutinitas posting secara teratur agar pengunjung setia selalu menikmati artikel terbaru setiap saat dari blog anda. Hal ini penting karena setiap pengunjung ingin mendapatkan perkembangan informasi terbaru dari blog yang mereka ikuti.

Jika blog anda jarang diupdate, ini akan memberikan suggesti negatif bagi para pengunjung yang mengganggap jika blog anda tidak terawat dan membuat pengunjung tidak mau membookmark situs anda

3. Berikan Postingan yang Berkualitas dan Menarik

Yup, ingat dan selalu ingatlah 'content is the king!' Jadi kualitas postingan dalam blog anda lah yang menentukan segalanya. Postingan adalah nyawa dari blog anda. Jika saat pengunjung pertama kalinya melihat postingan anda dan langsung kagum dengan konten nya, maka itu akan membuat mereka merasa tertarik untuk selalu mengunjungi blog anda setiap hari. 

Sebaliknya, coba anda bayangkan jika blog anda memiliki kualitas postingan yang rendah apalagi hasil dari copas, tentunya hal ini akan membuat pengunjung menjadi tidak nyaman untuk mendatangi blog anda hanya untuk sekedar mampir, Wah, begitu vital bukan peranan sebuah kualitas konten dalam blog anda?

Maka dari itu, mulailah dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas postingan dengan mencari banyak referensi, pendapat ahli, dan saran dari pihak yang lebih berkompeten terhadap suatu bidang tertentu yang sedang anda tulis.

4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Seperti yang telah anda ketahui bersama bahwa search engine memiliki peranan yang besar dalam mendatangkan trafik ke blog anda. Sebagian besar pengunjung datang dari search engine dimana mereka mencari sebuah informasi yang kebetulan ada dalam blog anda.

Lalu, apa jadinya jika blog yang sudah anda buat dan anda kembangkan susah payah tidak anda daftarkan dalam search engine? 

Wah, tentu sebuah kerugian besar bukan? Untuk itulah Anda perlu mendaftarkan blog Anda  kegooglewebmaster agar terindeks oleh seacrh engine . Anda bisa submit blog ke beberapa search engine yang terkenal, seperti google, yahoo, dan msn.

5. Bagikan blog ke Situs Sosial Media

Jika Anda memiliki akun di situs jejaring sosial yang cukup populer seperti facebook dan twitter, cantumkanlah alamat blog Anda pada profil akun tersebut. Mengapa?

Hal ini sangat berguna sekali dalam menginformasikan blog yang anda miliki kepada teman-teman anda. Karena pada umumnya banyak sekali blog-blog populer yang sebagian besar trafiknya berasal dari sosial media

Jadi, jika Anda sudah memiliki akun di beberapa situs jejaring sosial tersebut, maka cantumkanlah alamat blog Anda. Berbagai jejaring sosial populer dunia yang dapat anda manfaatkan seperti myspace, facebook, twitter dan sebagainya.

6. Daftarkan blog ke Social Bookmarking

Fungsi utama dari social bookmarking adalah apabila ada postingan yang menarik, maka akan memudahkan bagi pembaca untuk membookmark postingan tersebut kedalam social bookmarking.

Sign Up ke Social Bookmarking Site dan dapatkan plugin untuk dipasang di blog anda. Jika artikel Anda disukai oleh pembaca maka mereka dapat mensubmit artikel Anda ke Social Bookmarking melalui plugin tersebut.

Ada beberapa social bookmarking terkenal yang patut anda coba. 

Berikut beberapa situs social bookmark rekomendasi :

  • http://www.technorati.com
  • http://www.mybloglog.com
  • http://digg.com
  • http://delicious.com
  • http://www.scribd.com
  • http://www.stumbleupon.com
  • http://www.squidoo.com/squidoo
  • http://www.bibsonomy.org
  • http://www.propeller.com
  • http://www.mixx.com

7. Daftarkan ke Blog Direktori

Blog direktori merupakan sebuah situs yang menyediakan fasilitas bagi anda untuk melihat berbagai jenis situs yang terdaftar di dalamnya sebagai sebuah satu kesatuan komunitas dan terbagi ke dalam beberapa kategori.

Blog direktori ini layaknya seperti sebuah gudang blog-blog yang terdaftar di dalamnya. Apa manfaat jika anda mendaftarkan blog anda di sana? 

Manfaatnya adalah setiap postingan yang telah terpublikasikan dalam blog akan secara otomatis terjaring dalam pencarian search engine. Karena pada dasarnya situs blog direktori ini mendapat semacam hak previlege atau mendahului dalam hal publikasi konten-konten postingan dari blog-blog yang terdaftar disana.

Beberapa blog direktori yang terkenal antara lain seperti, topblogarea, topbloglist, blogcatalog, blogdigger, myblogblog, dsb.

8. Daftarkan ke Millist

Apa untungnya jika blog anda didaftarkan ke dalam milist? Yup, tentu saja ini akan sangat bermanfaat sejalan dengan cara kerja milist itu sendiri. Jika dalam milist terdapat 10.000 anggota, maka setiap ada satu anggota yang mengirimkan informasi yang bermanfaat dan menarik dalam milist tersebut, maka akan secara otomatis informasi tersebut akan terdistribusikan ke 9.999 anggota lainnya.

Jika saja informasi yang dikirimkan tersebut memang menarik dan layak untuk dibaca, tentu hal ini akan mengundang sebuah rasa penasaran dari anggota lainnya untuk mengunjungi blog anda bukan?

Contoh situs milist = http://www.reddit.com. Jadi, daftarkan saja blog anda ke dalam milist yang berkaitan dengan tema dalam blog anda

9. Ikuti Forum

Bergabunglah dalam sebuah forum diskusi yang membahas topik permasalahan yang sama dengan tema dalam blog anda. Jika anda mampu untuk menjadi anggota yang berkompeten di dalamnya, bukan tidak mungkin akan banyak orang yang akan sering mengunjungi blog anda. Bagaimana bisa ?

Yup, bagaimana jika anda melihat ada seorang yang mahir dan berkompeten dalam sebuah forum. Setiap ada pertanyaan selalu dijawab dengan komentar yang memuaskan. Postingannya dalam forum tersebut juga sangat inspiratif?

Tentu anda akan menanggapinya sebagai orang yang dapat diandalkan bukan? Nah, dengan kepercayaan anda terhadap orang semacam inilah yang nantinya akan membawa anda secara sukarela untuk mengunjungi blog miliknya tanpa paksaan untuk bisa belajar

10. Gunakan signature dalam email

Pemberian tanda tangan dalam email anda juga cukup penting dalam mempromosikan blog ke khalayak ramai. Jika ada orang yang menerima email anda dan pada email anda tersebut telah terpasang tanda tangan yang berisikan nama dan alamat blog anda, bukan tidak mungkin hal itu akan memberikan rasa penasaran tersendiri kepada penerima email anda tersebut untuk mempengaruhinya mengunjungi blog anda.

11. Tingkatkan Blogwalking dan Komentar

Jangan lupa untuk mengunjungi blog milik orang lain dan meninggalkan komentar bermutu di setiap postingan mereka. Biasanya orang akan terpengaruhi oleh komentar bermutu yang anda tinggalkan saat mengunjungi blog mereka.

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi buku tamu atau kontak percakapan jika disediakan oleh pemilik blog. Tulislah secara lengkap terutama alamat blog anda dalam form kontak identitas kolom komentar. Blogwalking ke blog lain dan beri komentar terutama pada blog yang mempunyai tema yang berhubungan dengan blog anda.

Dikolom komentar biasanya disediakan tempat untuk menuliskan URL pemberi komentar. Ingat, jangan melakukan spam terhadap komentar yang anda tinggalkan tersebut.

Sayangnya konotasi blogwalking jaman sekarang dikaitkan dengan saling klik iklan atau bertujuan menurun kan RKT saja , jadi blogger pemula menganggap blogwalking adalah spam padahal ketika anda mengunjungi blog www.helmykediri.com itu sudah termasuk blogwalking


12. Lakukan Blogroll (Link Exchange)

Apa itu Blogroll? Blogroll adalah sebuah kegiatan untuk saling bertukar link alamat blog anda dengan alamat blog milik orang lain yang masing-masing ditempatkan di halaman blognya. Lalu, apa manfaatnya? Selain menambahkan pagerank, traffic, search engine, dengan mengadakan blogroll juga akan menambah jalinan silaturahmi antar sesama blogger yang pada intinya dapat mempromosikan blog anda kepada orang lain.

Cara ini lebih kepada sidewide atau link farm , sangat tidak sesuai dengan kaidah SEO modern jadi bagi siapapun webmaster yang melakukan cara ini harap diperhatikan bahwa eksternal link yang muncul dihalaman tidak relevan akan mengurangi otoritas halaman anda secara keseluruhan

13. Adakan Sebuah Kontes

Jika anda memiliki cukup uang, maka tidak ada salahnya jika anda mengadakan sebuah kontes dalam bidang tertentu yang nantinya akan melibatkan blog anda sebagai pusatnya sehingga terkenal oleh masyarakat luas. Misalnya kontes SEO, membuat sebuah karya tertentu, dsb.

Jika tidak ada budget lebih coba adakan give away dengan imbalan barang , akun adsense dsb 

14. Beritahu Teman anda Secara Offline

Selain promosi yang bersifat online, memberitahu teman jika anda memiliki sebuah blog juga merupakan sebuah langkah promosi yang bagus. Seringkali teman anda tersebut akan menengok seperti apa bentuk dari blog yang anda beritahukan .

Jika ternyata memang bagus, maka tidak menutup kemungkinan jika teman anda itu pun akan menjadi salah satu pengunjung tetap nantinya.

15. Promosikan Lewat Iklan

Hal ini hanya disarankan dilakukan oleh mereka yang benar-benar serius terhadap blog yang dimilikinya. Biasanya hal ini terjadi pada blog-blog yang manfaatnya lebih diarahkan untuk fungsi yang bersifat komersial, semisal blog yang menawarkan barang dagangan yang mereka jual, dsb.

Dengan tingginya biaya iklan yang harus dikeluarkan, ada baiknya bagi anda yang masih belum memiliki pengalaman tidak mencoba beberapa melakukan kampanye iklan secara membabi buta dengan budget yang besar.

Jika ada dana lebih, tidak ada salahnya Anda membeli iklan di GoogleAdwords, AdsenseCamps dan sebagainya. Anda dapat mendatangkan traffik dengan instan dan cepat.

16. Domain Sendiri

Menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog anda tampak lebih profesional, misalnya http://www.helmykediri.coms. Banyak penyedia layanan domain dengan harga yang terjangkau dan bisa berkolaborasi dengan blog Anda.

Anda tidak harus membeli paket hosting, karena banyak layanan Hosting yang memberikan layanan secara cuma-cuma alias gratis.

17. Meta Keywords

Edit template blog Anda dengan memberi meta keywords pada title, keywords dan descriptions. Ini sangat berguna untuk SEO.

18. Link Internal

Link-lah postingan Anda antara satu halaman dengan halaman yang lain yang mempunyai topik sama. Kalau bisa gunakan anchor text yang relevan agar hasilnya lebih maksimal untuk SEO.

19. Dummy Blog

Buat blog-blog baru untuk mendukung blog utama Anda. Beri link menuju blog utama di blog-blog tersebut. Selain mendapatkan backlink untuk SEO, diharapkan pengunjung yang datang ke blog-blog dummy dapat sekalian dikenalkan ke blog utama Anda. Blog dummy berbeda dengan blog sampah yang sekali dibuat kemudian di isi konten lalu ditinggalkan begitu saja

20. Download Gratis

Bagikan artikel / template secara gratis seperti  e-book, software, mp3 atau yang lainnya. Mayoritas netter menyukai hal-hal yang berbau gratis. Ingat jangan merugikan orang lain berlebihan misal share link download template viomagz mas sugeng original sudah pasti mas sugeng rugi

21. Tagging Image

Tagging image adalah memberi identitas / nama pada gambar atau image dipostingan. Ini berguna agar image Anda terindex oleh search engine.

22. Iklan Baris

Ini juga berguna untuk mencari backlink gratis. Iklankan blog Anda di situs-situs iklan baris dan berikan link menuju blog Anda. Salah satu yang terbaik adalah www.kirimiklan.com. Silahkan Anda mencoba dan rasakan traffic yang meningkat ke blog Anda.

Berikut beberapa list Iklan Baris yang gratis :

  • http://iklantanpadaftar.com/
  • http://blogiklanbaris.com/submitiklan.php
  • http://1iklanbaris.com/iklan/pasang
  • http://pasangiklangratis.com/
  • http://ads.oggix.com/submitiklan.php
  • http://www.promolaris.com/submit-a-post/
  • http://iklanpas.com/pasang-iklan/
  • http://www.iklanads.com/ads/submit.php
  • http://iklanhouse.com/
  • http://iklanplaza.com/
  • http://iklandunia.com/
  • http://www.jagoaniklan.com/
  • http://iklanbarispro.com/
  • www.iklanhouse.com
  • www.iklanplaza.com
  • www.iklandunia.com
  • www.gilar-gilar.com
  • www.iklanbaliku.com
  • www.iklanbarispro.com

23. Subscribe Feedburner

Gunakan layanan feedburner untuk memberitahu pengunjung yang ingin berlangganan artikel blog anda via email. Ini menjaga pengunjung blog Anda agar selalu menerima update blog Anda dan menarik mereka kembali.

Sayangnya cara ini sudah ditinggalkan karena feedburner sering kali dimanfaatkan oleh pemain AGC jadi anda bisa menghapusnya , lagi pula sudah tidak banyak orang berlangganan melalui feeds sekarang ini

24. Gosip Terbaru

Tulis sesuatu yang sedang tren, gosip terbaru dan terpanas atau sesuatu yang berbau kontroversial. Pastikan optimasi keyword untuk postingan tersebut tepat, maka blog Anda berpotensi ramai pengunjung dari Search Engine.

25. Belajar SEO

Untuk mendapatkan traffic dari search engine, SEO mutlak diperlukan. Perdalam kemampuan optimasi content dengan belajar SEO ke blog-blog yang tenar dan sudah terbukti kehebatan ilmu SEO-nya seperti https://helmykediri.com

26. Buat Award atau Penghargaan

Buatlah award berbentuk banner dengan tema seperti “Helmy Blogger Award”,“Blogger Award 2018′′ dan sebagainya. Berikan award tersebut kepada 10 blog lain yang Anda percaya dan minta mereka untuk memberi backlink kepada blog anda selaku pemberi award. Dan mereka juga dapat memberikan award tersebut ke 10 blog lain dengan peraturan yang sama. Begitu seterusnya.

27. Maksimalkan Google

Gunakan layanan yang diberikan oleh google secara maksimal seperti googlewebmaster tools, google analytic, dan google alert untuk mempermudah index google dan membantu memonitor perkembangan blog Anda.

28. Event / Kejadian Penting

Tulis tentang even / kejadian penting yang akan berlangsung sebulan sebelumnya agar tulisan terindex oleh google. Saat event tersebut tiba, blog Anda berpotensi ramai pengunjung yang mencari info tentang event tersebut disearch engine. Misal informasi penerimaan CPNS

29. Sesuatu Yang Baru

Tulis sesuatu yang baru dan jarang diangkat blog lain. Tulisan Anda akan lebih mudah masuk Search Engine Result Page ( SERP ) dan terlihat lebih orisinil.

30. Postingan List

Kebanyakan blogger tenar menyenangi postingan model list. Selain lebih efisien, postingan model list lebih mudah dipahami dan simple.

31. Post Pillar

Luangkan waktu untuk menulis post pillar. Post pillar adalah inti dari blog Anda. Pastikan post pillar mendapatkan perhatian lebih karena post pillar inilah yang akan digunakan untuk mendapatkan traffik terbanyak dari blog Anda.

32. Submit Postingan ke Article Directory

Submit postingan Anda ke article directory seperti GoArticles, ArticleBiz, dan sebagainya. Selain mendapat backlink, blog Anda juga bisa cepat terkenal jika memang postingan Anda benar-benar berkualitas.

Sayangnya hal ini terkadang menyebabkan duplikat konten jadi saya sarankan jangan melakukan kecuali hanya beberapa paragraf

33. Guest Blog

Tawarkan postingan Anda untuk dimuat di blog orang lain, terutama blog yang bertema sejenis. Tempatkan link Anda di postingan tersebut. Manfaat Guest Blog hampir sama dengan submit postingan ke article directory. Berikut ad abeberapa situs yang bisa Anda kunjungi :

  • http://www.ezinearticles.com
  • http://www.articlebiz.com
  • http://www.articledashboard.com
  • http://www.approvedarticles.com

34. Ping Service

Ping service adalah layanan untuk memudahkan anda mengirim update data terbaru blog anda ke beberapa situs dalam satu kali input. Sangat mudah, cukup sekali klik blog anda langsung terkirim ke banyak situs ternama.

Layanan ini bagus dan penggunaanya pun sangat mudah, biasanya yang diperlukan hanya nama blog dan url blog Anda dalam nge-ping. Berikut beberapa layanan ping service favorit yang bisa Anda coba :

  • http://feedshark.brainbliss.com
  • http://www.articletrader.com
  • http://www.articlecube.com
  • http://www.a1-articledirectory.com
  • http://www.earticlesonline.com
  • http://www.mypagerank.net
  • http://pingomatic.com
  • http://pingoat.com
  • http://rpc.weblogs.com
  • http://autopinger.com
  • http://pingmyblog.com
  • http://www.kping.com

Saran : lakukan ping setelah Anda update blog, lakukan ping setelah Anda posting artikel terbaru, lakukan ping seperlunya dan jangan terlalu sering melakukan ping karena bisa di anggap spam.

35. Berkomentar pada blog yang dofollow

Tentu ini merupakan promosi blog yang paling mudah, karena sekedar memberi komentar pada blog yang anda kunjungi dan anda bisa dapat backlink. Cari blog berPR tinggi, kemudian beri komentar dan jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam.

Beri komentar yang baik, jangan terlalu banyak mengkritik postingan yang si empunya blog, apalagi sampai menghina karena komentar anda bisa dihapus dan di blacklist.

Terimakasih kepada bung helmykediri.com yang telah memperbolehkan menyalin artikel miliknya semoga menjadi berkah berlipatganda dan tambah sukses. Amin. Jangan lupa kunjungi masternya blog di helmykediri.com.