Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi kegagalan versi orang sukses

Ilustrasi/pixabay

Mediabritarakyat.my.id - Setiap pengusaha tidak luput mengalami kegagalan. Hal ini karena suatu kegagalan merupakan bagian dari proses untuk seorang pengusaha dalam mencapai proses kedepannya.

Meski demikian tidak semua pengusaha baik muda yang baru memulai bisnis, kemudian dikarenakan satu hal lainnya bisnis yang telah dibangun tersebut gagal ditengah jalan, terkadang membuatnya frustasi dan hampir menyerah. Baca Juga : Pelajaran Bisnis dari Pandemi Covid-19

Cara orang sukses, atasi kegagalan

 1. Thomas Alfa Edison penemu bola lampu

Katakan saja seorang Thomas Alfa Edison penemu bola lampu saja membutuhkan percobaan dan kegagalan sampai 10.000 kali sebelum akhirnya dia berhasil.

“Saya tidak pernah gagal 10.000 kali - saya telah berhasil menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil," kata Thomas Alfa Edison.

Artinya apa? dia Thomas Alfa Edison mampu mengubah pola pikir suatu kegagalan sebagai suatu keberhasilan yang tertunda dan hal ini jarang sekali ditemui.

 2. Henry Ibelem, Founder dari Bloghomies

Lain lagi apa yang dikatakan oleh Henry Ibelem, Founder dari Bloghomies, seperti dikutip dari entrepreneur.com.

“Seorang pengusaha harus dapat melihat kegagalan sebagai tangga menuju kesuksesan. Anda harus memahami bahwa kegagalan tidak membuat Anda gagal. Anda hanya akan gagal begitu Anda memutuskan untuk tidak mencoba lagi,” ujar Henry Ibelem, Founder dari Bloghomies. Baca Juga : Tips Menyusun Strategi Bisnis Hadapi Masa-masa Sulit

Menurutnya, jika tidak pernah gagal sebagai seorang pengusaha, maka dia tidak akan pernah benar-benar memahami makna dari kegagalan itu sendiri. 

Memang betul pada saat gagal seseorang akan merasa sangat tidak nyaman, merasa terpukul, putus asa dan tertekan bahkan mungkin kehilangan kepercayaan pada kemampuan Anda sebagai pengusaha.

“Keraguan kemungkinan besar akan merasuk dan Anda akan mulai bertanya-tanya apakah jalan ini benar-benar cocok untuk Anda. Bahkan mungkin Anda akan mempertimbangkan alternatif yang mudah yaitu menyerah,” ujarnya.

Henry Ford sendiri mengatakan bahwa kegagalan hanyalah sebuah kesempatan untuk memulai lagi, kali ini dengan lebih cerdas. Untuk bangkit dari menyalahkan dan mengasihani diri sendiri, pahami peran kegagalan.

Ini seperti Anda disuruh mencoba sesuatu hal yang berbeda, dalam memulai lagi dengan lebih cerdas. Selalu ada alasan untuk gagal dan selalu ada pula untuk memperbaikinya. 

Meski begitu, mungkin Anda tidak memperhatikan bisnis, keuangan, tim, atau pesaing Anda. Atau mungkin Anda telah berfokus pada kuantitas daripada kualitas.

Jika Anda bisa berhasil dari kegagalan, Anda akan belajar bangkit kembali seperti serigala kesepian yang tak kenal takut dengan mimpi abadi. 

Cobalah rubah pemikiran dan mengingat mengapa Anda memilih menjadi seorang pengusaha, sebab hal ini yang akan menjadikan Anda untuk terus maju.

“Saya telah gagal berkali-kali, dan saya terus gagal hingga hari ini. Meskipun Anda tidak bisa mengalahkan kegagalan, Anda bisa mengubah pola pikir Anda tentang itu. Alih-alih melihatnya sebagai monster mengerikan yang berjuang untuk mengakhiri impian Anda, bayangkan kegagalan sebagai panduan Anda,” ujarnya.

Kegagalan tersebut hadir untuk untuk membimbing, merawat, dan mengajari Anda tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dalam setiap kegagalan, ada pelajaran yang bisa dipelajari dan penyesuaian yang harus dilakukan.

Sayangnya, sebagian besar pengusaha mengabaikan pelajaran tersebut. Ketika itu terjadi, Anda mendapati diri Anda berada dalam lingkaran, membuat kesalahan yang sama tanpa membuat kemajuan.

Tetapi ketika Anda belajar dan bangkit kembali, akan menjadi kekuatan yang tak terduga yang siap untuk menerjemahkan sebuah impian Anda menjadi kenyataan. 

Sumber: https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20200917/88/1292926/patut-ditiru-begini-cara-orang-sukses-mengatasi-kegagalan